ANALISIS KEBUTUHAN E-LKPD TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING DAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Herli Gusmita Utami Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Emiliannur Emiliannur Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Keywords:

E-LKPD, Problem-based learning, Etnosains, Berpikir kritis

Abstract

21st-century learning requires the younger generation to master critical thinking skills in order to face complex global challenges. However, at SMAN 1 Tebo, students' critical thinking skills are still low due to uninteresting teaching materials. Therefore, it is necessary to update teaching materials and learning models, such as E-LKPD based on Problem-Based Learning (PBL), which can increase students' active participation, deepen their understanding of physics concepts, and encourage analytical and problem-solving skills. The ethnoscience approach is also expected to integrate local wisdom to increase the relevance of physics materials to students' daily lives. This study aims to identify the need for teaching materials, assess students' critical thinking skills, and determine effective learning models to overcome them.

References

Ahmad Fahrudin, & Eka Maryam. (2022). Review analisis pendidikan fisika berbasis etnosains, budaya, dan kearifan lokal di Indonesia. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.126

Dasmasela, F. X. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis problem based learning dalam pokok bahasan suhu dan kalor kelas XI. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 28–33. https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10468

Diana, R., & Makiyah, Y. S. (2021). Efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi interferensi celah ganda. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 48–54. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf48

Ermayanti, & Sulisworo, D. (2016). Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Quantum(42), 175–181.

Handayani, E. S. (2022). Pengembangan e-modul fisika terintegrasi STEM untuk melatih kemampuan berfikir kritis pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Skripsi.

Herawati, et al. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 165–177.

Nur, S. F., et al. (2023). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berpendekatan etnosains terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16312–16322.

Permana, I., et al. (2023). Pengembangan e-LKPD dengan problem based learning pada subtema manusia dan lingkungan berbasis Liveworksheet. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 2968–2974.

Radjawane, M. M., et al. (2022). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. SMA/MA kelas XI.

Rerung, N., et al. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Research & Learning in Primary Education.

Sarjono. (2017). Internalisasi berpikir kritis dalam pembelajaran fisika. Jurnal Madaniyah.

Sianturi, A., et al. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(1), 29–42.

Silla, E. M., et al. (2023). Kajian etnosains pada makanan khas usaku (tepung jagung) sebagai media belajar fisika. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 30–39. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.2060

Sulardi, S., et al. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model problem based learning (PBL) untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(1), 802. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p802-810

Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor dalam pembelajaran fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11445

Syafitri, E., et al. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Ufairiah, Q. R., & Laksanawati, W. D. (2020). Identifikasi masalah kemampuan berpikir kritis siswa guna mengetahui pengaruh model dan pendekatan pembelajaran. Jurnal UNSIQ, 2(1), 75–82. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/download/1378/821

Downloads

Published

04-02-2025

How to Cite

Utami, H. G. ., & Emiliannur, E. (2025). ANALISIS KEBUTUHAN E-LKPD TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING DAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 5(1), 1. Retrieved from https://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/6459

Issue

Section

Articles