Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Papan Pedes (Pecahan Desimal)

Authors

  • Laila Dian Fitriani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Dyah Tri Wahyuningtyas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Yayuk Hinaning Utami SDN Sukun 1 Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p741-750

Keywords:

learning outcomes, discovery learning, decimal number, hasil belajar, bilangan desimal

Abstract

Abstract: This study aims to improve student learning outcomes in decimal numbers using the Discovery Learning learning model assisted by PeDes board media in class IV SD Negeri 1 Sukun, Malang City. The type of research used is classroom action research. The research procedure uses 2 cycles in which each cycle consists of 4 steps, including: planning, implementing, observing/observing, and reflecting. The subjects of this study were all fourth grade students at SD Negeri Sukun 1, a total of 27 students in one class. This study showed an increase in the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Sukun 1 as indicated by changes in learning outcomes in cycle I, namely 54 percent of students achieving mastery of learning outcomes, while in cycle II there was an increase of 85 percent of students have achieved learning mastery.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan desimal dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media papan PeDes di kelas IV SD Negeri 1 Sukun, Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas 4 langkah, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sukun 1 sejumlah 27 siswa dalam satu kelas. Penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukun 1 yang ditunjukkan dengan perubahan hasil belajar pada siklus I yaitu 54 persen siswa mencapai ketuntasan hasil beajar, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85 persen siswa telah mencapai ketuntasan belajar.

References

Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, dan Lisa Sahena Munthe. 2021. Systematic Literature Review: Efektivitas Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika. IJI Publication 1 (3): 189-97 https://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/117/96

Agustin, D., & Indrawati, D. (2018). PE NGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL DESIMAL UNTUK MENCEGAH MISKONSEPSI PECAHAN DESIMAL PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10).

Anazmah, N. A. (2017). PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN SUMBER KALONG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Peneitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sulistyowati, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. BASIC EDUCATION, 7(30), 2-976.

Septiarini, R., & Zaini, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 492-502.

Wiraatmadja, Rochiati. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Uno, Hamzah B, dkk. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

25-06-2023

How to Cite

Fitriani, L. D., Wahyuningtyas, D. T., & Utami, Y. H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Papan Pedes (Pecahan Desimal). Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(8), 741–750. https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p741-750

Issue

Section

Articles