Strategi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM melalui Packaging Berbasis Kearifan Lokal dengan Motif Ragam Hias Barongan di Kediri

Authors

  • Andi Irawan Universitas Negeri Malang
  • Asrifatul Lailin Universitas Negeri Malang
  • Khoirun Aisya Universitas Negeri Malang
  • Yuanita Ardiyanti Subiyanto Universitas Negeri Malang
  • Yuvilna Dwi Amilliya Universitas Negeri Malang
  • Lisa Sidyawati Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0003-4220-5701

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i102021p1466-1478

Keywords:

Barongan, Kediri, motif, UMKM, pemasaran

Abstract

Abstract: UMKM have a very important role in the economic development of a country and the Indonesian economy. Based on a field survey at the Kediri souvenir center, many UMKM products in Kediri currently still use transparent plastic packaging and the usual labels. Therefore, the innovation of packaging branding services is here to increase MSME sales through unique and aesthetic packaging designs with elements of local cultural wisdom. By applying the decorative motifs found in Barongan and Jaranan typical of Kediri to display the packaging design of UMKM. The implementation method uses the 3P principle (Pre-Production, Production and Post-Production) with an online and offline blended system (by applying health protocols). The results that researchers get are an increase in sales of UMKM products in Kediri, and the application of Barongan Kediri decorative motifs to packaging designs to attract consumers and efforts to preserve local culture. It is expected that later the Kediri UMKM products will increase in terms of sales, become an effort to preserve regional arts through packaging design, and will add to the aesthetic value and selling value of these products.

Keywords: Barongan, Kediri, motif, marketing, UMKM

Abstrak: UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara dan perekonomian Indonesia. Berdasarkan survei lapangan di pusat oleh-oleh Kediri bahwa produk UMKM di Kediri saat ini banyak yang masih menggunakan kemasan plastik transparan dan label yang biasa. Oleh karena itu, Inovasi jasa branding packaging kemasan hadir untuk meningkatkan penjualan UMKM melalui desain packaging yang unik dan estetik dengan adanya unsur kearifan budaya lokal. Dengan menerapkan motif ragam hias yang ada pada Barongan dan Jaranan khas Kediri ke tampilan desain packaging UMKM. Metode Pelaksanaan menggunakan prinsip 3P (Pra-Produksi, Produksi dan Pasca Produksi) dengan sistem blanded secara online dan offline (dengan menerapkan protokol kesehatan). Hasil yang peneliti dapatkan terjadinya peningkatan penjualan produk UMKM di Kediri, dan diterapkannya motif ragam hias Barongan Kediri pada desain kemasan guna menarik konsumen dan upaya pelestarian budaya lokal. Diharapkan nantinya produk UMKM Kediri lebih meningkat dalam segi penjualan, menjadi upaya pelestarian kesenian daerah lewat desain packaging, dan akan menambah nilai estetik dan nilai jual produk tersebut.

Kata kunci: Barongan, Kediri, motif, UMKM, pemasaran

References

Budayaku, S. (2017). Pengertian ragam hias dan jenis-jenis ragam hias nusantara. Retrieved February 5, 2021, from https://www.senibudayaku.com/2017/02/pengertian-ragam-hias-dan-jenis-jenis-ragam-hias.html)

Cahyani, A. & Sugito, B. (2018). Kreasi karya tari Jaranan Sanjoyo Putro desa Bandar Kidul kota Kediri. Jurnal Solah, 8(2), 1–16. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/28963

Cahyaningtyas, C. E. (2019). Reinvensi unsur visual Barong Plok dan identitas kultural Indonesia. Proceedings of Seminar Nasional Seni dan Desain 2019, 123–128. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/289184-reinvensi-unsur-visual-barong-plok-dan-i-4d54e6a9.pdf

Christian, A., & Supatmi. (2013). Analisis metode akuntansi persediaan dilihat dari pertumbuhan laba dan market value (studi pada industri manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2010). Jurnal BIsnis Dan Ekonomi, 20(1), 12–25. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/2343

cnbcindonesia.com. (2019). UMKM kalah saing, Jokowi beberkan masalahnya. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20190111134416-4-50214/umkm-kalah-saing-jokowi-beberkan-masalahnya

Ilmuseni. (2015). Pengertian ragam hias dan jenis-jenisnya. Retrieved February 5, 2021, from https://ilmuseni.com/seni-rupa/pengertian-ragam-hias)

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. (2021). Dukungan pemerintah bagi UMKM agar pulih di masa pandemi. Retrieved from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi

Kodir, A., Islam, M. A., Pradana, G. W., Kusumaningrum, T. M., & Rozaq, K. (2020). Pendampingan penyusunan Standard Operational Procedure (SOP) dan desain kemasan bagi IKM makanan di kabupaten Kediri dan kota Batu. Abimanyu: Journal of of Community Engagement, 1(1), 1–9. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu/article/view/6579

Kompas.com. (2019). Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia?page=all

Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124. Retrieved from https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/644

Nurfitriani, A. F., & Suryawati, R. F. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi penerapan Payback Period sebagai teknik penganggaran modal pada UMKM di kota Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, VIII(2), 89–102. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/229112-faktor-faktor-yang-memengaruhi-penerapan-01630a48.pdf

Yudianto, R. (2019). Break Event Point sebagai perencanaan laba pada PT. Sepatu Bata Tbk. Jurnal Ekonomia, 9(1), 29–47. Retrieved from https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/STIE-JE/article/view/23

Sulianti, I., & Tilik, L. F. (2013). Analisis kelayakan finansial Internal Rate of Return (IRR) dan Benefit Cost Ratio (BCR) pada alternatif besaran teknis bangunan Pasar Cinde Palembang. Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Sriwijaya, 8(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/pilar/article/view/412

Tunky, H., & Kohardinata, C. (2016). Perancangan desain kemasan pada merk Keripik Pisang Bananation di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 567–583. Retrieved from https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/346

Uchyani, R., & Irianto, H. (2015). Pengemasan produk dalam meningkatkan produk. Proceedings of Seminar Nasional 4th UNS SME’s Summit & Awards 2015, 210–216. Retrieved from https://psp-kumkm.lppm.uns.ac.id/wp-content/uploads/sites/21/2016/01/rhina-uchyani-prosiding-sme-s-combinedpdf_1.pdf

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Irawan, A. ., Lailin, A. ., Aisya, K. ., Subiyanto, Y. A., Amilliya, Y. D. ., & Sidyawati, L. . (2021). Strategi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM melalui Packaging Berbasis Kearifan Lokal dengan Motif Ragam Hias Barongan di Kediri. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(10), 1466–1478. https://doi.org/10.17977/um064v1i102021p1466-1478

Issue

Section

Articles