IMPLEMENTASI PBL-STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Siti Nurhalizah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nuril Munfaridah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Siti Mudaiyah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p2

Keywords:

Berpikir kreatif, design grafis, media canva

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi model pembelajaran PBL-STAD dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa SMP. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang dampak model pembelajaran tersebut terhadap keterampilan berfikir kreatif siswa. Langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan awal, implementasi model PBL-STAD, pengumpulan data melalui tes awal, observasi kelas, wawancara, dan kuesioner, serta analisis data dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berfikir kreatif siswa setelah menerapkan model pembelajaran PBL-STAD. Kombinasi antara pembelajaran berbasis masalah dan kerja sama dalam kelompok menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang kreativitas siswa. Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran juga terbukti penting dalam mendukung perkembangan keterampilan berfikir kreatif siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat mengadopsi model PBL-STAD dalam merancang pembelajaran yang mempromosikan keterampilan berfikir kreatif siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga dalam memahami potensi model pembelajaran PBL-STAD untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa SMP, serta memiliki implikasi penting dalam pengembangan praktik pembelajaran di tingkat sekolah menengah pertama.

References

Ali, S. S. (2019). Problem based learning: A student-centered approach. English language teaching, 12(5), 73-78.

Amabile, T. M. (1985). Motivation and creativity: Effects of motivational orientation on creative writers. Journal of personality and social psychology, 48(2), 393.

Andini, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran problem based learning (PBL) Untuk Meningkatkan kemampun berpikir kreatif peserta didik kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang kabupaten soppeng.

Anjani, A. D., Senjayawati, E., & Suciati, O. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 879-888.

Chen, S. Y., Lai, C. F., Lai, Y. H., & Su, Y. S. (2022). Effect of project-based learning on development of students’ creative thinking. The International Journal of Electrical Engineering & Education, 59(3), 232-250.

Davies, D., Jindal-Snape, D., Collier, C., Digby, R., Hay, P., & Howe, A. (2013). Creative learning environments in education—A systematic literature review. Thinking skills and creativity, 8, 80-91.

Gafour, O., & Gafour, W. (2020). Creative thinking skills–A review article. Journal of Education and e-Learning, 4(1), 44-58.

Gaspar, D., & Mabic, M. (2015). Creativity in Higher Education. Universal Journal of Educational Research, 3(9), 598-605.

Hamidah, L. 2023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI CERITA RAKYAT KELAS IV DI MIN 1 KOTA TANGERANG SELATAN (Bachelor's thesis).

Hindun, I., & Husamah, H. (2019). Implementasi STAD-PjBL untuk meningkatkan kreativitas produk mahasiswa calon guru biologi. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 139-154.

Jurotun, J. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL-STAD berbantuan Geogebra Materi Program Linier Kelas XI MIPA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 35-46.

Lubis, E. S. (2024). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division dan Model Pembelajaran Inkuiri. Journal on Education, 6(3), 17039-17044.

Ningsih, S. R., Disman, D., Ahman, E., Suwatno, S., & Riswanto, A. (2020). Effectiveness of using the project-based learning model in improving creative-thinking ability. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 1628-1635.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.

Tabatabaei, O., & Heidari Shahreza, M. A. (2022). Using the STAD Model of Instruction to Enhance Learners’ General Achievement and Creativity. Journal of Language and Translation, 12(1), 125-139.

Tan, O. S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Gale Cengage Learning.

Ulfa, J. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Vijayakumar Bharathi, S., & Pande, M. B. (2024). Does constructivism learning approach lead to developing creative thinking skills? The mediating role of online collaborative learning environments. Journal of Computers in Education, 1-37.

Downloads

Published

29-02-2024

How to Cite

Nurhalizah, S. ., Munfaridah, N. ., & Mudaiyah, S. (2024). IMPLEMENTASI PBL-STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(2), 2. https://doi.org/10.17977/um067v4i22024p2

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.