IMPLEMENTASI PENDEKATAN CRT DALAM MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS V SDN PANDANWANGI 1

Authors

  • Widya Yuliani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p5

Keywords:

Culturally Responsive Teaching (CRT), Project Based Learning (PJBL), IPAS, Peningkatan pembelajaran, Inklusivitas budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) dalam model Project-Based Learning (PJBL) di lingkungan Sekolah Dasar. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus dipilih untuk menggali dampak praktik pembelajaran CRT dalam konteks kehidupan nyata di kelas. Melalui observasidan tes hasil belajar, data berkualitas dikumpulkan dan dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Penelitian ini mencakup tiga tahap: perencanaan, pelaksanaandan refleksi, dengan dua siklus tindakan dilaksanakan. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai rata-rata, jumlah ketuntasandan presentase ketuntasan siswa dari Pra Siklus hingga Siklus II. Penerapan pendekatan CRT dalam PJBL meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterlibatan siswadan pengembangan keterampilan sosial dan abad ke-21. Integrasi antara CRT dan PJBL membuktikan keefektifan dalam membangun suasana pembelajaran yang inklusif dan sesuai bagi keberagaman budaya siswa. Namun, tantangan dalam implementasi dan dukungan yang diperlukan untuk guru, sekolah, orang tuadan masyarakat juga teridentifikasi. Kesimpulannya, pendekatan CRT dalam PJBL memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya pemahaman tentang pembelajaran inklusif yang berpusat pada siswa dan relevan bagi keberagaman budaya.

References

Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Anggo, A. Y., Santoso, G., Wuriani, D., Nurwahidah, & Bosawer, A. (2023). Mengidentifikasi Peluang dan Tantangan yang Muncul dari Keragaman Budaya Indonesia Secara Mandiri dan Critical Thingking. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(04), 310–331. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/630%0Ahttps://jupetra.org/index.php/jpt/article/down-load/630/310

Hutchison, L., & McAlister-Shields, L. (2020). Culturally responsive teaching: Its application in higher education environments. Education Sciences, 10(5), 1–12. https://doi.org/10.3390/educsci10050124

Khairunida, D. D., Damanik, F. H. S., Daroini, M., Khoir, Q., & Fauziyah, N. L. (2023). Pendidikan Multikultural di Kelas Global: Strategi Pengajaran Responsif Budaya. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 3(2), 1857–1863. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i2.2397

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi pendekatan pembelajaran culturally responsive teaching pada mata pelajaran ppkn kelas v sekolah dasar.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. http://ejournal.unikama.ac.id-/index.php/JPPI

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Yuliani, W. . (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN CRT DALAM MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS V SDN PANDANWANGI 1. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(5), 5. https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p5

Issue

Section

Articles