Hubungan Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Mobile JKN di Wilayah BPJS Kesehatan Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Nihayatun Nikmah Universitas Negeri Malang
  • Sapto Adi Universitas Negeri Malang
  • Dian Mawarni Universitas Negeri Malang
  • Nurnaningsih Herya Ulfah Universitas Negeri Malang

Keywords:

technology acceptance model, intention to use, mobile JKN, minat penggunaan

Abstract

Abstract:The Mobile JKN application aims to improve the service system with information technology, but in practice, only a few used this application. As for JKN participants in the Nganjuk Health BPJS area who have downloaded the Mobile JKN application as of December 1, 2022, there were 7.3percent. This study intends.to determine the relationship between perceived usefulness and perceived ease of use of the Mobile JKN application in the Health BPJS Region, Nganjuk Regency. This research is quantitative with a cross-sectional design. Data collection using a questionnaire. The variables studied are perceived usefulness and perceived ease of use as independent variables. Intention to use the Mobile JKN application as the dependent variable. The research sample consisted of 382 people, with the criteria being JKN participants who had downloaded the Mobile JKN application within 24 hours. As for taking samples through the accidental sampling technique. Data were analyzed using the Chi-Square test. The results of this study indicate that there is a relationship between perceived usefulness and intention to use the Mobile JKN application (p ≤ 0.000). Then the perceived ease of use also shows a relationship with the intention to use the Mobile JKN application (p ≤ 0.000). This means that both respondents who have high, moderate, and low perceptions of usefulness and ease of use have implications for their intention to use the Mobile JKN application.

 

Abstrak:Aplikasi Mobile JKN bertujuan memperbaiki sistem pelayanan dengan teknologi informasi, namun pada prakteknya masih sedikit yang memanfaatkan aplikasi ini. Adapun peserta JKN di wilayah BPJS Kesehatan Kabupaten Nganjuk yang telah mengunduh aplikasi Mobile JKN per tanggal 1 Desember 2022 tercatat sebanyak 7.3persen. Penelitian ini bermaksud mengetahui hubungan antara persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan aplikasi Mobile JKN di Wilayah BPJS Kesehatan Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel yang diteliti yaitu persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan sebagai variabel bebas. Minat penggunaan aplikasi Mobile JKN sebagai variabel terikat. Sampel penelitian berjumlah 382 orang dengan kriteria yaitu peserta JKN yang telah mengunduh aplikasi Mobile JKN (≤ 24 jam). Adapun pengambilan sampel melalui teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara persepsi kebermanfaatan dengan minat penggunaan aplikasi Mobile JKN (p ≤ 0.000). Kemudian pada persepsi kemudahan juga menunjukkan adanya hubungan dengan minat penggunaan aplikasi Mobile JKN (p ≤ 0.000). Hal tersebut berarti bahwa baik pada responden yang memiliki persepsi kebermanfaatan dan kemudahan tinggi, cukup maupun rendah mempunyai implikasi terhadap minat untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN.

 

References

Ahmad, A., Rasul, T., Yousaf, A., & Zaman, U. (2020). Understanding Factors Influencing Elderly Diabetic Patients’ Continuance Intention to Use Digital Health Wearables: Extending the Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(81), 1-15. https://doi.org/10.3390/JOITMC6030081

Almasri, A. (2022). The Users’ Behavioral Intention to use Mobile Health-Tech Application to Prevent the Spreading of Coronavirus. South East European Journal of Economics and Business, 17(2), 18–33. https://doi.org/10.2478/jeb-2022-0012

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile Jkn Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Industrial Engineering Journal, 11(2). https://doi.org/10.53912/iej.v11i2.837

BPJS Kesehatan KCU Kediri. (2022). Surat Izin Penelitian Nomor 1477/VII-04/1222.

Devi, E., Agung, F., Informasi, J. S., Komputer, F. I., & Nuswantoro, U. D. (2018). Analisa Minat Penggunaan Aplikasi TB e-Scoring dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Edu Komputika Journal, 5(1), 1–12.

DJSN. (2022). Sistem Monitoring dan Evaluasi Terpadu Jaminan Sosial Nasional Aspek Kepesertaan. sismonev.djsn.go.id. https://sismonev.djsn.go.id/kepesertaan/index.php

Harsono, H., Sugiharto, S., & Rinayati, R. (2021). Persepsi Peserta Terhadap Aplikasi Mobile JKN Berbasis Technology Acceptance Model di Klinik Pratama Surya Medika Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.793

Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care : Jurnal Kesehatan, 10(1), 78–84. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.114

Humas. (2018). Sejarah BPJS Kesehatan. bpjs-kesehatan.go.id/. http://bpjskesehatan.go.id

Humas. (2021). Akses Pelayanan Dalam Genggaman BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile JKN Banyak Manfaat 73 dan Mudahkan Peserta JKN-KIS. bpjs-kesehatan.go.id/. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2021/2120/Mobile-JKN-Mudahkan-Akses-Layanan-Bagi Peserta/Kemudahan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan antara lain, JKN CHIKA dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp PANDAWA.

Juhri, K., & Dewi, C. K. (2017). Kepercayaan dan Penerimaan Layanan Mobile Money T Cash di Bandung Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Pro Bisnis, 10(1), 36–51. https://www.semanticscholar.org/paper/Kepercayaan-Dan-Penerimaan-Layanan-Mobile-Money-Di-Juhri-Dewi/bb423bda7650b6f4e012e3c453444cda11aa63f1

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Panduan Layanan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Riskedas 2018,3, 103-111. In Kemenkes 2018 (Vol. 3, pp. 103–111).

Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Lisa Mila Sari, Sri Hartini, F. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Sebagai Strategi Meminimalisir Tingkat Antrian Dikantor Cabang Bpjs Kesehatan Kabupaten Bogor. Jurnal Online Mahasiswa.

Palos-Sanchez PR, Saura JR, Rios Martin MÁ, A.-C. M. (2021). Toward a Better Understanding of the Intention to Use mHealth Apps: Exploratory Study. JMIR MHealth UHealth, 9(9), e27021. https://doi.org/10.2196/27021

Pratama, A., Fadli, M. S., Femilia, Z., & N. A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Empiris pada Nasabah Perbankan Konvensional di Kota Palu). Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 2(1), 204–216.

Putra, D. M., & Hunna, C. M. F. W. (2022). Analysis Of Implemetation Of SIMRS In Medical Recording Unit With Technology Acceptance Model (TAM) Method Rekam Medis dan Informasi Kesehatan STIKES. 5(1), 47–58.

Putri, I. Z. (2020). Faktor-Faktor Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Pada Peserta Bpjs Kesehatan Di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Palembang. Health Policy And Administration Public Health Faculty Sriwijaya University.

Qi, M., Cui, J., Li, X., & Han, Y. (2021). Perceived factors influencing the public intention to use E-Consultation: Analysis of web-based survey data. Journal of Medical Internet Research, 23(1), 1–20. https://doi.org/10.2196/21834

Rahayu, I. S. (2015). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). JESI: Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, V(2), 138–150. https://doi.org/10.4135/9781483346366.n221

Rahimi, B., Nadri, H., Lotfnezhad, H., & Toomas, A. (2018). Tinjauan Sistematis Teknologi Model Penerimaan dalam Informatika Kesehatan. 604–634.

Rani, D. M. (2020). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penggunaan Aplikasi Mobile (Studi Kasus pada Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan). Program Studi Manajemen Universitas Paramadina, Jakarta, Indonesia.

Ryan Aldi Prasetiyo, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Dalam Mengurangi Antrian. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2).

Sevtiyani, I., Sediyono, E., & Nugraheni, S. A. (2018). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit menggunakan Technology Acceptance Model di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 61–66.

Suhadi, Jumakil, & Irma. (2022). Aplikasi Mobile JKN untuk Memudahkan Akses Pelayanan BPJS. Jurnal Penelitian Kesehatan SUara Forikes, 13(2), 262–267.

Supriyanti, S., & Cholil, M. (2017). Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(1), 42. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i1.3817

Surya & Kur’aini. (2022). Bisnis Kesehatan Berbasis Digital: Perceived Usefulness Terhadap Intensi Penggunaan Aplikasi Digital Telemedicine. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 5(2), 272–278.

Wahyudi, W., Nupus, H., Pascasarjana, P., Manajemen, M., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Meningkatkan Intention To Use Aplikasi Mobile JKN Melalui Perceived Usefulness Dan Attitude Towards Use Sebagai Variabel Intervening Pendahuluan. 5(1), 98–116.

Wahyuni, F. (2021). Efektivitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung. 3(3), 377–384.

Yani, A. (2018). Utilization of Technology in the Health of Community Health. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 97. https://doi.org/10.31934/promotif.v8i1.235

Yee, T. S., Seong, L. C., & Chin, W. S. (2019). Patient’s Intention to Use Mobile Health App. Journal of Management Research, 11(3), 18. https://doi.org/10.5296/jmr.v11i3.14776

Yudiana, Setiyani, L., & Nungrum, N. L. S. (2021). Analisis Penerimaan Aplikasi BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Studi Kasus Pengguna BPJS Kesehatan Di Karawang. Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi, September, 137–146. https://alumni.rosma.ac.id/index.php/inotek/article/view/135

Downloads

Published

30-03-2024

Issue

Section

Articles