Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Afifah Rochmatur Rodhiyah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Luluk Faridatuz Zuhro Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p717-729

Keywords:

PjBL, creativity, snakes and ladders, Model PjBL, Kreativitas, Media Ular Tangga

Abstract

Abstract: Based on the diagnostic assessment, the results obtained from 28 children were 5 children in the very good category and 4 children in the good category with a level of creativity. The purpose of this research is to describe  the use of the PjBL based snakes and ladders to increase the creativity of students in SBdP Class I SDN Bandungrejosari 1. This type of research was classroom action research conducted in two cycles. The stages of each cycle are planning, action, observation and reflection. The research subjects were class IB students at SDN Bandungrejosari 1. The data is collected by observation, documentation, and products analysis. Data analysis use qualitative and quantitative analysis. This research is said successfully if the percentage of creativity reaches 80 percent and the application of the PjBL reaches 90 percent. The results showed an increase in each indicator of creativity. The fluency indicator increased by 7.14 percent from the first cycle of 81.25 percent to 88.39 percent in the second cycle. The novelty indicator increased by 5.35 percent from the first cycle of 80.36 percent to 85.71 percent in the second cycle. The flexibility indicator increased by 2.68 percent from cycle I of 75.89 percent to 78.57 percent in cycle II, so it can be concluded that the PjBL based snakes and ladders can increase the creativity of students in Sbdp Class I SDN Bandungrejosari 1.

Abstrak: Berdasarkan asesmen diagnostik, didapatkan hasil dari 28 anak terdapat 5 anak dalam kategori sangat baik dan 4 anak dalam kategori baik tingkat kreativitasnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan kreativitas peserta didik  pada mata pelajaran SBdP Kelas I SDN Bandungrejosari 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan tiap siklus yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IB SDN Bandungrejosari 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan produk. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila persentase kreativitas mencapai 80 persen dan penarapan model PjBL mencapai 90 persen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setiap indikator kreativitas. Indikator kefasihan meningkat sebesar 7, 14 persen, pada siklus I 81,25 persen sedangkan pada siklus II 88,39 persen. Indikator kebaruan meningkat sebesar 5,35 persen, pada siklus I 80,36 persen sedangkan pada siklus II 85,71 persen. Indikator fleksibilitas meningkat sebesar 2,68 persen, pada siklus I 75,89 persen sedangkan pada siklus II 78,57 persen, sehingga dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan kreativitas peserta didik  pada mata pelajaran Sbdp Kelas I SDN Bandungrejosari 1.

References

Andrianto, Silvina, (2021). Pengembangan Media Snakes and Ladders untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1192

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Evitasari, Aurina. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Kognitif Dengan Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Min 10 Bandar Lampung. Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/4962/

Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills Zakiyah. Journal of Primary Education, 8 (1) (201. https://doi.org/https://doi.org/10.15294 /jpe.v8i1.25229

Istiqomah. (2018). Pembelajaran dan Peilaian Higher Order Thinking Skills (Zakiyatul Fitri & Faradina Izdhihari AzZahra (eds.)). Pustaka Media Guru. www.mediaguru.id

Isworo, Dwi. (2014). Hubungan Antara Kreativitas Siswa Dan Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Smp Kelas VIII. https://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Pfisika/Article/ View/4675/3214

Kemdikbud. (2019). Pentingnya 4C untuk Menghadapi Abad 21. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-4c-untuk-menghadapi-abad-21

Kemdikbud. (2021). Pembelajaran Abad 21. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/ kegiatan/ 93212a18-7b1e-4f4e-9919-51129308a785.pdf

Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/fitrah/article/download/1330/658

Taslimah, Ina Laili. (2019) . Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Aktivitas Outdoor Dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas Ii Sdn 2 Karangjati Banjarnegara. http://lib.unnes.ac.id/33505/1/ 1401415211_Optimized.pdf

Usman, Hikmawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Membuat Karya Dekoratif. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/ns

Zuhro, Luluk Faridatuz. (2021). Penggunaan Kotak Pintar Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterlibatan Orangtua pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas V di Masa Pandemi Covid-19. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14530

Downloads

Published

25-06-2023

How to Cite

Rodhiyah, A. R., Sakdiyah, S. H., & Zuhro, L. F. (2023). Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(8), 717–729. https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p717-729

Issue

Section

Articles