Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Senam Lantai Berbasis Aplikasi Articulate Storyline
DOI:
https://doi.org/10.17977/um062v3i62021p369-380Keywords:
media, floor exercise, games, articulate storyline, senam lantai, permainanAbstract
Abstract: So far, the learning process of floor gymnastics is done through games. However, it has never been done using learning media for eating, there needs to be development and research related to learning media that package material variations of floor exercise in an interesting manner and the data is carried out during the online learning process. The development method refers to the method proposed by Lee and Owens. The results of the development trial involved 25 teachers of KKG PJOK Elementary School, Wagir District, Malang Regency. The results showed that the product can be categorized as valid with the percentage in small group trials of 74.76 percent and 79.17 percent of the results of large group trials.
Abstrak: Proses pembelajaran senam lantai selama ini dilakukan melalui permainan. Namun belum pernah dilakukan menggunakan media pembelajaran makan perlu adanya pengembangan dan penelitian terkait media pembelajaran yang mengemas materi variasi permainan senam lantai secara menarik dan data dilakukan saat proses pembelajaran daring. Metode pengembangan mengacu metode yang dikemukakan oleh Lee dan Owens. Hasil uji coba pengembangan melibatkan sebanyak 25 guru KKG PJOK Sekolah Dasar Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk dapat dikategorikan valid dengan persentase pada uji coba kelompok kecil sebesar 74,76 persen dan 79,17 persen hasil uji coba kelompok besar.
References
Akbar, R. A., & Hariyanto, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(7), 350–356. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3).
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58.
Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 5(1), 52–65.
Darnawati, J, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani & Olahraga. Malang: Wineka Media.
Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Kurniawan, A. W. (2019). Multimedia-Based Learning Model for Gymnastics Skills. 7(Icssh 2018), 33–36. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.8
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions. John Wiley & Sons. San Fransisco: Pfeiffer.
Listyawati, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pemebelajaran Ipa Terpadu Di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).
Morrison, S. (2012). Dasar-Dasar Penidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Index.
Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan Learning Media Based On Articulate Storyline 2 On Drawing Function Graphs Lesson In Smp Patra Dharma 2 Balikpapan Pendahuluan Matemati. Dimensi, 7(1), 19–35.
Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1), 78–92. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11692/5123
Sudirjo, E., & Alif, M. N. 2019. Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik. Sumedang: UPI Sumedang Press
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484-493.
Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi SMA. BioEdu, 6(2), 571–579.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.