Strategi Pengembangan Akademik dan Peningkatan Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p837-851Keywords:
service quality, student, academic development strategy, kualitas layanan, mahasiswa, strategi pengembangan akademikAbstract
Abstract: This article reviews the Academic Development Strategy and Improving the Quality of Academic Services for UM Faculty of Education Students. This study aims to determine leadership strategies in tertiary institutions, strategies for developing student academics, supporting and inhibiting factors in developing student academics, and strategies for academic services in tertiary institutions. This study uses qualitative research methods with research instruments including observation, interview guides, and researchers as a key pillar and previous theory as an addition. The source of this research is the results of interviews from one of the lecturers who has an interest in taking care of this section. The result is routine coordination to find out the problems in each sub-section by mapping the problems. And the way to improve the quality of its services is to prepare adequate facilities and infrastructure for students and alumni, serving in the academic field in the form of PPDikti reporting services and others. As well as serving students according to working hours and according to applicable SOPs.
Abstrak: Artikel ini mengulas tentang Strategi Pengembangan Akademik dan Peningkatan Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui Strategi kepemimpinan di perguruan tinggi, Strategi mengembangkan akademik mahasiswa, Faktor pendukung serta penghambat dalam mengembangkan akademik mahasiswa, dan Strategi pelayanan akademik di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitiannya meliputi observasi, pedoman wawancara, dan peneliti sebagai tumpuan kunci dan teori terdahulu sebagai tambahan. Sumber penelitian ini adalah hasil wawancara dari salah satu dosen yang berpekepentingan untuk mengurusi bagian tersebut. Adapun hasilnya adalah rutin dilakukannya koordinasi untuk mengetahui permasalahan di masing-masing dan sub bagian dengan melakukan pemetaan permasalahan. Dan cara meningkatkan kualitas pelayanannya adalah dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk mahasiswa dan alumni, melayani dibidang akademik berupa layanan pelaporan PPDikti dan lain-lain. Serta melayani mahasiswa sesuai jam kerja dan sesuai SOP yang berlaku.
References
Ambarita, B. 2009. Generasi Kampus, Volume 2, Nomor 1, April 2009. 2(April), 21–34.
Ansar. 2019. Budaya mutu akademik di Fakultas ilmu pendidikan. Prosiding Seminar Nasional LP2m UNM, 652–656.
Allen, George P. et al. 2016. ―The Role of Servant Leadership and Transformational Leadership in Academic Pharmacy.‖ In American Journal of Pharmaceutical Education 2016; 80 (7) Article 113.
Alimudin, A. 2017. Strategi Membangun Capaian Pembelajaran Mahasiswa Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Perguruan Tinggi. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(1), 64-80.
Alimudin, A. 2015. Strategi pengembangan minat wirausaha melalui proses pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 1(1), 1-13.
Amin, S. 2017. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik pada Perguruan Tinggi. Madaniyah, 7(2), 222-236. (Online), (https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/104, diakses pada 23 Maret 2023).
Dewi, A. P., & Sudarwati, W. 2020. Proses Pendidikan Pada Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta . 7(1), 1–12.
Firdiansyah, M. S. 2015. Manajemen Pengelolaan Wahana Rekreasi Olahraga Di Wisata Water Blaster Semarang
Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 1582–1589
Gaspersz, V. 2001. Analisa Untuk Peningkatan Kualitas. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Joesyiana, K. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Beserta Persada Bunda). PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 90–103.
Kamaria, A. 2021. Implementasi Kebjikan Penataan dan Mutasi Guru Pegewai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 82–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.4970644
Khairuzzaman, M. Q. 2016. Identifikasi Faktor-Faktor Pendukung Akademik Fakultas Imu Pendidikan UNniversitas Negeri Semarang. 4(1), 64–75
Kotler, P. 2002. Marketing Management, Millenium Edition North Western University New Jersey, Prentice Hall Inc.
Lamm , Alexa J., Kevan W. Lamm, Mary T. Rodriguez, and Courtney T. Owens. 2015, ―Examining Leadership Style Influence on Engagement in a National Change Process: Implications for Leadership Education.‖ Journal of Leadership Education. Volume 15 Issue 4 Research.
Li, Charlene. 2013. Open Leadership How Social Technology Can Transform The Way You Lead. Published by JosseyBass A Wiley Imprint 989 Market Street. San Francisco, CA 94103-1741
Lindriany, J., Mahmudah, F. N., Nasaruddin, D. M., & Dahlan, U. A. 2022. TQM sebagai Cara Peningkatan Mutu Layanan Akademik di STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb. 6, 16252–16260.
Ma’arif, M. A., Supriyadi, & Walid, S. 2021. Penerapan Quality Function Development Berdasarkan Analisis Mutu Pelayanan dI Klinik dr. M. SUHERMAN JEMBER. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Mulyono, Hadi. 2018. Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan
Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, vol.3, no. 1
Nasution, M. N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu . Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.
Novita, D. 2018. Strategi Pengembangan Program Studi Dalam Meningkatkan Perolehan Jumlah Mahasiswa Pada
Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Manajemen KINERJA, Vol. 4(1), 30–45.
https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/kinerja/article/view/614
Prasanti, D. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Prosiding Seminar Internasional. (2019). Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam, dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0. Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Rofaida,R,. & Gautama, B.D. 2019. Strategi Peningkatan Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi Melalui Studi Pelacakan Alumni (Tracer Study). Jurnal IMAGE, vol. 8, no. 1 (1-8)
Rugaiyah. 2011. Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Magang. Jurnal Manajemen Pendidikan. 209-219.
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. 2012. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial
Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Sallis, E. 2019. Kualitas Total Manajemen di Pendidikan.
Samiaji, M. H., Hidayat, I., & Najah, S. 2021. Manajemen Strategi dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 184–192. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1290
Sumarni, S. dan Abdullah, E. 2021. Analisis Strategi Peningkatan Mutu Layanan Akademik di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Puangrimaggalatung. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP), 2(3), 154-162. (Online), (https://lp3m-umkendari.ac.id/index.php/jpp/article/view/374, diakses pada 23 Maret 2023).
Silaban, R., & Napitupulu, M. A. 2012. Pengaruh media mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar kimia siswa SMA pada pembelajaran menggunakan advance organizer
Utami, D. P., Melliania, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. 2021. Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Inovasi Penelitian, 14(1), 1–13.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.