Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi IPAS untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV-B SDN Bakalan Krajan I Kota Malang

Authors

  • Vitayaningsih Mei Wulan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sri Rahayu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Ariza Dwi Astuti SDN Bakalan Krajan 1

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p767-776

Keywords:

learning activity, problem based learning, IPAS, keaktifan

Abstract

Abstract: This study aims to increase the learning activity of grade IV-B students of IPAS material by applying the Problem Based Learning learning model. This research is a Classroom Action Research (PTK) which is carried out in three cycles, namely cycle I, cycle II and cycle III. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of the study were students of grade IV-B SDN Bakalan Krajan 1 Malang City consisting of 26 students with a composition of 13 male students and 13 female students. The results of this study showed an increase indicated by the percentage of success in the cycle of greater than equal to 81 percent. The percentage of classical student activity in the first cycle is 61.6 percent, which means it is still far below the success indicator. In cycle II it increased to 78.3 percent. Cycle III classical learning activity of grade IV-B students increased to 95 percent, this indicates that this study has achieved the specified success indicators. Based on this description, it can be concluded that the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model has succeeded in increasing the activeness of science learning for grade IV-B students of SDN Bakalan Krajan 1 Malang City.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV-B materi IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN Bakalan Krajan 1 Kota Malang yang terdiri dari 26 siswa dengan komposisi 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan yang ditunjukkan oleh persentase keberhasilan pada siklus sebesar lebih besar dari sama dengan 81 persen. Persentase keaktifan klasikal siswa pada siklus I adalah 61,6 persen yang berarti masih jauh di bawah indikator keberhasilan. Pada siklus II meningkat menjadi 78,3 persen. Siklus III keaktifan belajar klasikal siswa kelas IV-B meningkat menjadi 95 persen, ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan keaktifan belajar IPAS siswa kelas IV-B SDN Bakalan Krajan 1 Kota Malang.

References

Abdurrozak, Rizal. dkk. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Sumedang-Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1 https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3580.

Arikunto, Suharsimi. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta : Bumi Aksara.

Ceker, E & Ozdamli, F. (2016). Features and Characteristics of Problem Based Learning. (Cypriot Journal of Educational Science. Volume 11, No 4. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1140792.pdf.

Khasanah, fitria. (2015). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division). LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. ISSN: 1410-8771. Volume. 18, Nomor 2.

Masyhud, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Ningrum, Epon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Nurrohim, dkk. (2021). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education.

Octavia, Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Kekatifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4).

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Downloads

Published

25-06-2023

How to Cite

Wulan, V. M., Rahayu, S., & Astuti, A. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi IPAS untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV-B SDN Bakalan Krajan I Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 767–776. https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p767-776

Issue

Section

Articles