Video Pembelajaran Bahasa Arab Materi Nahwu pada siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Syahida Nursahidah Awalia Universitas Negeri Malang
  • Nurhidayati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i102023p1524-1538

Keywords:

Nahwu, video pembelajaran, bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran bahasa Arab materi Nahwu bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif berupa wawancara kebutuhan guru serta saran dan komentar dari tim ahli. Data kuantitatif berupa skor hasil validasi tim ahli, guru, dan keterbacaan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji validasi tim ahli, guru, dan uji keterbacaan siswa dengan teknik analisis deskriptif menghasilkan video pembelajaran bahasa Arab materi Nahwu bagi siswa kelas VIII MTs yang disusun berdasarkan referensi buku paket siswa. Video didesain dengan isi berwarna dan diunggah melalui YouTube supaya siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Hasil validasi produk oleh tim ahli dan pengguna terbatas secara keseluruhan memperoleh peresentase sebesar 79 persen berarti layak untuk digunakan sebagai media ajar materi Nahwu di jenjang MTs.

Kata kunci: Nahwu; video pembelajaran; bahasa Arab

Arabic Language Learning Videos on Nahwu Material for The 8th Grade of Islamic Elementery School

The research aims to develop video learning materials on Nahwu material for eighth-grade students of Islamic Elementery School and employs the ADDIE model for its development. The data collected includes qualitative data (interviews with teachers and experts) and quantitative data (expert validation scores, teacher and student assessment scores). The data collection tools used are interview validation forms for experts, teachers, and student assessments using a descriptive analysis technique, resulting in video learning materials on Nahwu material for eighth-grade students of Islamic Elementery School, which are compiled based on the reference textbook for students. The videos are designed with colorful visuals and uploaded to YouTube so that students can learn anytime and anywhere. The validation of the product by experts and users is limited to 79 percent, indicating that it is suitable for use as Nahwu learning materials for eighth-grade students of Islamic Elementery School.

Keywords: Nahwu; learning video; Arabic

References

Alianto, D. (2016). Pengembangan Media Vlog (Video Blog) Sebagai Media Alternatif Untuk Melatih Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Materi Laporan Perjalanan. Seminar Internasional Riksa Bahasa XII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia SPs Universitas Pendidikan Indonesia 3 November 2018, July, 1–23.

Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2016). Media Pembelajaran Bahasa Arab. CV Bintang Sejahtera.

Branch, R. . (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. Springer.

Dariyadi, M. W. (2020). Membuat Video Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Camtasia Studio 2020. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 988–1002. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/747

Fahmi, N., & Muta’ali, A. (2021). Problematika Dan Solusi Pembelajaran Bahasa Arab Daring Siswa Smpit Insantama Bogor1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2028–2039.

Fatah, M. R. S. (2020). تطوير الوسائل التعليمية باستخدام فيديو لتنمية كفاءة قواعد النحو في معهد الهداية مالانج. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129.

Hasyim, A. W. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dengan menggunakan Vlog (Video Blog). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Herwibowo, Y. (2008). You Tube. Bentang Pustaka.

Iqbal, M. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Berbasis STEM sebagai Media Alternatif Pembelajaran Online. UIN Raden Intan Lampung.

Jaya, H. F., Syam, C., & Seli, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyimak Syair Menggunakan Metode Discovery Learning Dengan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa).

Likert, R. (1932). A Technique for The Measurement Of Attitudes. Archives of Psychology.

Mirdwijayantika. (2019). Pemanfataan Youtube sebagai Media Belajar Sinematografi pada UKM seni Budaya Esa UIN Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Munir. (2012). Multimedia: konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Noori, P. D. S. (2019). التعليمية‬ الوسائل‬ Teaching Aids أ.د سعيد غني نوري‬ (pp. 161–167).

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Pranata, W., & Utomo, D. H. (2021). Buku Suplemen Geografi Berstruktur A-CAR dengan. Jurnal Pendidikan, 185–190. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI%0AJurnal

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Alfabeta.

Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(01), 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Sari, A. W., & others. (2016). Analisis kesulitan pembelajaran nahwu pada siswa kelas VIII Mts Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang.

Siemens, G., Gašević, D., & Dawson, S. (2015). Preparing for the digital university: A review of the history and current state of distance, blended, and online learning.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Susanti, E. D., Sapto, A., Agung, D., & Agung, G. (2020). Pengembangan Media ECHA ( Elaboration , Cover Song , Historycal Content , Audio Visual ) Berbasis Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan, 326–331.

Ulya, H. (2019). Komodifikasi Pekerja Pada Youtuber Pemula Dan Underrated (Studi Kasus YouTube Indonesia). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 1. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.1-12

Ulya, N. R. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Wasail Tadris Di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Awalia, S. N. ., & Nurhidayati, N. (2023). Video Pembelajaran Bahasa Arab Materi Nahwu pada siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(10), 1524–1538. https://doi.org/10.17977/um064v3i102023p1524-1538

Issue

Section

Articles