Dampak Bullying terhadap Konsep Diri Pelajar: Sebuah Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.17977/um070v4i62024p274-278Keywords:
bullying, self-concept, studentAbstract
Self-concept becomes the most important thing for students. Because self-concept can determine what kind of behavior will be shown by a person. A positive self-concept will make individuals avoid negative behavior, while a negative self-concept can make individuals take deviant actions. One of the factors that affects self-concept is bullying. This is worth discussing because bullying is one of the cases that are often found in school environments. The purpose of this research is to examine the impact of bullying on student self-concept. This research uses a literature review method with descriptive analysis. The results of this study found that bullying has an impact on student self-concept. The impacts that arise are low self-esteem, having negative self-evaluation, hating oneself, having no self-respect, stress, and a tendency to withdraw from the social environment. The suggestion from this research is that it is necessary to further examine the impact of bullying on the self-concept of female and male students.
Abstrak
Konsep diri menjadi hal yang terpenting bagi seorang pelajar. Sebab konsep diri dapat menentukan perilaku seperti apa yang akan diperlihatkan oleh seseorang. Konsep diri yang positif akan membuat individu terhindar dari perilaku negatif, sedangkan konsep diri negatif dapat membuat individu melakukan tindakan menyimpang. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsep diri adalah bullying. Hal ini patut menjadi pembahasan dikarenakan bullying merupakan salah satu kasus yang sering dijumpai di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak bullying terhadap konsep diri pelajar. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menemukan hasil bahwasannya bullying membawa dampak kepada konsep diri pelajar. Dampak yang timbul adalah harga diri yang rendah, memiliki evaluasi diri yang negatif, membenci diri sendiri, tidak memiliki rasa hormat kepada dirinya sendiri, stress, dan kecenderungan menarik diri dari lingkungan sosial. Saran dari penelitian ini adalah perlunya diteliti lebih dalam mengenai dampak bullying konsep diri pelajar perempuan dan laki-laki.
References
Herdyanti, F., & Margaretha, M. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 92-98.
Fadhliyah, N., Alini, A., & Virgo, G. (2022). Hubungan Body Shaming Dengan Konsep Diri Pada Siswa/I Di Smk Negeri 1 Kuok Tahun 2021. SEHAT: Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(1), 9-16.
Wijayanto, G. A., & Hidayati, E. (2021). Konsep Diri Pada Remaja yang mengalami Bullying. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 503-509.
Sari, A. P., & Jatiningsih, O. (2015). Konsep diri pelaku dan korban bullying pada siswa SMP Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(3), 1194-1209.
Thalib, S. B., Thalib, T., & Makkatenni, N. H. (2021). Perundungan pada Siswa SMP, Dinamika Kontrol Diri dan Konsep Diri: Faktor, Dampak dan Usaha Penanggulangan. Jurnal Psikologi Karakter, 1(2), 83-93.
Nugroho, F. T. (2022). Hubungan Perilaku Bullying Terhadap Konsep Diri Remaja di Kelurahan Pilangbango Kota Madiun. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(1), 1-7.
Hidayati, L. N., & Wahyuni, S. (2023). The impact of bullying on adolescent self-concept. Bali Medical Journal, 12(1), 462-466.
Rilla, E. V. (2018). Hubungan bullying dengan konsep diri remaja di SMP Negeri 5 Garut tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 9(2), 66-74.
Hastuti, R. Y., Permatasari, D., & Rahmawati, S. N. (2021). The Relationship Between Bullying Experience and Self-Concept among Adolescents. Indonesian Journal of Global Health Research, 3(1), 57-64.
Sari, M., & Halik, A. (2022). Hubungan Permasalahan Konsep Diri Remaja dengan Pembinaan Orang Tua. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 4(1), 18-29.
Galán-Arroyo, C., Gómez-Paniagua, S., Contreras-Barraza, N., Adsuar, J. C., Olivares, P. R., & Rojo-Ramos, J. (2023, August). Bullying and self-concept, factors affecting the mental health of school adolescents. In Healthcare (Vol. 11, No. 15, p. 2214). MDPI.
Mita Agustianda. (2018). Pengaruh Korban Bullying Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMPN 2 Srengat Tahun Ajaran 2016/2017. (Skripsi Sarjana, Universitas Nusantara PGRI Kediri). http://simki.unpkediri.ac.id/detail/12.1.01.01.0147
Ningsih, S. D., Eleonora, R. D., & Tobing, P. A. L. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 83-95.
ZAINAL, A. P. (2022). Efektivitas Konseling Gestalt Dengan Teknik Empty Chair Untuk Mengurangi Perilaku Menarik Diri (Withdrawal) Siswa Korban Bullyingdi Sma Negeri 2 Jeneponto Kabupaten Jeneponto.
Misykah, Z., Wahyuni, N., Panggabean, D. S., & Widyastija, D. (2023). Identifikasi Anak dengan Gangguan Psikologis Akibat Bullying pada Siswa Sekolah Dasar: Strategi Dampak dan Intervensi. Bima Journal of Elementary Education, 1(1), 9-14.
Yulianti, Y., Pakpahan, I., Angraini, D., Ayunabilla, R., Febia, A. A., & Habibi, M. I. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 153-160.
Nilasari, D. A., & Setiawati, D (2022). Studi Konseling Perilaku untuk Meningkatkan Asertif Korban Bullying di SMP. Jurnal BK UNESA, 12(2),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novian Arif Ramadhan, Rakhmaditya Dewi Noorizki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.