Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu pada Satuan Pendidikan TK (Studi Kasus di TK Al-Huda Malang)

Authors

  • Alifian Widyputra Syawalna Universitas Negeri Malang
  • Anggi Laila Efendi Universitas Negeri Malang
  • Aprilliya Nurlaeli Universitas Negeri Malang
  • Diah Rahmawati Universitas Negeri Malang
  • Diva Ayu Mahazein Universitas Negeri Malang
  • Fadliyah Zannuba Khafshah Universitas Negeri Malang
  • Achmad Supriyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p814-824

Keywords:

management of kindergarten, school accreditation, total quality management, manajemen lembaga TK, mutu pendidikan

Abstract

Abstract: Quality educational institution is an institution that continues to improve the quality of its education. This education must be carried out from an early age, because from an early age students' creativity must be developed. The purpose of this research is to study the analysis of integrated quality management in TK Al Huda using Total Quality Management (TQM). The research methodology used in this study is a qualitative approach. The data collection technique used was by giving a questionnaire to the director of TK Al Huda. The results of this study researchers analyzed how the integrated quality management process works together with TQM to understand how Al Huda Kindergarten tries to apply the principles of customer satisfaction, what special programs are offered by Al Huda Kindergarten as a form of optimal and superior service Accreditation as a form of Institutional Improvement Principles Continuous Improvement at TK Al Huda shows that the application of integrated quality management in early childhood education institutions is very necessary to support continuous improvement.

Abstrak: Lembaga pendidikan yang bermutu adalah lembaga yang terus meningkatkan mutu pendidikannya. Pendidikan ini harus dilaksanakan sejak dini, karena sejak dini kreativitas siswa harus dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari analisis manajemen mutu terpadu di TK Al Huda dengan menggunakan Total Quality Management (TQM). Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan kuesioner kepada direktur TK Al Huda. Hasil penelitian ini peneliti menganalisis bagaimana proses manajemen mutu terpadu bekerja sama dengan TQM untuk memahami bagaimana TK Al Huda berusaha menerapkan prinsip-prinsip kepuasan pelanggan, program khusus apa yang ditawarkan oleh TK Al Huda sebagai wujud Akreditasi pelayanan yang optimal dan unggul sebagai bentuk Peningkatan Kelembagaan Prinsip Perbaikan Berkelanjutan di TK Al Huda menunjukkan bahwa penerapan manajemen mutu terpadu di lembaga pendidikan anak usia dini sangat diperlukan untuk mendukung perbaikan berkelanjutan.

References

Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah,

Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah.

Jurnal Penelitian Pendidikan 17(3):190–98. doi: 10.17509/jpp.v17i3.9612.

Akbar, M. F., Jaya, F. H & Duwikola, R. (2020). Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kakak Tunas Cedikia Gedong Tataan Pesawaran Lampung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):467–74. doi: 10.24967/psn.v1i1.866.

Anwar, S. (2019). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Bisnis Pendidikan. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4263

Ariyani, R. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) Di Lembaga Pendidikan Islam. An- Nahdhah 11(1):1–22.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional : Depdiknas.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

Fahruddin, A. A. (2020). Implementasi Total Quality Management Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 2(1):1–12. doi: 10.35719/jieman.v2i1.15.

Hendri, Sukma, A.B., Makmur, F., Nurhasanah, Hasri, S., & Sohiron. (2022). Implementasi Prinsip-Prinsip Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Terpadu Madinatul Munawwarah Pelalawan. Tadbir Muwahhid 6(2):185–206. doi: 10.30997/jtm.v6i2.6042.

Jamaluddin, M.P (2017). Manajemen Mutu Teori Dan Aplikasi Pada Lembaga Pendidikan.

Kusumawati, E. (2022). Implementation of Total Quality Management ( TQM ) TKQ Education Bogor District.

International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM) 6(1):374–77.

Latif, M. A., Munastiwi, E., Puspita, D., & Amanah, A. P. (2020). Analisis Total Quality Management (TQM) Pada Pendirian Tk Islam Terpadu Mutiara Plus Banguntapan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 6(2):301. doi: 10.24235/awlady.v6i2.5783.

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 8(2):66–73. doi: 10.26877/paudia.v8i2.4755.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Najamuddin, N., Sahrip, S., & Latif, A. (2022). Pendampingan Akreditasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Gugus Himpaudi Kecamatan Montong Gading Lombok Timur. Jurnal Abdidas 3(1):181–90.

Novelia, I., Azwar, A., & Elfitra, E. (2019). Langkah Progresif Peningkatan Akreditasi Sekolah: Studi SMP Di Kota Padang. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 4(2):195. doi: 10.29240/jf.v4i2.1093.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: lnformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur 16(1):92–104. doi: 10.21831/inersia.v16i1.31319.

Prabhawani, S.W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah Di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1 5(2):205–18.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 6(1):13–21. doi: 10.30656/lontar.v6i1.645.

Puspitaningrum, P. (2022). Manajemen Kepala Tk Dalam Meningkatkan Mutu Guru Pada Taman Kanak- Kanak Puspa Jaya Tahun Pembelajaran 2019/2020. Institute 08(2):1–7.

Rahmah, U. (2018). The Implementasi Total Quality Management (TQM) Di SD Al-Hikmah Surabaya.

MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(1):111–31. doi: 10.14421/manageria.2018.31-06.

Riana, R., Azhar, A., & Kartikowati, S. (2022). Analisis Total Quality Management Di Tk Dharma Loka I Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif 6(2):45. doi: 10.31258/jmppk.6.2.p.45- 51.

Rokhadi. (2020). Peran Dan Strategi Kepala Paud Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan 7(1):hlm. 7–15.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education. IRCiSoD.

Saparina, R., Wahab, A. A, & Mirfani, A. M. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Peningkatan Layanan Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. 27(1).

Sari, M. N. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Di PAUD PGTK IT Harapan Mulia. Jurnal Literasi

VIII(2):111–18.

Sudarmanto, dkk. (2022). Total Quality Management. Yayasan Kita Menulis.

Supit, J. W., Tulenan, V., & Sentinuwo, S. R. (2020). Rancang Bangun Simulasi Akreditasi Program Studi Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika 15(3):163–70.

Suriansyah & Maimunah. (2019). Manajamen Mutu di PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur Banjarmasin. Ulyani, H. (2019). Implementasi Total Quality Management Pendidikan Melalui Uswah Hasanah Pada Tk-It

Umar Bin Khathab Kudus. Quality 7(1):66–84. doi: 10.21043/quality.v7i1.5179.

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 3(2):214–21. doi: 10.31539/alignment.v3i2.1580.

Yusuf, M., Amir, M.M., & Sjamsir, H. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Di Smk Negeri 7 Samarinda.

Bedumanagers Journal 2(1):22–32. doi: 10.30872/bedu.v2i1.590.

Zahroh, A. (2015). Total Quality Management: Capaian Kualitas Output melalui Sistem Kontrol Mutu Sekolah.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 9(2):79–94. doi: 10.24235/edueksos.v10i2.9231.

Downloads

Published

25-06-2023

How to Cite

Syawalna, A. W., Efendi, A. L., Nurlaeli, A., Rahmawati, D., Mahazein, D. A., Khafshah, F. Z., & Supriyanto, A. (2023). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu pada Satuan Pendidikan TK (Studi Kasus di TK Al-Huda Malang). Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 814–824. https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p814-824

Issue

Section

Articles