PENGEMBANGAN POSTER INTERAKTIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Authors

  • Annysa Nur Layly Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nunung Fadilah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Urfa Zakiyyah Uyunin Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mamila Putri Hapsari Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Andar Nur Cahyani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sumari Sumari Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v4i12024p4

Keywords:

Poster Interaktif, Motivasi belajar siswa, Sistem pencernaan manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media poster interaktif materi sistem pencernaan manusia, mengetahui kelayakan media poster interaktif, dan mengetahui kepraktisan serta keterbacaan media tersebut. Jenis penelitian ini merupakan R&D (Research & Development) yang menggunakan model pengembangan 4D: Define, Design, Development, Distribution, dengan pencapaian hingga tahap development. Data kelayakan media diperoleh melalui angket uji validasi yang diisi oleh ahli media dan ahli materi IPA, sementara data kepraktisan dan keterbacaan diperoleh melalui angket uji dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media dan ahli materi mendapatkan rerata 3,49 dengan kriteria sangat valid, sementara persentase rata-rata uji kepraktisan dan keterbacaan dari peserta didik mencapai 100% dengan kriteria sangat mudah. Dengan demikian, media poster interaktif ini terbukti sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi sistem pencernaan manusia.

References

Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon dalam meningkatkan kemampuan representasi IPA di tengah pandemi covid 19. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 5(1), 112–124.

Dewi, I. M. K., Murtadho, N., & Usman, R. (2023). Pengembangan Modul Digital Bahasa Jepang Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Menggunakan Google Slide. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(8).

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny, L. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MELALUI APLIKASI CANVA BERMUATAN ETNOSAINS PADA METERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188–201.

Risa, J, S. S. C. K. (2014). Pengembangan pembelajaran multimedia interaktif berbasis internet pelajaran bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(2).

Saraswati, M. I. N. P., & Anityasari, M. (2012). Analisis gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle) siswa-siswi SMA di Surabaya dan upaya perbaikannya. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A561–A566.

Setiyani, S., Ferdianto, F., & Santi, D. P. D. (2020). Pemanfaatan Powtoon sebagai Salah Satu Alternatif Media dalam Pembelajaran Daring di SDN II Kedungdawa Cirebon. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 468–473.

Sholihah, I. N., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 50–58.

Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil dan proses belajar mengajar. Bandung: Rosda Karya, 180, 303–314.

Surtiyani, S. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD melalui Media Pembelajaran Tiga Dimensi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 36–52.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. https://eric.ed.gov/?id=ED090725

Upadana, I. P. A., Rati, N. W., & Gading, I. K. (2021). Online Learning Innovation: Topic of “Natural and Energy Resources” Using Powtown-Based Learning Video. International Journal of Elementary Education, 5(3), 446–452.

Yusnidah, Y. (2022). Pengembangan Media Animasi Pada Pembelajaran Elektronika Siswa SMK. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(03), 315–325.

Downloads

Published

31-01-2024

How to Cite

Nur Layly, A. ., Fadilah, N. ., Zakiyyah Uyunin, U., Putri Hapsari, M. ., Nur Cahyani, A. ., & Sumari, S. (2024). PENGEMBANGAN POSTER INTERAKTIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(1), 4. https://doi.org/10.17977/um067v4i12024p4

Issue

Section

Articles