ANALISIS KESIAPAN SISWA KELAS V SD DALAM MENGHADAPI ASESMEN BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI DI KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p3Keywords:
Asesmen, teknologi informasi, Sekolah DasarAbstract
Teknologi sangat bermanfaat di bidang pendidikan, khususnya dalam melaksanakan proses asesmen. Penggunaan teknologi dalam proses asesmen diharapkan dapat mempermudah peserta didik maupun guru untuk mendapatkan pengukuran kemampuan peserta didik pada suatu kompetensi dengan hasil yang cepat, mudah, dan akurat. Untuk memanfaatkan teknologi dalam proses asesmen, perlu dilakukan analisis kesiapan peserta didik dalam menghadapi asesmen yang berbantuan teknologi informasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesiapan peserta didik di Kabupaten Malang dalam menghadapi asesmen berbantuan teknologi informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang berasal dari angket yang diisi oleh siswa-siswi kelas V SD di Kabupaten Malang. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, siswa SD kelas V di Kabupaten Malang berada pada kategori siap untuk melaksanakan asesmen berbantuan teknologi informasi.
References
Ambiyar, A., & Panyahuti, P. (2020). Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer dan Android. kencana.
Anwar, U. S., Yayat, Y. R., & Isti, I. R. (2022). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dengan Kompetensi It Guru Terhadap Assesment Nasional Berbasis Komputer (Anbk). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(2), 224. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i2.52638
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, 658–667. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3096
Farolai, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan Dasar-Dasar Komputer Sebagai Persiapan Menyambut Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Pada Siswa SD Negeri 218 Congkoe. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43–47. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2525
Ghan, S., & Zharfa, M. (2020). Pengaruh Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Motivasi Belajar Perserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 184–196.
Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). Model Asesmen Alternatif Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 280–290. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4252
Hildegardis, C., Soludale, A. M. N., Wara, F. A., & Tandafatu, M. C. (2022). Pendampingan Siswa dalam Penggunaan Perangkat Komputer Persiapan ANBK SDK Maumere 2 Kabupaten Sikka. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 54. https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i2.2480
Hutahaean, J., Mulyani, N., Azhar, Z., Khairani Nasution, A., Zulaika, T., Pane, A., Informasi, P. S., Kisaran, R., & Kisaran, I. (2022). Pengenalan Komputer Pada Persiapan Pelaksanaan Anbk Di Sd Swasta Panti Budaya Kisaran. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1722–1731. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/7671
Ismaniati, C. (2013). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 15. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr. Christina Ismaniati, M.Pd./Penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran.pdf
Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229–234. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.372
Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 19. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11717
Manik, M. (2022). Kesiapan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–10. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/asatiza
Maulida, K., & Wirdanengsih, W. (2019). Upaya yang dilakukan sekolah di daerah terpencil menghadapi kebijakanUNBK. Jurnal Perspektif, 2(3),243-250.http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v2i3.96
Rahmawati, K., Nurhidayah, A. B., Syaharani, N. A., Matheos, Y., Malaikosa, L., & Dinar Permata, S. (2021). Education and Learning of Elementary School (ELES) VOL Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik. 02(01).
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Santoso, S., Ramdhan, W., & Rahayu, E. (2021). Pelatihan Keterampilan Dasar Menggunakan Komputer Pada Persiapan Pelaksanaan ANBK SD Muhammadiyah I Kisaran Tahun 2021. … Sosial Dan Teknologi …, 1(2), 171–176. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/view/778%0Ahttp://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/viewFile/778/635
Widiawati, N., & Wahyuningtyas, N. (2022). Asesmen Pembelajaran selama Masa Pandemi : A Systematic Literature Review Learning Assessment during a Pandemic : A Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 165–177.
Wulan Sari, S., & Arnidha, Y. (2022). Analisis Pelaksanaan ANBK Ditinjau Dari Hasil Literasi Membaca Dan Literasi Numerasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.258
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.