PENGEMBANGAN DESAIN HYPHOTETICAL LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN MEDIA KARAWITAN DI SMP NEGERI 1 JABUNG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p4Keywords:
HLT, Realistik, KarawitanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran HLT matematika realistik menggunakan media karawitan di SMP Negeri 1 Jabung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pendekatan R&D (Research and Developement) dengan model Gravermeijer dan Cobb, dengan tiga tahap yakni prelimenary design, design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 1 Jabung, Desa Jabung, Kabupaten Malang pada siswa kelas 9D dengan total 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa desain HLT yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif. Desain HLT memenuhi kriteria valid berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa dengan persentase 95,3%. Desain HLT memenuhi kriteria efektif berdasarkan persentase ketercapaian pembelajara berdasarkan jawaban LAS pada seluruh aktivitas adalah 97,2%, angket respon siswa dengan nilai persentase rata-rata 86,8%, persentase tes hasil belajar yang menunjukkan bahwa 86,2% siswa mendapat nilai di atas KKM serta hasil observasi menyatakan bahwa komponen pendekatan matematika realistik menggunakan media karawitan terlaksana pada proses pembelajaran yang berlangsung.
References
Andriyani, & Maulana, M. (2019). Cubaritme in the trajectory learning of multiplication concept. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012049
Anggraini, M., Fauzan, A., & Musdi, E. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Peluang Berbasis Realistic Mathematics Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1612
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org-/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Dewi, S. A. K. (2012). Kecamatan Jabung Kabupaten Malang ( Tinjauan Gaya Penyajian Misdi ). APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 01, 1–11.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. (2019). Gamelan Jawa, Seni Musik. Http://Encyclopedia.Jakarta-Tourism.Go.Id/Post/Gamelan-Jawa--Seni-Musik?Lang=Id, 404 M, 4.
Erlina. (2018). Pengembangan learning trajectory melalui pendekatan kontekstual pokok bahasan bangun ruang di smp negeri 1 angkola selatan.
Hadila, R., Sukirwan, & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–63. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2172
Hendrik, A. I., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2020). Kajian Hypothetical Learning Trajectories dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org-/10.35508/fractal.v1i1.2683
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Kemendikbud. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf
Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 51.
Priatna, N. (2018). Karakteristik Matematika dan Siswa SD. Universitas Pendidikan Indonesia, 47–65.
Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.-go.id/#2019!sma!capaian_nasional!03&05&999!a&03&T&T&1&!1!&.
Rahayuningtyas, W. (2018). Pewarisan Budaya melalui Wayang Topeng di Kabupaten Malang. Pakistan Research Journal of Management Sciences, 7(5), 1–2. http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep-7Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3rLJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp://amg.um.dk/~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/S
Refianti, R., & Adha, I. (2018). Learning Trajectory Pembelajaran Luas Permukaan Kubus dan Balok. Journal Of Mathematics Science and Education, 1(1), 24–37.
Rezky, R. (2019). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 762–769. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.364
Simamora, N. I. (2021). Pengembangan Lintasan Belajar Pokok Bahasan Segitiga Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Kelas Vii Di Mts Negeri 1 Padangsidimpuan. 2(Sendiksa 2), 49–58.
Suardipa, I. P., Handayani, N. L., & Indrawati, I. M. (2021). Pembelajaran Learning Trajectory Berbasis Ethnomathematics. Widyanata, 3(1), 37–46.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sukesi. (2010). Musikalitas Karawitan Jawa Timuran. Lakon: Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang: Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang, VII(1), 85–107.
Surya, A. (2019). Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22–26.
Torang, S. (2016). Fungsi-fungsi nilai budaya lokal pada organisasi publik. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 29(3), 167. https://doi.org/10.20473/mkp.v29i32016.167-173
Yanti, R., & Nasution, M. (2021). Pengembangan Lintasan Belajar Pada Pokok Bahasan Perbandingan Di Smp Negeri 11 Padangsidimpuan Dengan Pendekatan Realistik. 2(2016), 1983.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.