PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RENANG INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KEGEMARAN BERENANG SISWA KELAS 5C SDN KASIN
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p1Keywords:
renang, media pembelajaran interaktif, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran renang interaktif dalam meningkatkan keterampilan dan kegemaran berenang siswa kelas 5C di SDN Kasin. Renang merupakan olahraga yang memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental yang signifikan, namun terdapat tantangan dalam meningkatkan aksesibilitasnya serta memotivasi anak-anak untuk belajar renang dan metode pembelajaran yang kurang interaktif dan menarik juga dapat menjadi penghambat dalam pengembangan kemampuan berenang siswa. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis tematik untuk memahami pengalaman dan persepsi siswa serta guru terkait penggunaan media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini didesain dengan konten dan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas 5C. Media tersebut mencakup tutorial renang yang disajikan secara visual menarik, permainan interaktif yang menguji keterampilan berenang, dan tes evaluasi untuk mengukur kemajuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berenang siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif. Selain itu, keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat, yang tercermin dari tingginya tingkat partisipasi dan antusiasme selama sesi pembelajaran. Guru juga melaporkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif membantu mereka dalam mengajar dengan lebih efektif dan menarik minat siswa terhadap pembelajaran renang.
References
Arifin, M. A. N., & Khory, F. D. (2024). Pengaruh Penerapan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8536-8542.
Armen, M., & Rahmadani, A. F. (2018). Kualitas materi dan aspek isi media pembelajaran renang gaya bebas berbasis macromedia flash 8 siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 7(1), 54-67.
Efendi, A. (2022). Pengembangan Multimedia Teknik Dasar Renang Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Kudus. Jurnal Penjaskesrek, 9(1), 52-63.
Endrawan, I. B., Martinus, M., Daryanto, Z. P., & Makorohim, M. F. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Renang Melalui Media Aplikasi Adobe Flash CS6. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 12(1), 68-81.
Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di MTs Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), 103-110.
Kurniawan, W., Amaliyah, A., & Hasan, N. (2023). Analisis Minat Siswa Kelas V terhadap Olahraga Renang di SDN Kadu Sempur Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 112-120.
Lutfianto, I., Herpandika, R. P., & Kurniawan, W. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Renang untuk Siswa Kelas X SMA Negeri di Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Saifudin, A., & Makrifah, I. A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Renang Gaya Bebas Kelas VII di MTs Sunan Kalijogo. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(1), 94-105.
Saputra, D. F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “SI PEMENANG “MENGGUNAKAN SOFTWARE ARTICULATESTORYLINE 3 BERBASIS ANDROID PADA MATERI RENANG PJOK. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR) (Vol. 8, No. 01).
Sriyatin, S. (2022). Upaya Pemanfaatan Media Kolam Renang sebagai Sarana Pembelajaran Renang Gaya Bebas pada Siswa Kelas IV SDN 3 Ternyang Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun 2021/2022. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP), 2(4), 303-306.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.