Penerapan pembelajaran matematika melalui problem posing-stad untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 1 Dampit
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v1i9p728–738Keywords:
problem posing, STAD, creative thinking, berpikir kreatifAbstract
This research is a classroom action research. This research was intended to describe the stages of learning that use problem posing-STAD to increasing the students’ creative thinking ability. The results of this research indicate that mathematics learning use problem posing-STAD can increase students’ creative thinking ability so that students can show up new ideas which are a combination of the previous ideas through learning steps as a means: (1) preliminary activities, (2) core activities are consisting of six activities, that is, preparation of group activities, literacy activities, group discussion activities, presentation activities resulting from group discussions, problem posing activities, and presentation of results of problem posing, and (3) closing activities.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran problem posing-STAD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui problem posing-STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga siswa dapat memunculkan gagasan baru yang merupakan gabungan dari ide sebelumnya yaitu dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) kegiatan pendahuluan, (2) kegiatan inti yang terdiri dari enam kegiatan, yaitu persiapan kegiatan berkelompok, kegiatan literasi, kegiatan diskusi kelompok, kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok, kegiatan pengajuan masalah (problem posing), dan kegiatan presentasi hasil pengajuan masalah, serta (3) kegiatan penutup.
References
Arsyad, A., Subanji, S., & Irawati, S. (2016). Berpikir matematis komedian dalam mengonstruksi bahan komedi: studi kasus pada stand up comedy Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(1), 35-44.
Christou, C., Mousoulides, N., Pittalis, M., Pitta-Pantazi, D., & Sriraman, B. (2005). An empirical taxonomy of problem posing processes. Zdm, 37(3), 149-158.
Crespo, S., & Sinclair, N. (2008). What makes a problem mathematically interesting? Inviting prospective teachers to pose better problems. Journal of Mathematics Teacher Education, 11(5), 395-415.
Ghasempour, Z., Bakar, N., & Jahanshahloo, G. R. (2013). Innovation in teaching and learning through problem posing tasks and metacognitive strategies. International journal of pedagogical innovations, 1(01).
Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013.
Huljannah, M., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2018). Profil Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1428-1433.
Khotimah, K., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1488-1498.
Sa’dijah, C. (2014). Kepekaan bilangan siswa smp melalui pembelajaran matematika kontekstual yang mengintegrasikan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 222-227.
Sa’dijah, C., Rafiah, H., Gipayana, M., Qohar, A., & Anwar, L. (2017). Asesmen pemecahan masalah open-ended untuk mengukur profil berpikir kreatif matematis siswa berdasar gender. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 147-159.
Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zdm, 29(3), 75-80.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slavin, R.E. (2005). Coorperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wardana, P. E. P. (2016). Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang. Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang/Putu Evi Paramithasari Wardana.