Media “Karho” untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMK Tumapel Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p228-239

Keywords:

pengembangan, Karho, keterampilan membaca

Abstract

Abstract: The purpose of this research and development is to produce a learning media called Karho (kartu hotel/hotel cards)which can help students practice their Mandarin reading skill. This product discusses personal information in the area of hospitality, especially for the theme of booking a room. The Karho media consists of 60 cards, a material sheet, an answer key sheet, an instruction sheet, and its package. The research model used is ADDIE with its five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Moreover, the qualitative data were collected using questionnaire sheets not only for both material experts and media experts, but also for the students as the users of the learning media. In addition, the developed product has been validated by the experts and also has been tested on ten grade X students of SMK Tumapel Malang in the hotel accommodation. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the Karho media is suitable to be applied for learning Mandarin and can also help students practice their Mandarin reading skill.

Keywords: development; Karho; reading skill

Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran bernama “Karho” (kartu hotel) untuk membantu siswa berlatih keterampilan membaca bahasa Mandarin. Media tersebut berisi materi tentang informasi pribadi terkait bidang perhotelan dengan tema memesan kamar. Karho memiliki jumlah 60 kartu, 1 lembar materi, 1 lembar kunci jawaban, 1 lembar petunjuk penggunaan, dan sebuah kemasan kotak kartu. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahap, yaitu tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif yang berasal dari lembar angket untuk ahli materi, ahli media, dan siswa. Produk Karho ini telah melalui proses validasi para ahli dan diujicobakan kepada sepuluh siswa kelas X jurusan akomodasi perhotelan di SMK Tumapel Malang. Produk yang dihasilkan merupakan sebuah kartu yang diberi nama “Karho” dengan berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media Karho layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin dan juga dapat membantu siswa melatih keterampilan membaca.

Kata kunci: pengembangan; Karho; keterampilan membaca

References

Amsori, I., & Ahsanuddin. (2014). Media pembelajaran bahasa Arab dari kartu sederhana sampai web penjelajah dunia. Malang: Gava Media.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Batari, M. S. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran “Lai Pengyou Lai” pada keterampilan membaca kelas X SMA Negeri 1 Batu (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer.

Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM: Dari behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Jumarni S., Saud, S., & Sukmawaty. (2020). Kemampuan membaca bahasa Mandarin siswa kelas V SD Frater Makassar. Journal of Language Literature, and Linguistics, 1(2), 159–165. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/19532/1/ARTIKEL%20JUMARNI.pdf

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Malang: Gunung Samudera.

Mujib, F., & Rahmawati, N. (2011). Metode permainan-permainan edukatif dalam bahasa Arab. Jogjakarta: DIVA Press.

Multyaningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik (A. Nuryanto, Ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Nasaruddin. (2018, April 17). 4 Fakta permainan kartu remi, fungsi psikologis hingga perang di Irak. Tribun Pontianak. Retrieved from https://pontianak.tribunnews.com/2018/04/17/4-fakta-permainan-kartu-remi-fungsi-psikologis-hingga-perang-di-irak?page=all

Nuritta, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah, dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. doi: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Purba, R. A., Mawati, A. T., Ardiana, D. P. Y., Pramusita, A. M., Bermuli, J. E., Purba, S. R. F., . . . Recard, M.. (2021). Media dan teknologi pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Purnama, S. (2013). Metode penelitian dan pengembangan. Literasi, 4(1), 19–23. doi: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Rahmawati, A. N. (2021). 2021. Pengembangan soal latihan berbasis aplikasi Kahoot! untuk melatih keterampilan membaca bahasa Mandarin pada pembelajar kelas XI SMA Negeri 6 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Ruswandari, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran Magic Cube Box pada materi sistem indra untuk siswa kelas XI (Undergraduate thesis, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta). Retrieved from http://repository.usd.ac.id/id/eprint/38733

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Safira, A. R. (2020). Media pembelajaran anak usia dini. Gresik: Caremedia Communication.

Sari, M. Y. (2020). Permasalahan keterampilan membaca siswa kelas IV Sekolah Dasar (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54692

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Instructional technology and media learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2015). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Sumardjan. (2017). Media kartu Sekolah Dasar. Semarang: Formaci.

Tegeh, I. M. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utami, M. W. (2016). Pengembangan media pembelajaran kartu remi untuk mata kuliah Seni dan Kerajinan Tiongkok di prodi pendidikan Bahasa Mandarin (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Wati, E. R. (2016). Ragam media pembelajaran (A. Jarot, Ed.). Jakarta: Kata Pena.

Yulia, N. K. tri. (2019). Internalisasi media pembelajaran Kantong Ajaib berbasis scientific approach di PAUD Permata Bunda. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 42–55. doi: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.15978

Downloads

Published

2022-02-18

How to Cite

Aryani, Y. V., Afifah, L. ., & Putri, A. E. F. . (2022). Media “Karho” untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMK Tumapel Malang . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(2), 228–239. https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p228-239

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>