PENGEMBANGAN UKBM-EL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Authors

  • I Wayan Agung K S Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p5

Keywords:

UKBM-El, problem based learning, berpikir kritis

Abstract

Perkembangan pendidikan IPA abad ke-21 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan 4C, salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis (KBK). Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di SMPN 17 Malang, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan UKBM-El berbasis Problem Based Learning pada materi Unsur, Senyawa, dan Campuran untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 17 Malang. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKBM-El yang telah dikembangkan valid dan praktis dengan nilai validitas materi sebesar 100%, nilai validitas media sebesar 90,2%, dan nilai validitas perangkat pembelajaran sebesar 92,3%. Uji coba produk dilakukan melalui tahapan one-to-one trial dan field trial, yang menghasilkan rerata nilai kepraktisan sebesar 93,7%.

References

Adnan, Muharram, & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Pengembangan E-Book Biologi.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Andriyani, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2014). Pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Biologi.

Bernadina, A., Bunga, Y. N., & Mago, O. Y. T. (2022). PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.55241/spibio.v3i1.57

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53).

Ennis, R.H. (2015). Critical Thinking: A Streamlined Conception. In: Davies, M., Barnett, R. (eds) The Palgrave Handbook of Critical Thinking in Higher Education. Palgrave Macmillan, New York. https://doi.org/10.1057/9781137378057_2

Ernawatiningsih, E. (2021). Pengaruh Efektifiktas Ukbm Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Kelas X Siswa Man Bangkalan. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(3), 309–314. https://doi.org/10.51878/science.v1i3.691

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi , H. Y., & Ayu, H. D. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39 - 53.

Kemendikbud. (2017). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) ©2017-Direktorat Pembinaan SMA. 3.

Khasanah, I., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57

Kurniawati, U. L. (2019). Efektivitas Pelaksanaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) pada Pembelajaran Matematika di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muhdhar, M. H. I. A., Wardhani, Y. S., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Supriatin, S. W. (2021). Improved collaborative skills and environmental literacy through the E-UKBM of surrounding nature exploration. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043097

Piliang, F., M. Akbar Pisnaji, Shintiya Az-Zahra, & M. Feby Khoiru Sidqi. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Fisika Terhadap Hasil Belajar di SMA N 5 Kota Jambi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.417

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 147–154. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2032

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 124. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5134

Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13).

Downloads

Published

29-02-2024

How to Cite

Agung K S, I. W. (2024). PENGEMBANGAN UKBM-EL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(2), 5. https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p5

Issue

Section

Articles