SHOPPING LIST PAPER (SLP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS IX D SMPN 4 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p3Keywords:
Menulis, Gagasan, SLPAbstract
Penggunaan media SLP terbukti bermanfaat dalam membantu siswa mengatasi kendala dalam menentukan dan mengembangkan gagasan hingga menjadi sebuah tulisan utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan media SLP dalam pembelajaran menulis teks tanggapan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang melibatkan deskripsi dari pembelajaran yang dilakukan serta hasil dari teks tanggapan yang dihasilkan. Data dikumpulkan melalui tahap observasi dan dokumentasi, melibatkan siswa kelas IX-D di SMPN 4 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media SLP efektif dalam memusatkan perhatian siswa pada konsep dan peristiwa, sehingga mereka lebih mampu memberikan tanggapan kritis terhadap fenomena atau karya yang ditinjau. Media ini juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, sebagaimana dibuktikan oleh rata-rata nilai siswa sebesar 85,78 dengan empat kategori penilaian.
References
Hasnindah. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Materi Membuat Karangan Melalui Media Gambar Seri pada Murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar. Jurnal. Makassar: FIP UNM.
Kosasih, Engkos. 2013. Mandiri Mengasah Kemampuan Diri Bahasa Indonesia SMP/MTS kelas VII. Jakarta : Erlangga
Litduitna, R. S., Tarigan, n., Saleh, k., & Muslim, M. (2020). Perbedaan Antara Media Konvensional Dan Video Tutorial Dalam Menggambar Bentuk Di SMA Negeri 1 Kutalimbaru. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 166.
https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18781
Nastiti, Faulinda, and Aghni Abdu. Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2020).
Nawawi.2005.Penelitian Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada University Press.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesias Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia Group.
Wirana, R., Abdi, A. dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa kelas IX SMA Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi. 5(4)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.