Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP: Literature Review

Authors

  • Wildanul Aulia Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Suryansah Suryansah Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Oni Bagus Januarto Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p94-102

Keywords:

kebugaran jasmani, permainan tradisional, siswa smp

Abstract

The literature review study aims to determine the relationship between traditional games and the level of physical fitness of junior high school students by linking secondary data or previous research journal articles. The literature review data collection technique used the Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA) flow method. To search for journal articles in the literature review using methodological criteria (1) Search sources for journals to be reviewed according to the research title, (2) Research variables according to writing needs, (3) Search articles between 2010 to 2020 or within a period. ten years, (4) The results of the study were measured validly, and (5) Data analysis was defined clearly and precisely. Researchers used databases from Google Scholar and Eric using keywords (Effect of "traditional" games on "fitness" level for "junior high school students"). The results of the literature review conducted showed the results of the study showed the variables (1) traditional games had a relationship with the level of physical fitness of students, (2) some traditional games could improve students' physical fitness, (3) there was a significant relationship with the level of physical fitness of students because of the application traditional game. Conclusion: improving physical fitness has many ways, one of which is by applying traditional games through intermediaries in physical education learning in schools. The role of physical education teachers and parents is very supportive in achieving the level of physical fitness as a form of external role.

Studi literature review bertujuan mengetahui apakah permainan tradisional berpengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa SMP dengan mengaitkan data sekunder atau artikel jurnal penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data literatur revies menggunakan metode alir Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA). Untuk pencarian article jurnal pada literature review menggunakan kriteria metodologis (1) Pencarian sumber untuk jurnal yang akan di review sesuai dengan judul penelitian, (2) Variabel penelitian sesuai dengan kabutuhan tulisan, (3) Pencarian artikel antara 2010 sampai tahun 2020 atau dalam kurun waktu sepuluh tahun, (4) Hasil penelitian diukur secara valid, dan (5) Analisis data didefinisikan secara jelas dan tepat. Peneliti menggunakan database dari google scholar dan eric journal dengan menggunakan kata kunci (Pengaruh permainan "tradisional" terhadap tingkat "kebugaran" untuk "siswa SMP"). Hasil literatur review yang dilakukan menunjukkan Hasil dari penelitian menunjukkan variable (1) Permainan tradisional memiliki hubungan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa, (2) Beberapa permainan tradisional dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa, yaitu bebentengan, ucing-ucingan, boy-boyan, engklek, gobak sodor, lempar kaleng, dan punek-pukak, (3) Terdapat hubungan signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa karena dari penerapan permainan tradisional. Simpulan: meningkatkan kebugaran jasmani memiliki banyak cara salah satunya dengan menerapkan permainan tradisional melalui perantara dalam pembelajaran penjas yang ada di sekolahan. Peran guru penjas dan orang tua sangat mendukung dalam mencapai tingkat kebugaran jasmani sebagai bentuk dari peran eksternal.

References

Adi, S., Supriyadi, & Masgumelar, N. K. (2020). Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. In Google Books (p. 37). Wineka Media. h

Aldiansyah, R., & Asriansyah. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Vii Smp Negeri 51 Palembang. 3(I).

Arifin, L. T., & Haris, I. N. (2018). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Viii Smpn 1 Ciasem Kabupaten Subang. 4(1).

Arifin, S. (2017). Internalisasi Sportivitas pada Pendidikan Jasmani. 4.

Bass, R. W., Brown, D. D., Laurson, K. R., & Coleman, M. M. (2013). Kesehatan fisik dan prestasi akademis pada siswa sekolah menengah. April.

Berutu, N. K. (2015). Seminar nasional pendidikan. Manajemen Konflik Dalam Organisasi, 1(0711), 864.

Budiwanto, S. (2012). Metodologi Latihan Olahraga.

Curran, T., & Standage, M. (2017). The authors are with the Centre for Motivation Psychological Needs and the Quality of Student Engagement in Physical Education: Teachers as Key Facilitators. Journal of Teaching in Physical Education, 36, 262–276.

de Greeff, J. W., Bosker, R. J., Oosterlaan, J., Visscher, C., & Hartman, E. (2018). Effects of physical activity on executive functions, attention and academic performance in preadolescent children: a meta-analysis. Journal of Science and Medicine in Sport, 21(5), 501–507. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2017.09.595

Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development (CPD) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. InternationalL Conference on Education.

Hanief, Y. N., & Sugito. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://¬doi.org/¬10.¬29407-/¬js_unpgri.v1i1.575

Iswinarti. (2017). Permaian Tradisonal: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis (p. 7). UMM Press.

Koc, Y. (2017). The Effect of “Physical Education and Sport Culture” Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p200

Kurniawan, M. R. (2018). Permainan tradisional Yogyakarta sebagai sumber belajar alternatif berbasis kearifan lokal bagi pembelajaran di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 98. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2697

Mukholid, A. (2007). Pendidikan Jasmani & olahraga. YUDHISTIRA.

Munawaroh, S., Hamoko, A. D., Susilantini, E., Triwahyono, T., & Sujarno. (2011). Jurnal Sejarah dan BudayaNo. Jantra, VI. No. 12. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Ngabidin, M. (2021). Mekar Berseri Di Masa Pandemi. CV. Budi Utama.

Permana, R. (2020). Teori & Praktik Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi (p. 8). Edu Publisher.

Prasetyo, A. M. (2019). Hubungan Antara Status Gizi dan Durasi Tidur Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Sport Science and Health, 1(3), 516–521. http://journal2.um.ac.id/-index.¬php/jfik/article/view/11362

Putra, E. P., Syafrial, & Sofino. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Power Otot Tungkai Siswi dI SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Tahun 2017/2018.

Rauner, A., & Mess, F. (2013). Hubungan antara aktivitas fisik , kebugaran fisik dan kelebihan berat badan pada remaja : tinjauan sistematis studi yang diterbitkan pada atau setelah tahun 2000. 1–9.

Salam, A. F. B., Yunus, M., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD. Sport Science and Health, 1(3), 243–250. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11362

Sepriani, R., Rosmaneli, & Asnaldi, A. (2016). Efektivitas Minum Energi Terhadap Daya Tahan Aerobik. 175–188.

Sulistiono, A. A. (2014). Prediksi Aktivitas Fisik Sehari-Hari, Umur, Tinggi, Berat Badan dan Jenis Kelamin terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP di Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 380. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.152

Swartz, M. K. (2011). The PRISMA Statement: A Guideline for Systematic Reviews and Meta-Analyses. 4239(1), 148–175.

Undang-Undang, N. 20 T. 2003. (2003). 2003, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. 4, 147–173.

Usli, L., Rusmana, R., Komarudin, D., & Gunawan, G. (2019). Peran Permainan Tradisional Olahraga Tradisional Hadang Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Segar, 11–14.

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.

Downloads

Published

16-02-2022

Issue

Section

Articles