ANALISIS PENERAPAN SCAFFOLDING PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) DI SMKN 10 MALANG

Authors

  • Nur Elifianita Susanti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Indah Wahyu Puji Utami Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Diyah Yudha Trisanti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p2

Keywords:

Scaffolding, Zone of Proximal Development (ZPD), Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), SMKN 10 Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMKN 10 Malang, dengan fokus pada kegiatan outing class. Kegiatan ini melibatkan peserta didik kelas X dari jurusan Teknik Pengelasan, Desain Komunikasi Visual, dan Ototronik pada tanggal 5 – 7 Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, dan teknik analisis data yang diterapkan adalah triangulasi teori. Hasil analisis menunjukkan bahwa outing class di SMKN 10 Malang telah menerapkan konsep scaffolding pada ZPD. Melalui kegiatan collaborative project-based learning, peserta didik dibimbing untuk meningkatkan kemampuan kognitif dari memahami hingga menganalisis dan mengkomunikasikan informasi ke dalam suatu karya. Bantuan yang diberikan berasal dari guru, ahli bidang kebudayaan, dan rekan sebaya, dengan guru memberikan scaffolding melalui LKPD yang mengarahkan peserta didik untuk membangun pemahaman tentang Situs Patirtan Ngawonggo dan Candi Kidal.

References

Ardama, R.N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Sistem Blok pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Darul Kamal. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

Data Pokok Pendidikan. (2024). Data Sekolah di Kota Malang. (Online), (https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/056100), diakses 4 Februari 2024.

Data Pokok Pendidikan. (2024). SMKN 10 Malang. (Online), (https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/94a049a8-db13-4e10-aeb9-a16cab906f5c), diakses pada 5 Maret 2024.

Febriani, A & Shaliha, S. (2023). Matakuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

KEMENDIKBUD RI, (2024). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. (Online), (https://www.youtube.com/watch?v=K0AljvvVoaE), diakses pada 4 Maret 2024.

Khafida, Z.L & Zakiyah, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Profil Pelajar Pancasila Melalui Keterampilan Berbahasa di SMK Putra Indonesia Kota Malang. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Kurikulum Merdeka. (2024). Peta Sebaran Pelaksana IKM. (Online), (https://kurikulum.kemdikbud.go.id/pelaksana-ikm/), diakses 4 Februari 2024.

Kurniadi, O & Muskhir, M. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Blok dalam Kurikulum Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 149¯ 155.

Mawardi, I & Sutopo. (2019). Evaluasi Penerapan Pembelajaran Sistem Blok di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 7(2), 127¯ 134.

Nathasia, H & Abadi, M. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 227¯ 245.

Northeast and Islands Regional Educational Lab. At Brown Univ., Providence, RI. (1998). Block Scheduling: Innovations with Time: Themes in Education Series. Providence: Brown University.

Oktavia, H. (2022). Disdikbud Sebut Kurikulum Merdeka Sudah Diterapkan Efektif di Kota Malang. (Online), (https://rri.co.id/malang/daerah/63077/disdikbud-sebut-kurikulum-merdeka-sudah-diterapkan-efektif-di-kota-malang), diakses pada 3 Maret 2024.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Putri, S.I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Vygotsky, L. (2012). Thought and Language (Revised and Expanded Edition). London: MIT Press.

Wibowo, A.D., Haetami, M., Hidasari, F.P. (2019) Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Sistem Blok pada Pembelajaran Penjas di SMTI Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1¯ 8.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition. (Penerjemah: Drs. Helly Prajitno Soetjipto, M.A & Dra. Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Elifianita Susanti, N., Wahyu Puji Utami, I. ., & Yudha Trisanti, D. . (2024). ANALISIS PENERAPAN SCAFFOLDING PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) DI SMKN 10 MALANG. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(5), 2. https://doi.org/10.17977/um067v4i52024p2

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)