PEMANFAATAN 3D MAPS BERBASIS GOOGLE EARTH UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SPASIAL KEBENCANAAN DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p4Keywords:
3D maps, google earth, spasial KebencanaanAbstract
Edukasi kebencanaan merupakan salah satu bekal penting bagi masyarakat pesisir dalam menghadapi bencana tsunami, yang dapat dioptimalkan dengan melatih kecerdasan spasial melalui media interaktif peta. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development yang dikembangkan dengan model ADDIE, dan dilakukan di Pantai Damas, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran 3D Maps berbasis Google Earth sebagai alat yang mampu membangun kesadaran spasial terhadap bencana tsunami di kawasan Pantai Damas. Tampilan visual 3D mampu menarik minat belajar serta melatih kemampuan analisis spasial, terutama yang berkaitan dengan kebencanaan. Keunggulan media ini adalah dapat diakses di mana saja dan kapan saja menggunakan jaringan internet. Selain itu, visualisasi warna mampu menajamkan kemampuan spasial kebencanaan peserta didik, sehingga mereka dapat mengenali lokasi yang minim risiko bencana yang bisa digunakan sebagai tempat penyelamatan diri saat terjadi tsunami.
References
Alfarisi, M. A., Sunardi, & Kurniati, D. (2015). Kecerdasan Visual-Spasial Dalam Menyelesaikan Soal PISA Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jember Ditinjau dari Gender. Jurnal KadikmA, 6(3), 142–152. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5220
Chandra, D., Wilis, R., Frananda, H., Rahmi, L., Arif, D. A., Wijayanto, B., & Putra, A. (2019). Pembuatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Geografi. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 211–221. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2139
Dewi, Y. K. S., Handoyo, B., & Purwanto, P. (2021). Model problem based learning dengan geospatial information: Implementasi dalam pembelajaran Geografi dengan untuk kemampuan spatial thinking. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 388–398. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p388-398
Fitriana, E. (2021). Pendidikan Siaga Bencana: Pendekatan Dalam Pembelajaran Geografi. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 08. http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/204
Lahay, R. J., & Mohamad, N. (2020). Peta Puzzle 3D Berbasis Mobile Augmented Reality Sebagai Prototipe Media Pembelajaran Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4675
Marlyono, S. G., & Urfan, F. (2019). Optimalisasi kecerdasan spasial untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Pros. SemNas Peningkatan Mutu Pendididkan, 1(1), 441–449. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/114
Miftah, M. (2020). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 1, 059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227
Oktavianto, D. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Google Earth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemetaan Geologi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(1), 14–27. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i1.10353
Prabowo, D. A. (2019). Gim Edukasi Siaga Tsunami ( Gesit ) Berbasis Android. Informatics Engineering, 592. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/15407
Suprayogi, M. B. (n.d.). Pengembangan Media Diorama Geografi Pada Materi Penginderaan Jauh Kelas X untuk SMA / MA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.