PEMANFAATAN 3D MAPS BERBASIS GOOGLE EARTH UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SPASIAL KEBENCANAAN DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Queentasya Vanti Dian Kristanti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia
  • Alfyananda Kurnia Putra Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p4

Keywords:

3D maps, google earth, spasial Kebencanaan

Abstract

Edukasi kebencanaan merupakan salah satu bekal penting bagi masyarakat pesisir dalam menghadapi bencana tsunami, yang dapat dioptimalkan dengan melatih kecerdasan spasial melalui media interaktif peta. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development yang dikembangkan dengan model ADDIE, dan dilakukan di Pantai Damas, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran 3D Maps berbasis Google Earth sebagai alat yang mampu membangun kesadaran spasial terhadap bencana tsunami di kawasan Pantai Damas. Tampilan visual 3D mampu menarik minat belajar serta melatih kemampuan analisis spasial, terutama yang berkaitan dengan kebencanaan. Keunggulan media ini adalah dapat diakses di mana saja dan kapan saja menggunakan jaringan internet. Selain itu, visualisasi warna mampu menajamkan kemampuan spasial kebencanaan peserta didik, sehingga mereka dapat mengenali lokasi yang minim risiko bencana yang bisa digunakan sebagai tempat penyelamatan diri saat terjadi tsunami.

References

Alfarisi, M. A., Sunardi, & Kurniati, D. (2015). Kecerdasan Visual-Spasial Dalam Menyelesaikan Soal PISA Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jember Ditinjau dari Gender. Jurnal KadikmA, 6(3), 142–152. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5220

Chandra, D., Wilis, R., Frananda, H., Rahmi, L., Arif, D. A., Wijayanto, B., & Putra, A. (2019). Pembuatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Geografi. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 211–221. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2139

Dewi, Y. K. S., Handoyo, B., & Purwanto, P. (2021). Model problem based learning dengan geospatial information: Implementasi dalam pembelajaran Geografi dengan untuk kemampuan spatial thinking. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 388–398. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p388-398

Fitriana, E. (2021). Pendidikan Siaga Bencana: Pendekatan Dalam Pembelajaran Geografi. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 08. http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/204

Lahay, R. J., & Mohamad, N. (2020). Peta Puzzle 3D Berbasis Mobile Augmented Reality Sebagai Prototipe Media Pembelajaran Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4675

Marlyono, S. G., & Urfan, F. (2019). Optimalisasi kecerdasan spasial untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Pros. SemNas Peningkatan Mutu Pendididkan, 1(1), 441–449. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/114

Miftah, M. (2020). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 1, 059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227

Oktavianto, D. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Google Earth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemetaan Geologi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(1), 14–27. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i1.10353

Prabowo, D. A. (2019). Gim Edukasi Siaga Tsunami ( Gesit ) Berbasis Android. Informatics Engineering, 592. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/15407

Suprayogi, M. B. (n.d.). Pengembangan Media Diorama Geografi Pada Materi Penginderaan Jauh Kelas X untuk SMA / MA.

Downloads

Published

29-02-2024

How to Cite

Vanti Dian Kristanti, Q. ., & Kurnia Putra, A. . (2024). PEMANFAATAN 3D MAPS BERBASIS GOOGLE EARTH UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SPASIAL KEBENCANAAN DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(2), 4. https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p4

Issue

Section

Articles