Optimalisasi Keterampilan Proses Sains Melalui LKPD Literasi Berbasis Masalah

Authors

  • Intan Prameswari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Muhammad Nur Hudha Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sulistyo Lestari SMA Negeri 3 Blitar

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p708-716

Keywords:

proses sains, LKPD 2, kontekstual, scientific process, contextual

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to provide an overview of the science process skills of class X students using problem-based literacy worksheets on environmental pollution material at SMA Negeri 3 Blitar. This research method is descriptive-qualitative. The sampling method is random sampling, the number of participants is 36 people in class X-8. The data collection instrument for measuring science process skills is problem-based literacy LKPD analysis. Science process skills are measured on aspects of identifying scientific questions, aspects of explaining scientific phenomena and aspects of using scientific evidence. The results of data analysis showed that the science process skills of class X students at SMA Negeri 3 Blitar increased so that it can be said that the use of problem-based literacy worksheets can optimize students' science process skills.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang keterampilan proses sains peserta didik kelas X menggunakan LKPD literasi berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 3 Blitar. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Metode pengambilan sampel adalah random sampling, jumlah peserta adalah 36 orang pada kelas X-8. Instrumen pengumpul data untuk mengukur keterampilan proses sains adalah analisis LKPD literasi berbasis masalah. Keterampilan proses sains diukur pada aspek mengidentifikasi pertanyaan ilmiah, aspek menjelaskan fenomena ilmiah dan aspek menggunakan bukti ilmiah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Blitar meningkat sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan LKPD literasi berbasis masalah dapat mengoptimalkan keterampilan proses sains peserta didik.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Elvanisi, A., Hidayat, S., Nurmala Fadillah, E., Jendral Yani, J. A., Palembang, K., Selatan, S., & Author, C. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426

Fitriani, W., Hairida, & Lestari, I. (2014). Deskripsi literasi sains siswa dalam model inkuiri pada materi laju reaksi di SMAN 9 Pontianak.

Nurtang, Herman, & Haris, A. (2019). Keterampilan proses sains fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 24 Bone. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid, 15, 53–62.

Udin, M., Arsyad, M., & Khaeruddin, K. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Siswa Kelas X 6 Sma 14 Makassar Science Skills Through Process Improvement Model Based Learning Problems In Class X6 Sma 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1.

Downloads

Published

17-06-2023

How to Cite

Prameswari, I., Hudha, M. N., & Lestari, S. (2023). Optimalisasi Keterampilan Proses Sains Melalui LKPD Literasi Berbasis Masalah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(8), 708–716. https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p708-716

Issue

Section

Articles