Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Menulis Melalui Media Booklet pada Siswa Kelas 1 SD

Authors

  • Alif Masdiky Pratama Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Ninik Indawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Indah Sumanarahati SDN Tanjungrejo 5 Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p682-688

Keywords:

learning outcomes, model project base learning, booklet, PTKKK, hasil belajar, media booklet

Abstract

Abstract: This research is motivated by the results of observations, which indicate that the learning outcomes of 1st grade elementary school students are low due to lack of motivation and unengaging classroom teaching. The purpose of this study is to evaluate the effectiveness of the Booklet learning media in improving students' writing learning outcomes in elementary school. Based on the results of the Classroom Action Research, a significant improvement in students' learning outcomes was found. In cycle 1, there was an increase in mastery to 66 percent, while in cycle 2, there was a significant increase with a mastery level of 87 percent. This indicates that the implementation of the Booklet learning media has a positive and effective impact on improving students' writing learning outcomes. From the findings of this study, it can be concluded that the Booklet learning media can help students to better understand the subject matter and enhance their writing skills.

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi, yang menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas 1 SD kurang yang disebabkan oleh kurangnya termotivasi dan pembelajaran yang dilakukan guru dikelas menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran Booklet dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi menulis pada siswa SD. Berdasarkan hasil dari PTKKK, ditemukan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus 1, terjadi peningkatan ketuntasan menjadi 66 persen, sedangkan pada siklus 2, terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu ketuntasan sebesar 87 persen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Booklet memberikan dampak positif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi menulis. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa media pembelajaran Booklet dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi dan meningkatkan kemampuan menulis siswa

References

Amalia, N., & Murti, T. (2020). PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS KARAKTER KEMANDIRIAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI APLIKASI EDMODO PADA MATERI BANGUN DATAR Article History. Agustus, 3(3), 282–291. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p282

Aryanto, E. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil belajardan Hasil Belajar Siswa pada Tema I Organ Gerak Hewan dan Manusia (Penelitian Tindakan Kelas, pada Siswa Kelas V C Semester I SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019” Universitas Pasundan

Diklat, M., Pendidikan, P., Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Tim, P., Pendidikan, P., Pegawai, P., Grafis, D., Letak, T., & Pegawai, D. P. (2017). Penyusunan Karya Tulis Ilmiah PTKK.

Efi. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Seri Di Kelas IV SDN Ginunggung. In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 4, Issue 10).

Hmelo, C., & Silver. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educationals Psychology Review, 16(3).

Javed, M., Juan, W. X., Nazli, S., Princpal, V., Oxford, M., High, C., & Vehari, S. (2013). A Study of Students’ Assessment in Writing Skills of the English Language. In International Journal of Instruction (Vol. 6, Issue 2). www.e-iji.net

Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin University.

Kurinasih.,& Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: KataPena.

Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Kelas V, U. DI, & Jannahtul Nizam, F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET. Indonesian Journal of Elementary Education, 4(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).

Pangestika, S. E., Herlina, A., Hadiyanti, D., Saptoro, A., Artikel, I., & Artikel, A. H. (2021). Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Ketelitian dan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i1.3256

Posmaningsih, D. A., Aryasih, G. A. M., Hadi, M. C., Marwati, N. M., & Mallongi, A. (2018). The influence of media Booklet in behavior change of waste management in elementary school students, South Denpasar, Bali. Indian Journal of Public Health Research and Development, 9(8), 1506–1511. https://doi.org/10.5958/0976-5506.2018.00946.4

Ramadhani Putri, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Complete Sentence Berbantuan Wordwall di Kelas V Sekolah Dasar. 11(1), 2023. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1

Riset, J., & Dasar, P. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET SCIENCE FOR KIDS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR Tiurida Intika. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Satya, M. V, Durga, S., & Rao, C. S. (2018). Developing Students’ Writing Skills in English-A Process Approach. Issue, 6. http://www.jrspelt.com

Suyati, S. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS I MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI SDN 014 PENGALIHAN ENOK INDRAGIRI HILIR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 64. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8816

Trismanto. (2017). Keterampilan Menulis Dan Permasalahannya. Trismanto, 03. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/download/764/648

Umairoh, M.A (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil belajarSiswa Kelas III Sekolah Dasar”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

11-06-2023

How to Cite

Pratama, A. M., Indawati, N., & Sumanarahati, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Menulis Melalui Media Booklet pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(8), 682–688. https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p682-688

Issue

Section

Articles