Penerapan Permainan Anagram Berbasis Aplikasi Educandy dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas X Bahasa SMA Islam Kepanjen

Authors

  • Shafa Marwa Nabila Universitas Negeri Malang
  • Sri Prameswari Indriwardhani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1417-1427

Keywords:

anagram, educandy, German

Abstract

Abstract: The anagram game on the Educandy application is one of the online learning media with an attractive appearance. Based on the experience and discussion of researchers with German language teachers at SMA Islam Kepanjen, there were many students in class X Bahasa who did not understand the correct writing of German vocabulary so that they need a suitable learning media. This study aimed to describe the use of anagram game on Educandy application in learning German vocabulary for students of X-Bahasa class at SMA Islam Kepanjen as well as students’ responses related to the use of the media. The researcher used a qualitative approach with descriptive research type and used observation sheets and questionnaire sheets as research instruments. The results of observations show that almost the entire series of German vocabulary learning activities are in line with the existing lesson plan. The data obtained from the questionnaires also show that the application of anagram games on the Educandy application receives positive responses from students of class X Bahasa at SMA Islam Kepanjen. Students are happy, excited, and helped during the learning process. They also agreed that anagram game on the Educandy application is suitable to be applied for further German language learning.

Keywords: anagram; Educandy; German 

Abstrak: Permainan anagram berbasis aplikasi Educandy adalah salah satu media edukasi online dengan tampilan yang menarik. Berdasarkan pengalaman dan diskusi peneliti dengan guru bahasa Jerman di SMA Islam Kepanjen, ada banyak siswa kelas X Bahasa yang belum memahami penulisan kosakata bahasa Jerman dengan benar sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk  diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan permainan anagram berbasis aplikasi Educandy dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman siswa kelas X Bahasa SMA Islam Kepanjen dan mengetahui respons siswa terkait penerapan media tersebut. Peneliti  menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lembar observasi dan lembar kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil pengamatan terhadap penerapan permainan anagram berbasis aplikasi Educandy dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman oleh observer menunjukkan bahwa hampir seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran kosakata bahasa Jerman telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang ada. Data yang terkumpul dari lembar kuesioner menunjukkan penerapan permainan anagram berbasis aplikasi Educandy mendapatkan respons positif dari siswa kelas X Bahasa SMA Islam Kepanjen. Siswa senang, bersemangat dan terbantu dalam penerapan permainan anagram berbasis aplikasi Educandy untuk melatih kosakata dalam pembelajaran bahasa Jerman. Siswa sepakat bahwa permainan anagram berbasis aplikasi Educandy cocok diterapkan pada pembelajaran bahasa jerman selanjutnya.

Kata kunci: anagram; Educandy; bahasa Jerman

References

Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Educandy di kelas V SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242. doi: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1789

Andrian, M., Risa, N. F., & Rahmattullah, M. (2022). Penerapan media aplikasi berbasis web Educandy sebagai tes pembelajaran prakarya di era digital. Proceedings of Seminar Nasional Prospek I, 1(1), 81–86. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1729/1272

Bayanah, S. (2019). Pengaruh suasana kelas terhadap hasil belajar pembuatan busana insdustri di Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(1), 160–166. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/keluarga/article/view/3840

Budiman, E., Hasudungan, R., & Khoiri, A. (2017). Online game “Pics and Words” sebagai media edukasi bahasa Inggris berbasis HTML. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2(1), 381–386. Retrieved from http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/289

Fatimah, & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi belajar dan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108–113. doi: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Firdayanti, A., Retoliah, & Rustam. (2021). Peran guru dalam penggunaan alat permainan edukatif untuk pengenalan bentuk Geometri di RA DWP 1 KANWIL Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 14–24. doi: https://doi.org/10.24239/abulava.Vol2.Iss1.16

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game Kahoot berbasis hypermedia. Proceedings of Seminar Nasional Penelitian dan Ealuasi Pendidikan 2019, 1(1), 78–85. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Haryanto, F. D., & Adiwiharja, C. (2015). Media pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga berbasis web. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 1(2), 266–274. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/260

Ismail, M. I. (2011). Pemberian rangkuman sebagai strategi pembelajaran. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 48–57. doi: https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.62

Ismiyanti, R., & Muddin, M. (2017). Korelasi antara penguasaan kosakata bahasa Jerman dengan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas X SMA Negeri 1 ALLA kabupaten Enrekang. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 35–44. doi: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2988

Kristanto, D. H. (2015). Anwendung der talking stick lernmodell. Laterne: Jurnal Pendidikan Bahasa Jerman, 4(1), 49–60. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/250124-penerapan-model-pembelajaran-talking-sti-825458fd.pdf

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif [edisi revisi] (32nd ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Monica. (2010). Pengaruh warna, tipografi, dan layout pada desain situs. Humaniora, 1(2), 459–468. doi: https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2887

Safitri, D. A., & Marhum, M. (2020). Improving students vocabulary mastery by using anagram game. E-Journal of English Language Teaching Society, 8(1). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ELTS/article/view/15778

Santoso, I. (2014). Pembelajaran bahasa asing di Indonesia: Antara globalisasi dan hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 1–11. doi: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i1.696

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (Ed., A. Mujahidin). Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 55–63. doi: https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089

Wibiesasmita, A. (2018). Upaya peningkatan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul melalui teknik concept sentence (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta). Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18984

Yunitasari, S. N., Santoso, A., & Sapto, A. (2019). Pengaruh metode permainan kata teka-teki silang dan anagram terhadap penguasaan kosakata siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 202–205. doi: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11974

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Nabila, S. M., & Indriwardhani, S. P. . (2022). Penerapan Permainan Anagram Berbasis Aplikasi Educandy dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas X Bahasa SMA Islam Kepanjen. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1417–1427. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1417-1427

Issue

Section

Articles