Redesain Maskot untuk Meningkatkan Identitas Visual Kabupaten Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1321-1338Keywords:
redesain, maskot, identitas visual, Kabupaten BojonegoroAbstract
Kabupaten Bojonegoro pernah berupaya membuat maskot di tahun 2017 diperuntukan industri kreatif. Maskot Bojonegoro tahun 2017 memiliki konsep salah satu desa penghasil aksesoris tempat penyimpan uang (celengan) berbentuk harimau. Tetapi maskot tersebut dirasa kurang menggambarkan keberagaman entitas budaya dan tradisi sebagai perwujudan sebuah mascot. Harapan adanya redesain maskot Bojonegoro, dapat mewakili berbagai keragaman di Kabupaten Bojonegoro dan menjadi sebuah simbol yang memberi kesan khas saat pertama melihatnya. Perancangan ini menggunakan metode conducting research, clarifying strategy, designing identity, creating touchpoint, dan managing assets. Pengambilan data menggunakan metode kuesioner dan mengumpulkan berkas terkait maskot di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bojonegoro. Analisis data menggunakan metode 5W+1H. Hasil perancangan tersebut berupa sebuah desain maskot Bojonegoro, dengan tema lemah lembut dan disegani serta strategi visual berupa bentuk burung Mliwis putih dengan makna yang diambil dari beberapa entitas budaya di Bojonegoro. Pengaplikasianya desain maskot kebeberapa media seperti, media patung, x-banner, stiker, kaos, spanduk, dan Instangram yang berbentuk hewan dan manusia.
Kata kunci: redesain; maskot; identitas visual; Kabupaten Bojonegoro
Redesigning the Mascot to Improve the Visual Identity of Bojonegoro Regency
Bojonegoro Regency attempted to create a mascot in 2017 for the creative industry. The Bojonegoro mascot in 2017 had a concept of a village that produces accessories for saving money (piggy bank) in the form of a tiger. However, the mascot was felt to be lacking in representing the diversity of cultural entities and traditions as a manifestation of a mascot. The hope for the redesign of the Bojonegoro mascot is to represent the various diversities in Bojonegoro Regency and become a symbol that gives a distinctive impression when first seen. This design uses the method of conducting research, clarifying strategy, designing identity, creating touchpoint, and managing assets. Data collection uses a questionnaire method and collects files related to the mascot at the Bojonegoro Tourism and Culture Office. Data analysis uses the 5W+1H method. The result of this design is a Bojonegoro mascot design with a gentle and respected theme and a visual strategy in the form of a white Mliwis bird with meanings taken from several cultural entities in Bojonegoro. The application of the mascot design to several media such as statues, x-banners, stickers, t-shirts, banners, and Instagram is in the form of animals and humans.
Keywords: redesign; mascot; visual identity; Bojonegoro Regency
References
Armayuda, E., & Pragadeva, R. (2020). Metode Desain dari Brand menjadi Maskot Berdasarkan Adaptasi Metode Alina Wheeler Ke Dalam Model 5M. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 277–287. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3622
Azizah, P. S. N., Moussadecq, A., & Putra, A. A. (2023). Redesigning the Visual Identity of Metro Culinary Tourism Destinations in Metro City. IMAGIONARY, 1(2), 44–53. https://doi.org/10.51353/jim.v1i2.725
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=5wY0tAEACAAJ
Hanifah, U. (2019). Transformasi Sosial Masyarakat Samin Di Bojonegoro (Analisis Perubahan Sosial dalam Pembagian Kerja dan Solidaritas Sosial Emile Durkheim). Jurnal Sosiologi Agama, 13(1), 41. https://doi.org/10.14421/jsa.2019.131-02
Hidayati, I. N. (2014). Maskot Udi dan Bandi untuk Redesain Majalah Sekolah MTS Al-Ihsan Krian sebagai Pengenalan Ikon Kota Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(2), 43–50. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230659818.pdf
Imanuddin, R. M. H., Susilo, G., & Hermanto, Y. A. L. (2021). Rebranding Ma’Ayu Batik Probolinggo sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 744–762. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p744-762
Imanuel, E., Wibisono, Y., & Nugroho, V. E. (2023). Perancangan Maskot “BIMA” Sebagai identitas Politeknik Bina Madani. Jurnal Desain Media, 01(01), 34–42. Retrieved from https://jurnalbima.id/index.php/desmed/article/view/162/88
Linden, J. C. de S. van der, Lacerda, A. P. de, & Aguiar, J. P. O. de. (2018). Evolusi Metode-Metode Desain (Terjemahan). Retrieved from https://eprints.itenas.ac.id/170/1/Terjemahan The Evolution of Design Method.pdf
Miller, D., Merrilees, B., & Yakimova, R. (2014). Corporate rebranding: An integrative review of major enablers and barriers to the rebranding process. International Journal of Management Reviews, 16(3), 265–289. https://doi.org/10.1111/ijmr.12020
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Pekommas, 16(1), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.30818/jpkm.2013.1160108
Pemkab Bojonegoro. (n.d.). Lambang Daerah Kabupaten Bojonegoro. Retrieved from ppid.bojonegorokab.go.id website: https://ppid.bojonegorokab.go.id/lambang-daerah/
Rori, R. A. Y., & Wahyudi, A. T. (2022). Proses Kreatif Pembuatan Desain Karakter dalam Karya Ilustrasi. Jurnal DKV Adiwarna. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12241%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/12241/10732
Suaeb, M. (2018). Si Gogor Belum Terlalu Populer. Retrieved from Radar Bojonegoro website: https://radarbojonegoro.jawapos.com/nasional/711305431/si-gogor-belum-terlalu-populer
Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity - An Essencial Guide For The Entire Branding Team. In Hoboken: John Wiley & Sons, Inc (Vol. 6). New Jersey: John Wiley & Sons.
Wiratmo, T. G., Grahita, B., Maslan, R., Fadillah, F., & Ratri, D. (2021). A Framework to Design Mascot Character as Supporting Tool for City Branding Based on Yuru-Chara Concept. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 01–12. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4379
Y.P.B Wiratmoko. (2006). Cerita Rakyat dari Bojonegoro (Jawa Timur). Jakarta: Grasindo: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yuda, R., Sucipto, F. D., & Ghifari, M. (2022). Perancangan Maskot ISBI Aceh sebagai Upaya Penguatan Brand Awareness. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(1), 36. https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.29315
Yuhani`ah, R. (2021). Psikologi Agama dalam Pembentukan Jiwa Agama Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 12–42. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Udin Ahmad Salahudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.