Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor

Authors

  • Hilwa Mar’atus Solihah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hestiningtyas Yuli Pratiwi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Anik Istyowati SMAN 8 Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p777-786

Abstract

Penyebab rendahnya hasil belajar fisika yaitu kurangnya motivasi belajar siswa sebab siswa menganggap fisika merupakan pelajaran yang sangat sulit yang hanya membahas rumus dan perhitungan yang begitu rumit, metode, strategi, dan model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, selain itu lingkungan belajar yang monoton karena hanya di dalam ruangan, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar fisika siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatif penyelesaian masalah diatas yaitu dengan menerapkan model pembelajaran talking stick. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi vektor kelas X di salah satu SMA di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas, untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket motivasi belajar, soal pre tes, soal untuk mengetahui hasil belajar siswa disetiap siklusnya, dan catatan lapangan. Penelitian ini diperoleh data yaitu nilai rata- rata pre tes siswa (sebelum dilakukan pembelajaran) sebesar 59,5 ; sedangkan nilai rata- rata hasil belajar siklus 1 meningkat menjadi 71; kemudian nilai rata- rata hasil belajar siklus 2 meningkat menjadi 82,58; lalu nilai rata- rata hasil belajar siklus 3 meningkat menjadi 87,47. Data hasil motivasi belajar diperoleh rata- rata persentase motivasi belajar awal siswa sebesar 68,67 persen ; sedangkan rata- rata persentase motivasi belajar akhir siswa meningkat menjadi 77,47 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.

References

Abyadi, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Zakat SDN Tambangan 4. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 1839–1840.

Astuti, F. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Maros. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bala, F. B., Winarko, W., & Pranyata, Y. I. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Seminar Nasional FST, 1(1), 580–588.

Distya, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII SMP N Kandeman. Universitas Negeri Semarang.

Huda, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(2), 45–54.

Isnaeni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah No.32 Lamasi Kec. Lamasi Kab. Luwu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Downloads

Published

05-07-2023

How to Cite

Solihah, H. M., Pratiwi, H. Y., & Istyowati, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 777–786. https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p777-786

Issue

Section

Articles