Pengembangan Media Belajar Gerak Senam Sepuh Covid-19 Untuk Lansia di Sasana Senam Sehat Indonesia Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Menggunakan Aplikasi ISpring

Authors

  • Rima Nurdiana Qur’anisa Universitas Negeri Malang
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Malang
  • Surya Adi Saputra Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v5i62023p608-624

Keywords:

development, elderly gymnastics, application, aplikasi, senam lansia, pengembangan

Abstract

Abstract: This research and development was motivated by the state of the covid-19 pandemic which required everyone to keep their distance and it was better to stay at home, so many people were still afraid to leave the house and caused people to be lazy to exercise and lack of movement. The purpose of this study is to develop learning media Senam Sepuh Covid-19 for the elderly based on applications for Android that are effective and flexible to carry so that the elderly always cultivate a culture of motion, and it is still rare to develop application-based gymnastics for the elderly which is very useful during a pandemic. The development method used in this study uses the Research and Development (R&D) method or Sugiyono 2019 development research. The results of data analysis showed that 89.52 percent of motion learning experts, 90 percent of rhythmic gymnastics experts, and 97.50 percent of media experts stated that application products are very good and worth using. The total number of assessments with trial subjects for small groups involving 8 elderly members of the Indonesian Health Gymnastics Club, Kediri Regency, obtained 96 percent results and the large group trial involving 20 elderly members of the Indonesian Health Gymnastics Club, Kediri Regency, obtaining 98.45 percent results. From the results of the assessment, it can be concluded that the Senam Sepuh Covid-19 application product is very valid, which means that it is suitable for use by the elderly in the Indonesian healthy gymnastics center, Kediri district.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keadaan pandemi covid-19 yang mengharuskan semua orang untuk menjaga jarak dan lebih baik berada di rumah, sehingga banyak orang yang masih takut untuk keluar rumah dan menyebabkan orang malas untuk berolahraga dan kurangnya aktivitas gerak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media belajar Senam Sepuh Covid-19 untuk lansia yang berbasis aplikasi untuk android yang efektif dan fleksibel untuk dibawa agar lansia senantiasa membudayakan gerak, serta masih jarang yang mengembangkan senam untuk lansia dengan berbasis aplikasi yang sangat bermanfaat pada saat pandemi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan Sugiyono 2019. Diperoleh hasil analisis data yang menunjukkan 89,52 persen ahli pembelajaran gerak, 90 persen ahli senam irama, 97,50 persen ahli media menyatakan produk aplikasi sangat baik dan layak digunakan. Jumlah penilaian secara keseluruhan dengan subjek uji coba untuk kelompok kecil melibatkan 8 orang lansia anggota sasana Senam Sehat Indonesia Kabupaten Kediri memperoleh hasil 96 persen dan uji coba kelompok besar melibatkan 20 orang lansia anggota sasana Senam Sehat Indonesia Kabupaten Kediri Kecamatan Pare memperoleh hasil 98,45 persen. Dari hasil penilaian maka dapat diambil kesimpulan bahwa produk aplikasi senam sepuh covid-19 sangat valid yang bermakna layak digunakan oleh para lansia di sasana Senam Sehat Indonesia Kabupaten Kediri.

References

Adi, S. (2016). Latihan Mental Atlet Dalam Mencapai Prestasi Olahraga Secara Maksimal. Prosiding Seminar Nasional, 1–11.

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. In Yogyakarta: Cipta Media.

Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.

Frihastuti, N., Supriyadi, & Surendra, M. (2018). Survei Kadar Gula Darah Lansia Pada Komunitas Senam Lansia Di Kota Malang. Jurnal Sport Science, 6(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/5264

Giriwijoyo, H. Y. S. S. (2007). Ilmu Kesehatan Olahraga (1st ed.). Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UPI.

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Journal.Uinjkt.Ac.Id, 4(1), 197–202. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15809

Hairani, E. (2018). Pembelajaran Sepanjang Hayat Menuju Masyarakat Berpengetahuan. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(1), 355–377. https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i1.107

Hanum, P., & Lubis, R. (2017). Hubungan Karakteristik Dan Dukungan Keluarga Lansia Dengan Kejadian Stroke Pada Lansia Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Jumantik, 3(1), 72–88.

Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 118–123. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33564

Hatton, J. M. (2007). Lifelong Learning: Policies, Practice and Programs. School of Media Studies at Hamburg College.

Jonni, & Atradinal. (2018). Perbedaan Latihan Senam Mixed Impact Aerobic Dan Body Language Terhadap Indeks Massa Tubuh. Jurnal Menssana, 3.

Kurnianto, D. (2015). Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), 115182. https://doi.org/10.21831/jorpres.v11i2.5725

Lubis, I., & Safii, M. (2018). Teknologi , Informasi , dan Komunikasi , Permasalahan Kota , sekelumit tentang Smart City dari kota lain dan pemaparan smart city.

Nelson, S., Muchlis, A. F., & Fajri, H. P. (2019). Pelatihan Senam Lansia Dan Penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Di Kenagarian Sungai Nyalo Kabupaten Pesisir Selatan. JURNAL STAMINA, 2, 57–65.

Oktaviani, L., & Meirony, A. (2017). Pengaruh Senam SKJ 2008 Terhadap Kebugaran Jasmani Siswi Sekolah Dasar Negeri 20 Alang Laweh Padang Selatan Kota Padang. Journal Sport Area, 2(1), 36–44. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(1).591

Ovalia, S., Priyono, B., & Saputra, S. A. (2020). Sello Aerobic Gymnastics Model. 9(2), 152–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/34197

Prajayanti, E. D., Sari, I. M., & Susilowati, T. (2020). Senam Hipertensi dan Demonstrasi Pembuatan Jus Seledri untuk Penderita Hipertensi di Pucang Sawit Surakarta. 4(2), 137–154.

Pristianto, A., Adiputra, N., & Irfan, M. (2016). Perbandingan Kombinasi Bergantian Senam Lansia Dan Latihan Core Stability The Comparison Of Turn Combination Of Elderly Gymnastic And Core Stability Exercise With Elderly Gymnastic Only To Increase. 4(1), 1–15.

Rasida, T. (2015). Pengaruh Senam Bugar Lansia Indonesia Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Wanita Usia 60-79 Tahun 2015. https://lib.unnes.ac.id/27659/

Saputra, S. A. (2020). Menjaga Imunitas dan Kesehatan Tubuh melalui Olahraga yang Efektif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, II, 33–42.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyorini, & Listiadi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 10 Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian di SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2116–2126. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2288

Sumarsono, A., & Wasa, C. (2019). Pengembangan Senam Kebugaran “Kitorang Bersatu” Pada Suku Marind Pappua. 4(September 2018), 1–11. https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.2417

Susanto, N. (2020). Pengaruh Virus Covid 19 Terhadap Bidang Olahraga Di Indonesia. JURNAL STAMINA, 3(3), 145–153.

Tandirogang, J. G. D., Paramita, S., & Yadi, Y. (2021). #JALANKITA: Pemantauan Penyakit Komorbid Penyulit Covid-19 Berbasis Android pada Lansia di Masa Pandemi di Kota Balikpapan. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(5), 639–644. https://doi.org/10.25026/jsk.v3i5.480

Titting, F., Hidayah, T., & Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.15640/jpesm

Trisnanda, I. (2018). Pengembangan Teknik Gerak Dasar Senam Ritmik Rangkaian Freehand Berbasis Audiovisual Untuk Anak Usia 7-11 Tahun. Pend. Kepelatihan Olahraga-S1, 7(1), 1–8.

Downloads

Published

24-06-2023

Issue

Section

Articles