PENERAPAN ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT DI X4 BRAWIJAYA SMART SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i12024p2Keywords:
Zone of Proximal Development, Sosiologi, Smart SchoolAbstract
Penerapan Zone of Proximal Development di kelas X4 Brawijaya Smart School bertujuan untuk memastikan peserta didik dapat mengembangkan potensi mereka seoptimal mungkin. Pendekatan ini menekankan pada pembimbingan dan pendampingan, dengan guru berperan sebagai fasilitator. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan penerapan Zone of Proximal Development di X4 Brawijaya Smart School secara terperinci. Penerapan ini mengubah peran guru dari pengajar menjadi pendamping dan pembimbing, memungkinkan peserta didik untuk berkembang sesuai minat, bakat, dan potensi mereka, sementara didampingi oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Zone of Proximal Development meningkatkan rasa penasaran dan motivasi belajar peserta didik, serta membantu mereka dalam memusatkan perhatian selama proses pembelajaran. Dengan demikian, transfer ilmu dari guru ke peserta didik dapat dilakukan secara maksimal, berkontribusi pada pengembangan potensi peserta didik.
References
Ardiawan, I. K. N., Kristina, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model pembelajaran jigsaw sebagai salah satu strategi pembelajaran pkn di sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–64.
Bodner, G. M. (1986). Constructivism: A theory of knowledge. Journal of Chemical Education, 63(10), 873. https://doi.org/10.1021/ed063p873
Creswell, John W. n.d. RESEARCH DESIGN, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed. SAGE Publication.
Fogarty, R. (1999). Architects of the Intellect. https://eric.ed.gov/?id=ED430683
Goma, B. A. (2006). Melejitkan Kepribadian Diri (Bagaimana Merubah Pribadi Rapuh Menjadi Pribadi Ampuh. Solo: Samudera.
Harahap, Nursapia. 2020. “Penelitian Kualitatif.”
Husnul, H. K., Eka, E. N., & Afifah, N. (2022). Stimulasi Zone of Proximal Development Anak Usia Dini Melalui Metode Eksplorasi. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2). https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/5626
Lutfiyah, L., & Putra, E. D. (2021). Struktur Berpikir Siswa Pada Zone of Proximal Development dalam Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(2), 71–79.
Mahfud, M. (2014). Program Pendidikan Karakter dan Pemaknaan Pengembangan Soft Skills di SMK NU Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp/article/view/1910
Santrock, J. (n.d.). W.(2014). Psikologi Pendidikan, Educational Psycology. Edisi 5-Buku 2. McGraw-Hill Education, Jakarta: Salemba Humanika.
Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Pematangsiantar TA 2022/2023. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 188–195.
Simbolon, E. T. (2018). Pentingnya keterampilan sosial dalam pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 40–52.
Wati, F. (2020). IMPLEMENTASI METODE SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(1), 67–81.
Daftar rujukan ditulis menggunakan gaya APA edisi keenam
De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin.
McKenzie, H., Boughton, M., Hayes, L., & Forsyth, S. (2008). Explaining the complexities and value of nursing practice and knowledge. In I. Morley & M. Crouch (Eds.), Knowledge as value: Illumination through critical prisms (pp. 209-224). Amsterdam, Netherlands: Rodopi.
Putra, E. M., Handarini, D. M., & Muslihati, M. (2019). Keefektifan achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62-68.
Scheinin, P. (2009). Using student assessment to improve teaching and educational policy. In M. O'Keefe, E. Webb, & K. Hoad (Eds.), Assessment and student learning: Collecting, interpreting and using data to inform teaching (pp. 12-14). Melbourne, Australia: Australian Council for Educational Research.
Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.