Survei Motivasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um062v4i112022p1040-1048Keywords:
motivation, learning, physical education sport and health, motivasi, pembelajaran, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatanAbstract
Abstract: Physical Education Learning Sports and Health is a process of learning interaction conducted by teachers with students in the form of physical activities that have been systematically organized and planned. The importance of motivation in learning Physical Education Sports and Health is the most important thing for all students, one of which is for high school students. The purpose of this study is to examine and analyze the motivation of high school students in Malang city in following the learning of Physical Education Sports and Health. This research uses descriptive quantitative survey method. The sample of this study amounted to 489 students in grades X and XI of sample selection using Cluster Random Sampling. The test instrument used is non-test which is an online-based questionnaire (Google Form). The results of motivation analysis data of high school students in Malang city showed that Intrinsic Motivation has a higher percentage of 25 percent and the Amotivation category has the lowest percentage of 13 percent. Thus, it can be concluded that students who participate actively and motivated without any compulsion in participating in PE learning are higher than unmotivated students.
Abstrak: Proses interaksi belajar yang dilakukan oleh guru dengan siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berupa aktivitas jasmani yang telah dirancang dan disusun secara sistematis. Pentingnya pemberian motivasi pada pembelajaran PJOK menjadi hal yang paling utama bagi seluruh siswa salah satunya bagi siswa sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengkaji serta menganalisis motivasi siswa dan siswi SMAN se-Kota Malang dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini melibatkan 489 siswa kelas X dan XI dengan pemilihan sampel yakni Cluster Random Sampling. Instrumen tes yang digunakan berupa non tes yaitu kuesioner berupa angket secara online (Google Form). Hasil data analisis motivasi siswa SMAN se-Kota Malang menunjukkan bahwa Intrinsic Motivation memiliki persentase yang lebih tinggi sebesar 25 persen dan kategori Amotivation memiliki persentase yang paling rendah yaitu 13 persen. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa siswa yang berpartisipasi aktif dan termotivasi tanpa adanya keterpaksaan dalam mengikuti pembelajaran PJOK lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak termotivasi.
References
, & Sonny Eli Zaluchu. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3(March), 6.
Abdurrofi, M. (2021). PERSEPSI SISWA KELAS X SMK DOLOPO KABUPATEN MADIUN. 55–63.
Achdiyat, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar Dan Prestasi Belajar. Faktor Jurnal Ilmah Kependidikan, 5(1), 49–58.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ansori, S., & Tuasikal, A. R. S. (2019). PENGARUH PERMAINAN SIRKUIT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI , OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA DISABILITAS RUNGU Sigit Ansori *, Abdul Rachman Syam Tuasikal. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07, 479–482. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Asykarillah, M., & Hariyanto, E. (2021). Survei Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar. Sport Science and Health, 3(8), 574–585. https://doi.org/10.17977/um062v3i82021p574-585
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fachrul, A., Ratri Julianti, R., & Mury Syafei, M. (2021). Pengetahuan Guru Penjas Tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 147–152. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.4041
Faryadi, Q. (2017). Pedoman Mengajar Efektif. Bandung: Rosdakarya.
Fitriady, G., Sugiyanto, & Sugiarto, T. (2020). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Hidayat, Y., & Hambali, S. (2019). Peranan Ekstrakurikuler Olahraga terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Olahraga, 5(1), 59–65. https://doi.org/10.37742/jo.v5i1.95
Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451–1459. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620
Idham, Z., Neldi, H., Komaini, A., Sin, T. H., & Damrah, D. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Basicedu, 6(3), 4078–4089. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2196
Jackson-Kersey, R., & Spray, C. (2016). The effect of perceived psychological need support on amotivation in physical education. European Physical Education Review, 22(1), 99–112. https://doi.org/10.1177/1356336X15591341
Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267
Mahpudin. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5571010
Marzoan, H. (2017). Permainan Tradisional. An.Nafs, 2(1), 62–82.
Mayanto, A., Zulfikar, Z., & Faisal, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 69–78. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251
Mulyadi, M. (2018). Strategi Belajar Mengajar dengan Menerapkan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Tanjung. Jurnal Langsat, 5(1), 45–48.
Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu: Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. PT Refika Aditama.
Mylsidayu, A. (2014). Psikologi Olahraga. Jakarta: Bandung: PT Bumi Aksara.
Ntoumanis, N. (2001). A self-determination approach to the understanding of motivation in physical education. British Journal of Educational Psychology, 71(2), 225–242. https://doi.org/10.1348/000709901158497
Pelletier, L. G., Rocchi, M. A., Vallerand, R. J., Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2013). Validation of the revised sport motivation scale (SMS-II). Psychology of Sport and Exercise, 14(3), 329–341. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2012.12.002
Prastyo, G. M., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979
Rahmat, S. . (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download
Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347
Setyawati, V., & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.
Simamora, T., AHarapan, E., & Kesumawati, N. (2020). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(2).
Sulnawir, S., Muhammadong, M., & Usman, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 9 Makassar. Journal of Sport and Physical Education, 1(1), 79.
Susanto, P. (2018). Belajar Tuntas: Filosofi, Konsep, dan Implementasi. PT Bumi Aksara.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Daring PJOK Selama Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2366
Wardana, M. A., & Kurniawan, A. T. (2021). Survei Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Berbasis E-Learning Di Masa Pandemi Di Sma Negeri 1 Ngemplak. Journal of Innovation Research …, 1(6). https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/641
Whitehead, J. M. (2003). Masculinity, motivation and academic success: A paradox. Teacher Development, 7(2), 287–309. https://doi.org/10.1080/13664530300200191
Yogaswara, R. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang ( SENDINUSA ) SURVEI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI KELAS XI SMA PGRI 1 SUBANG PADA MASA PANDEMI Abstrak Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang ( SENDINUSA ). 3(1), 37–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.