Perancangan Ulang Kemasan Keripik Cita Mandiri untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen dan Daya Saing Produk

Authors

  • Aditya Arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p647-666

Keywords:

perancangan ulang, Keripik Cita Mandiri, Product Competitiveness

Abstract

Banyaknya produk sejenis yang dihasilkan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dari masa pandemi memicu perlombaan untuk meningkatkan daya saing produk agar setara dengan produk pabrikan yang telah lebih dulu ada dipasar. Usaha lebih dari UKM untuk mendapat pasar secara offline maupun online sangat diperlukan sehingga faktor pendukung untuk meningkatkan daya saing produk juga diperlukan. Kemasan merupakan salah satu faktor pembeda yang dapat meningkatkan daya saing produk hingga dapat meningkatkan daya tarik konsumen secara visual. Fungsi kemasan tidak hanya sebagai pelindung produk, namun dapat merupakan ciri pembeda dan cerminan kualitas dari sebuah produk. Kurang menariknya kemasan Keripik Cita Mandiri dinilai kurang menarik minat konsumn dari segi visual maka diperlukan perancangan ulang pada kemasan produk Keripik Cita Mandiri menjadi lebih menarik. Hasil Akhir dalam perancangan kemasan tersebut adalah kemasan primer, sekunder, dan tersier dari beberapa produk Keripik Cita Mandiri yang terdiri dari berbagai rasa dan bahan dasar. Luaran dari perancangan ulang sehingga dapat digunakan sebagai bahan promosi pada media sosial secara online maupun offline untuk meningkatkan ketertarikan konsumen.

Kata kunci: perancangan ulang; kemasan; Keripik Cita Mandiri; daya saing produk

Redesign of Cita Mandiri Chips Packaging to Increase Consumer Appeal and Product Competitiveness

The increasing number of similar products produced by Small and Medium Enterprises (SMEs) during the pandemic has triggered a competition to improve product competitiveness to be on par with factory-made products that have been in the market for a long time. SMEs need to make extra efforts to reach customers both offline and online, so supporting factors to increase product competitiveness are also needed. Packaging is one of the distinguishing factors that can increase product competitiveness and consumer appeal. Packaging not only protects the product but also reflects the quality of the product. The unattractive packaging of Cita Mandiri Chips is considered to be less appealing to consumers visually, so a redesign of the packaging is needed to make it more attractive. The final result of the redesign is the primary, secondary, and tertiary packaging of several Cita Mandiri Chips products consisting of various flavors and ingredients. The redesign can be used as promotional material on social media both online and offline to increase consumer interest.

Keywords: redesign; packaging; chips; Cita Mandiri; competitiveness

References

Bronakowski, M., Al-khassaweneh, M., & Bataineh, A. Al. (2023). Automatic Detection of Clickbait Headlines Using Semantic Analysis and Machine Learning Techniques. Applied Sciences, 13(4), 2456. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/app13042456

Dwiputro, G. P., Glenn, C., Lieora, J., Gani, R., John Lataan, J., Diah Anggreni, N. P., … Palesangi, M. (2021). Pengembangan Bentuk Kemasan Sebagai Peningkatan Kualitas Produk Bandeng Isi Iteung. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 3(2), 328–349. https://doi.org/10.21632/jpmi.3.2.328-349

Irawan, A., Lailin, A., Aisya, K., Subiyanto, Y. A., Amilliya, Y. D., & Sidyawati, L. (2021). Strategi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM melalui Packaging Berbasis Kearifan Lokal dengan Motif Ragam Hias Barongan di Kediri. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(10), 1466–1478. https://doi.org/10.17977/um064v1i102021p1466-1478

Irawan, Y., Pujiyanto, P., & Sudarmanto, J. A. (2021). Perancangan Media Promosi Brand “Raishin Apparel” untuk Memperluas Target Pasar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(12), 1747–1764. https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1747-1764

Kementerian BUMN RI. (2022). #BanggaBuatanIndonesia. Retrieved from banggabuatanindonesia.co.id website: https://www.banggabuatanindonesia.co.id/

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2013). Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf. Canada: John Wiley & Sons.

Komariah, I. (2022). Perancangan Ulang Desain Kemasan Produk pada UKM Makanan Ringan Basinda Menggunakan Metode Kansei Engineering. Jurnal Media Teknologi, 9(1), 39–48. https://doi.org/10.25157/jmt.v9i1.2781

Kouveli, A., Tzetzis, D., & Kyratsis, P. (2016). Packaging design for the Greek olive oil industry. IOP Conference Series. Materials Science and Engineering, 161(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1757-899X/161/1/012038

Lu, P., & Zhang, X. (2020). Packing Design and Application Based on VR Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1684(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1684/1/012018

Lustono, L., & Laila Cahyani, F. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital atau Online dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Belanjadolo Online Shop Di Kecamatan Banjarnegara. Jurnal Medikonis Stie Tamansiswa Banjarnegara, 20, 11–24.

Marisa S, G. (2017). Analisis Relationship Marketing pada Agroindustri Keripik Kentang CV Cita Mandiri, Kecamatan Junrejo, Kota Batu (Universitas Brawijaya). Universitas Brawijaya. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5307

Parakkat, A. D., Pundarikaksha, U. B., & Muthuganapathy, R. (2018). A Delaunay triangulation based approach for cleaning rough sketches. Computers & Graphics, 74, 171–181. https://doi.org/10.1016/j.cag.2018.05.011

Santoso, A. (2022). Pandemi Covid-19 Memberikan Dampak Besar pada Dunia Periklanan. Retrieved from MPR UNAS website: https://www.unas.ac.id/berita/anggoro-santoso-pandemi-covid-19-memberikan-dampak-besar-pada-dunia-periklanan/

Spence, C., & George, V. D. (2022). Visual communication via the design of food and beverage packaging: Principles and Implications. Cognitive Research, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s41235-022-00391-9

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE: Desain Komunkiasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global (Vol. 8). Yogyakarta: CAPS.

Venus, K. M. (2022). Perancangan Bundling Kemasan Sekunder. Tetamekraf, 1(2), 234–244. Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta. Retrieved from https://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/TETRAMEKRAF/article/download/4672/2979

Vivi Putri, M., Iskandar, I., & Andhika. (2022). Redesign Sanjai Chips Packaging Using Kansei Engineering Method. International Journal of Information Engineering and Electronic Business, 14(6), 37–45. https://doi.org/10.5815/ijieeb.2022.06.04

Wheeler, A. (2017). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. John Wiley & Sons.

Yan, M. R., Hsieh, S., & Ricacho, N. (2022). Innovative Food Packaging, Food Quality and Safety, and Consumer Perspectives. Processes, 10(4), 747. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/pr10040747

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Arifin, A. (2023). Perancangan Ulang Kemasan Keripik Cita Mandiri untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen dan Daya Saing Produk . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(5), 647–666. https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p647-666

Issue

Section

Articles