Pendidikan Kesehatan mengenai Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa Sekolah Dasar sebagai Upaya Preventif Penularan Covid-19: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.17977/um062v4i52022p455-468Keywords:
health education;, hand washing with soap behavior, elementary school students, pendidikan kesehatan, perilaku CTPS, siswa sekolah dasarAbstract
Abstract: One of the effective efforts to prevent the transmission of Covid-19 is through Hand Washing With Soap (HWWS) behavior. HWWS behavior in elementary school students can be improved through health education. The focus of this study is to analyze the effect of health education on the HWWS behavior of elementary school students in Indonesia based on the results of previous studies during the 2016-2020 period. The method used in this study is a literature review using a flow chart of Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyzes (PRISMA) which has stages of identification, screening, feasibility, and inclusion. The initial search results for articles found 5,184 articles obtained from ProQuest and Google Scholar. Then the articles that were detected as duplicates and documents that were not open access were issued, resulting in 4,750 articles. After filtering by title and abstract, remaining 19 articles that matched the inclusion criteria were tested for feasibility. Then 10 articles that passed the feasibility test were synthesized qualitatively. It can be concluded that health education has a significant effect on the knowledge, attitudes, and practices of primary school students' HWWS behavior in Indonesia based on the results of previous studies during the 2016-2020 period.
Abstrak: Salah satu upaya efektif untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Upaya peningkatan perilaku CTPS pada siswa sekolah dasar dapat dilaksanakan melalui pendidikan kesehatan. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku CTPS siswa sekolah dasar di Indonesia berdasarkan hasil penelitian sebelumnya selama rentang waktu 2016-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan diagram alir Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyzes (PRISMA) yang memiliki tahapan identifikasi, penyaringan, kelayakan dan disertakan. Hasil pencarian awal artikel menjaring 5.184 artikel yang didapatkan dari ProQuest dan Google Scholar. Kemudian artikel yang terdeteksi duplikat dan dokumen yang tidak open access dikeluarkan sehingga menghasilkan 4.750 artikel. Setelah penyaringan berdasarkan judul dan abstrak tersisa 19 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi untuk diuji kelayakannya. Kemudian 10 artikel yang lolos uji kelayakan disintesis secara kualitatif. Berdasarkan hasil literature review ini, dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik CTPS siswa sekolah dasar di Indonesia berdasarkan hasil penelitian sebelumnya selama rentang waktu 2016-2020.
References
Adilah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7521
Adventus, Jaya, I. M. J., & Mahendra, D. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. In Universitas Kristen Indonesia.
Agustian, M. (2018). Efektivitas Pengalaman Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 1–13.
Agustina, I., Hani Istiqomah, S., Mirza Fauzie, M., Poltekkes, J., & Yogyakarta, K. (2016). PENGGUNAAN MEDIA KARTU PUTAR DALAM PENYULUHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENCUCI TANGAN MEMAKAI SABUN PADA SISWA SD TEGALREJO 2 KOTA YOGYAKARTA. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(1), 29–34. http://e-journal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/Sanitasi/article/view/735
Ahmad, N., Tasnim, T., & Wahab, H. (2020). 1. THE EFFECT OF VIDEO AND SIMULATION COUNSELLING ON CHILDREN’S KNOWLEDGE ABOUT HAND WASHING USING SOAP IN THE PRIVATE VOCATIONAL SCHOOL OF LAMBANDIA DISTRICT EAST KOLAKA DISTRICT: Counselling about hand washing using soap. INDONESIAN JOURNAL OF HEALTH SCIENCES RESEARCH AND DEVELOPMENT (IJHSRD), 2(1), 39–45. https://doi.org/10.36566/ijhsrd/Vol2.Iss1/26
Busyaeri dkk (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Dewi (2017). Pengaruh Tarian Tepung Selaci Puput Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 5(1), 12–25. http://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/181
Emilia & Nurjanah. (2019). Efektivitas Promosi Kesehatan Menggunakan Media Vidio dan Leaflet tentang Cuci Tangan Pakai Sabun terhadap Pengetahuan Siswa. Kesehatan Dan Kebidanan, 8(1). https://smrh.e-journal.id/Jkk/article/download/74/34
Fadiah, T., Tirtayanti, S., & Romiko. (2020). PENGARUH PELATIHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN CUCI. JUKEMA, 6(1), 49–53. http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/JKMA/article/view/800
Faza Adilah, S. U., Ridwan, A., & Solahudin, D. (2019). Komik Sebagai Media Dakwah. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(4), 363–381. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i4.1056
Himmamie. (2019). Pengembangan Permainan Papan ( Board Game ) Edukatif Sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Sekolah. Sport Science and Health. 1(2), 164–175.
Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan. Absolute Media.
Jatmika, S. E. D., Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan.
Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018]. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2018.pdf
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). 1–34.
Kusumawardani, L. H., & Fitriyani, P. (2019). Improving diarrhoeal and clean and healthy living behaviour (PHBS) through collaboration socio-dramatic play (Ko-Berdrama) in school age children Pemberdayaan keluarga dalam merawat BBLR di Jakarta View project Improving diarrheal preventive behavior t. Sri Lanka Journal of Child Health, 48(3), 240–245. https://doi.org/10.4038/sljch.v48i3.8759
Listiadesti dkk. (2020). Efektivitas media vidio terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah : a literature review. Jurnal Menara Medika, vol.3(penyuluhan media vidio terhadap prilaku cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah), No 1. file:///C:/Users/NEKAST~1/AppData/Local/Temp/2198-5778-1-SM.pdf
Maulida dkk. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 2020. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3870
National Library of Medicine. (2021). Medical Subject Headings. https://www.nlm.nih.gov/mesh/meshhome.html
Yakina dkk. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Team Games Tournament ( TGT ) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Pencegahan Penyakit Diare di Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Sport Science and Health. 2(2), 145–151.
Nursalam. (2020). Penulisan Literature Review dan Systematic Review pada Pendidikan Kesehatan (D. Priyantini (ed.)). Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.
Ortiz, D. A. P., & Abrigo, M. R. M. (2017). The Triple Burden of Disease. Economic Issue of the Day, 2, 1–2.
Pakpahan dkk. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Pardede, J. A. (2020). Kesiapan Peningkatan Perkembangan Anak Usia Sekolah. https://doi.org/10.31219/osf.io/p6vae
Pramana, T. C. (2016). Pengembangan Media Komik sebagai bahan Ajar IPA materi Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD negeri Pondowoharjo Sleman. Repository Universitas PGRI Yogyakarta, 3(2), 11.
Ridha dkk (2016). EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK PADA PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI CUCI TANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal LINK, 12(1), 1–7. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link
Risnawaty, G. (2017). Faktor Determinan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Pada Masyarakat Di Tanah Kalikedinding. Jurnal PROMKES, 4(1), 70. https://doi.org/10.20473/jpk.v4.i1.2016.70-81
Sari dkk (2019). Pelatihan Teknik Cuci Tangan ( WHO , 2009 ) Pada Pegawai Di Rumah Sakit Universitas Mataram. 1(September), 397–400.
Setyonaluri, D., & Aninditya, F. (2019). Transisi Demografi dan Epidemiologi: di Indonesia.
Sinaga, et al (2020). Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Sawo Sebagai - Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Ditengah Mewabahnya Virus Covid-19. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 19–28.
Siregar, P. A. (2020). Diktat Dasar Promkes. FKM Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Siregar, P. A. R. A. H. Z. A. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori Dan Aplikasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.uinsu.ac.id/9183/1/Buku Promosi Kesehatan Cover dan Isi.pdf
Siringoringo, E. (2018). Effects Of Health Education On Handwashing With Soap In Children Aged 10-12 Years. Comprehensive Health Care, 1(3), 77–85. https://doi.org/10.37362/jch.v1i3.236
Solikah, T., & Sukesi, T. W. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Motivasi Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Tridadi, Sleman, Diy. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1–15.
Susilo, et al (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Susilowati, D. (2016). Buku Ajar Promosi Kesehatan. In Pusdik SDM Kesehatan: Vol. ث ققثق (Issue 1).
The Joanna Briggs Institute. (2017). Checklist for Quasi-Experimental Studies. The Joanna Briggs Institute, 1–7. http://joannabriggs.org/research/critical-apprasal-tools.htlm
UNEJ, F. (2020). Panduan Literature Review untuk Skripsi. In Panduan Literature Review untuk Skripsi.
UNICEF. (2020). COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Journal of Education, Pshycology and Counseling, 2(April), 1–12. www.unicef.org
UNICEF. (2021). Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak. In Unicef.Org. https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/menuju-respons-dan-pemulihan-covid-19-yang-berfokus-pada-anak
Vioreza dkk (2020). Call for Book Tema 4 (Model & Metode Pembelajaran). Jakad Media Publishing.
Wahyuni dkk (2017). PENINGKATAN PERILAKU MENCUCI TANGAN DENGAN TEKNIK MODELING PADA KELOMPOK ANAK USIA SEKOLAH. THE INDONESIAN JOURNAL OF HEALTH SCIENCE, 8(2), 145–155. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TIJHS/article/view/868
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.
Widodo. (2016). Pendidikan Kesehatan Dan Aplikasinya di SD/MI. Madrasah, 7(1), 12. https://doi.org/10.18860/jt.v7i1.3306
World Health Organization. (2020). Pesan dan Kegiatan Utama Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Sekolah. In Unicef (Vol. 1). lbender@unicef.org
Yosinta, Suriah, & Rachmat, M. (2018). EDUKASI KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) DENGAN MEDIA KOMIK PADA SISWA SD DI KABUPATEN TANA TORAJA Health Education about Handling use Soap (CTPS) with Comic Media in Students of Elementary School in Tana Toraja Regency. Hasanuddin Journal of Public Health, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.30597/hjph.v1i2.10254
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.