PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIINTEGRASIKAN DENGAN MODEL STAD DALAM MENCIPTAKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BIDANG VOKASI LANSIA DI SMK N 2 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i12024p1Keywords:
Metode PBL, Model STAD, Keterampilan SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan metode Problem-Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam menciptakan keterampilan sosial siswa vokasi lansia di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan menerapkan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI PS 1 Bidang Keahlian Pekerjaan Sosial vokasi lansia SMK Negeri 2 Malang yang berjumlah 33 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan sosial siswa masih dikategorikan cukup baik. Namun, pada siklus II, setelah penerapan metode PBL yang diintegrasikan dengan model STAD, keterampilan sosial siswa mengalami peningkatan dan menjadi lebih baik
References
Adnyana, E. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496–505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979
Alwansyah, Purnomo, E., & Pargito. (2015). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dengan Menggunakan Model Simulasi. Jurnal Studi Sosial, 3(1).
Anggraini, H., Amir, A., & Maputra, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Tunggal Ibu dengan kematangan Emosi dan Keterampilan Sosial pada Anak Pra Sekolah usia 4-6 tahun di PAUD Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 115–121. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1127
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Ngailo, D. W., Muliadi, A., Adawiyah, S. R., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.583
Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka. Penerbit Pradina Pustaka.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352
Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 295–300.
Rismawati, & Syuraini. (2021). A Description of the Motivation 3 in 1 Training Participants of Safety Pin Stitching at Balai Diklat Industri Padang. Spektrum, 9(Mei), 237–241. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112600
Rizkiah, M. T., Tati, A. D. R., & Sayidiman, S. (2022). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Sigi , Sulawesi Tengah. Journal Of Education, 2(6), 51–61.
Syamsudin, S. (2020). Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4610
Tahsinia, J., Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Ulya, V. F., Abidin, Z., Nurulita, S., Ulya, V. F., & Abidin, Z. (2023). Realisasi Model Problem Based Learning pada Materi IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Realization of the Problem Based Learning Model on Social Studies to Improve Student ’ s Social Skill. EL Bidayah, 5(September), 126–136.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.