STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TEKS TANGGAPAN MENGGUNAKAN LITERACY CLOUD DI SMPN 5 KARANGPLOSO
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i12024p5Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Teks Tanggapan, Literacy CloudAbstract
Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang semakin populer adalah Literacy Cloud, sebuah platform digital yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa melalui berbagai aktivitas berbasis teks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Literacy Cloud di SMPN 5 Karangploso, dengan fokus pada pembelajaran teks tanggapan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian, peneliti menyadari bahwa perlu adanya perombakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Peneliti menemukan bahwa penggunaan Literacy Cloud dengan konten audio visual dapat menjadi strategi yang efektif untuk menarik minat belajar peserta didik, terutama yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial.
References
Basar, A. M. (2022). Meningkatkan Budaya Membaca Melalui Literacy Cloud. Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education, 5(1), 12-25.
Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561.
Ekaningtiass, P., Fitriani, H., Nurudin, M. N., & Akhodiyah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi Pada Materi Teks Prosedur Untuk Siswa Kelas Vii Smp. Journal On Education, 6(1), 841-847.
Elsola, D. A. N., & Wibawa, S. (2023). Pengembangan Media Monas Liclo (Monopoli Nasionalisme Dan Literacy Cloud) Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5901-5910.
Ernawati, Y., Muchti, A., Hidajati, E., Sari, A. P. I., Mayrita, H., Roza, A., ... & Facriansyah, M. (2022). Peningkatan Literasi Baca-Tulis Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Menggunakan Literacy Cloud: Identifikasi Tokoh Dan Watak Dalam Dongeng. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1471-1478.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Sebagai Landasan Pendidikan Vokasi Di Era Kurikulum Merdeka. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal Of Creative Student Research, 1(2), 81-91.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, November). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung Iv (Vol. 4, No. 1).
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.
Sayekti, O. M., Sujarwo, S., & Chang, Y. Y. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Digitalisasi Cerita Anak Bermuatan Budaya: Analisis Pada Aplikasi Literacy Cloud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 200-210.
Suba, I. M. (2022). Penerapan Program Satu Murid Satu Pohon Literasi Dengan Berbantuan Literacy Cloud Untuk Meningkatkan Minat Baca Murid Kelas Vic Sd Negeri 22 Dauh Puri. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(3), 283-292.
Suwandi, F. P. E., Rahmaningrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023, August). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, Pp. 57-66).
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118-126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.