Manajemen Layanan Khusus Peserta Didik Bidang Bimbingan Konseling dan Usaha Kesehatan Sekolah

Authors

  • Isa Qori Datul Universitas Negeri Malang
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang
  • Juharyanto Juharyanto Universitas Negeri Malang
  • Asep Sunandar Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i32022p237-249

Keywords:

special service management, BK service, UKS service, manajemen layanan khusus, layanan BK, layanan UKS

Abstract

Abstract: This study aims to describe planning, organizing, implementing, and evaluating, and evaluating BK and UKS services. The method used in this study is a qualitative approach with a type of case study research. While the procedure for collecting data in this study uses interview, observation, and documentation techniques. The results obtained from this study are: (1) BK and UKS service planning is carried out at the beginning of the new school year through meetings held by the Principal with the Head of Student Affairs; (2) the parties involved in BK management include the Principal, Head of Student Affairs, Head of Special Services, and BK officers. While, the parties involved in UKS management include the Principal, Head of Student Affairs, Head of Special Services, and UKS officers; (3) the implementation of BK services was carried out through a consultation program with psychologists, Multiple Intelligences tests, parenting clasess, class visits, and home visits. While, the implementation of UKS services is carried out through dental examination programs, general examinations, first aid services, screening, ant surgery, training for tiwisada cadre and initial PMR; and (4) evaluation of BK and UKS services is carried out through year end meetings conducted by the Principal and Head of Student Affairs.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi layanan BK dan UKS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan layanan BK dan UKS dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru melalui rapat yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dengan Kabid Kesiswaan; (2) pihak-pihak yang terlibat dalam struktur organisasi BK antara lain adalah Kepala Sekolah, Kepala Bidang Kesiswaan, Kepala Bagian Layanan Khusus, dan petugas BK. Sedangkan pihak-pihak yang terlibat dalam struktur organisasi UKS antara lain adalah Lurah, Kepala Sekolah, Kepala Bidang Kesiswaan, Kepala Bagian Layanan Khusus, petugas UKS, petugas puskesmas, komite sekolah dan dewan anak; (3) pelaksanaan layanan BK dilaksanakan melalui program konsultasi dengan psikolog, tes MIR (Multiple Intelligences Research), parenting class, kunjungan kelas dan kunjungan rumah. Sedangkan pelaksanaan layanan UKS dilaksanakan melalui program pemeriksaan gigi, pemeriksaan umum, layanan P3K, screening, operasi semut, pelatihan kader tiwisada dan PMR Mula; dan (4) evaluasi layanan BK dan UKS dilaksanakan melalui rapat akhir tahun yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dan Kepala Bidang Kesiswaan.

References

Abedi, H., Abbaszadeh, A. & Motaghi, M. (2016). Factors Influencing School Health in Elementary Schools in Isfahan, Iran: A Qualitative Study. (Online) 4 (4), 352-362.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kanga, B.,M., Nyaga, V., K., & Barchok, H., K. (2015). Effectiveness of Guidance and Counselling Services in Enhancing Students Adjustment To School Physical Environment in Public Boarding Secondary Schools in Kenya. (Online) 3 (7), 201-212.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2012). Pedoman Pelaksanaan UKS Di Sekolah. (Online), (http://www.berkasedukasi.com/2017/10/pedoman-pelaksanaan-kegiatan-uks-di.html), diakses 20 Januari 2018.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2014). Pedoman Pelaksanaan UKS Di Sekolah. (Online), (https://www.scribd.com/doc/300731500/pedoman-pelaksanaan-uks-di-sekolah-2014-pdf), diakses 20 Januari 2018.

Kusmintardjo & Gunawan, I. (2017). Manajemen Layanan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lunenburg, F., C. (2010). School Guidance and Counseling Services. (Online) 1 (1), 1-9.

Martunus. (2013). Peran Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Kesehatan Anak SD Negeri No. 026 Simpang Tiga Kecamatan Loa Janan Ilir. Jurnal Ilmu Sosiatri, 1 (2): 51-56.

Mogbo, I.,N., Obumneke-Okeke, I.M, & Anyachebelu, F., E. (2011). Implementation of Guidance and Counseling Services in Nigerian Schools. (Online) Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies 2 (5), 361-364.

Murtafi’ah, T. (2015). Manajemen Layanan Khusus Peserta Didik di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (Online)

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Upaya Kesehatan Anak. (Online), (http://kesga.kemkes.go.id/images/pedoman/PMK%20No.%2025%20ttg%20Upaya%20Kesehatan%20Anak.pdf), diakses 10 Mei 2019

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. (Online), (http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_111_14.pdf), diakses 20 Januari 2018.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online),

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. (Online), (http://www.depkes.go.id/resources/download/general/UU%20Nomor%2036%20Tahun2%20009%20tentang%20Kesehatan.pdf), diakses 20 Januari 2018.

Wardati & Jauhar, M. (2011). Implementasi Bimbingan & Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Zulkarnain, W. (2015). Layanan Khusus Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

28-03-2022

How to Cite

Datul, I. Q., Maisyaroh, M., Juharyanto, J., & Sunandar, A. (2022). Manajemen Layanan Khusus Peserta Didik Bidang Bimbingan Konseling dan Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(3), 237–249. https://doi.org/10.17977/um065v2i32022p237-249

Issue

Section

Articles