Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SDN Sukomoro Kediri

Authors

  • Priska Auliawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Cicilia Ika Rahayu Nita Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sriatun Sriatun Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p759-766

Keywords:

project based learning model, thematic learning, elementary school, model project based learning, pembelajaran tematik, sekolah dasar

Abstract

Abstract: This research is motivated by the low creativity of students in thematic subjects. Based on the results of observations made to 27 students, there were 9 students belonging to the good category in terms of creativity. This study purposes to describe the Project Based Learning model application assisted by digital comic media to increase the creativity of fourth grade students at SDN Sukomoro on thematic subjects theme 8. The Classroom Action Research on Kemmis and Mc.Taggart model is applied at twice meetings in two cycles that consists of planning, action, observe, and reflection phase. The observation on students and teacher, interview with teacher, also other review documents are used as data sources to analyze on the approach of quantitative and qualitative descriptive analysis. This study find that the increasing of students’ creativity on pre-cycle with 33,33 percent, increased in cycle I to 68.18 percent and in cycle II increased to 81.48 percent. So it can be concluded that classroom action research with the Project Based Learning model assisted by digital comic media can be said to be successfully applied to increase the creativity of fourth grade students at SDN Sukomoro in theme 8 thematic subjects.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa pada mata pelajaran tematik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kepada 27 siswa ,terdapat 9 siswa tergolong dalam kategori baik tingkat kreativitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning berbantuan media komik digital untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV di SDN Sukomoro pada mata pelajaran tematik tema 8. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart diterapkan pada dua kali pertemuan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Observasi pada siswa dan guru, wawancara dengan guru, serta kajian dokumen lain sebagai sumber data untuk dianalisis pada pendekatan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menemukan peningkatan kreativitas siswa pada pra siklus 33,33 persen meningkat pada siklus I menjadi 68,18 persen dan pada siklus II meningkat menjadi 81,48 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan model Project Based Learning berbantuan media komik digital ini dapat dikatakan berhasil diterapkan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV di SDN Sukomoro pada mata pelajaran tematik tema 8.

References

Bell, S. (2013). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Demir, S. (2021a). Effects of Learning Style Based Differentiated Activities on Gifted Students’ Creativity. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 47–56.

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik Melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65.

Ernawati, M. D. W., M, D., Asrial, & Muhaimin. (2019). Development of Creative Thinking Skill Instruments for Chemistry Student Teachers in Indonesia. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(14), 21–30.

Farid, M., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02 (02), 737-743.

Gumelar, M.S. (2011). Comic Making. Jakarta: PT Indeks.

Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Iv Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76–86.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 142–146.

Komarudin, D. (2018). Hubungan Antara Kreativitas dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 278-288.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Lubis, R. R. . (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Hal.417-420.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mashitoh, N. L. D., Sukestiyarno, Y., & Wardono, W. (2021). Creative Thinking Ability Based on Self Efficacy on an Independent Learning Through Google Classroom Support. Journal of Primary Education, 10(1), 79–88.

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2).

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS)

Nurjanah, T., & Esa, Y. M. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1, 59–65.

Nuryati, & Yuniawati, N. (2019). Peningkatan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun Melalui Metode Praktikum Membatik. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–10.

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., &Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Conciencia, 19(2), 112–131.

Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL) Dan Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01.

Suraya, K. R. (2014). Pembelajaran Tematik Integratif dan Pengaruhnya Terhadap Akhlak Kelas IV SD SD Negeri Cebongan Yogyakarta. (Online), (http://digilib.uinsuka.ac.id). diakses pada 21 Mei 2023.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Vera, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga. MAJU, 6(1), 11–21

Wahyuni, dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD, 1 (2),129-136.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88.

Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–12.

Downloads

Published

25-06-2023

How to Cite

Auliawati, P., Nita, C. I. R., & Sriatun, S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SDN Sukomoro Kediri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 759–766. https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p759-766

Issue

Section

Articles