Pengembangan Modifikasi Permainan Lay Up dalam Pembelajaran Bola Basket untuk Kelas VIII SMP Negeri 5 Lamongan

Authors

  • Cerebri Brilian Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Febrita Heynoek Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i22022p175-183

Keywords:

game modificaton, lay up, basketball lessons

Abstract

The purpose of this research is to develop a learning modification of the shooting lay up game with audio-visual media as a support tool and to determine the validity of game modification with audio-visual media on the basic technique of shooting lay up. This research is a research and development research. Data from the evaluation results of Media Experts obtained that the average validity of the audio-visual media product in the form of a video modification of the lay up game in basketball learning was 95 percent which explained that the product was very valid and very feasible to use. From the evaluation data of the Physical Education Learning Experts, it was found that the average validity of the audio-visual media product in the form of a video modification of the lay-up game in basketball learning was 84 percent which explained that the product was quite valid and feasible to use. From the data from the basketball expert evaluation, it was found that the average validity of the audio-visual media product in the form of a video modification of the lay-up game in basketball learning was 98 percent which explained that the product was very valid and very feasible to use.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran modifikasi permainan shooting lay up dengan media audio visual sebagai sarana penunjang serta untuk mengetahui validitas modifikasi permainan dengan media audio visual pada materi teknik dasar shooting lay up. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development. Data hasil evaluasi Ahli Media diperoleh rata-rata validitas produk media audio visual yang berbentuk video modifikasi permainan lay up dalam pembelajaran bola basket sebesar 95 persen yang menjelaskan bahwa produk sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. Dari data hasil evaluasi Ahli Pembelajaran Pendidikan Jasmani diperoleh rata-rata validitas produk media audio visual yang berbentuk video modifikasi permainan lay up dalam pembelajaran bola basket sebesar 84 persen yang menjelaskan bahwa produk cukup valid dan layak untuk digunakan. Dari data hasil evaluasi Ahli Basket diperoleh rata-rata validitas produk media audio visual yang berbentuk video modifikasi permanan lay up dalam pembelajaran bola basket sebesar 98 persen yang menjelaskan bahwa produk sangat valid dan sangat layak untuk digunakan.

References

Ahmadi, N. (2007). Permainan bola basket. Surakarta: Era Intermedia.

Cahyanto, A. G. I. (2015). Pengaruh Modifikasi Permainan Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli (Studi Pada Siswa Kelas VIIC Smpn 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(3).

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Husdarta, S. H. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Suhardita, K. (2011). Efektivitas penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa. Edisi khusus, 1, 127-138.

Kristiyandaru, A. (2010). Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Kurniawan, D. (2015). Pengaruh Modifikasi Permainan Bolavoli Terhadap Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas X Boga 1 SMKN 3 Probolinggo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1). 20–24.

Muarifin, M. (2009). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ilhamsyah, R. (2018). Pengembangan model permainan lay up dalam pembelajaran bolabasket untuk kelas VIII SMP Negeri 1 Krejengan Kabupaten Probolinggo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Harni, S., & Tarjiah, I. (2018). Implementasi Teori Behaviorisme dalam Membentuk Disiplin Siswa SDN Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara Jakarta Timur. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 127-138.

Sunarsih, S, Dkk. (2007). Penjas Orkes Untuk SD Kelas VI. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

17-02-2022

Issue

Section

Articles