Perdagangan Elektronik Pada Industri 4.0 dan Society 5.0

Penulis

  • Muhammad Naufal Farras Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Harits Ar Rosyid Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v3i32023p122-127

Kata Kunci:

perdagangan elektronik, society 5.0, teknologi

Abstrak

The main topics of this paper are e-commerce, Industry 4.0, as well as Society 5.0, which includes terms, history, workflow, as well as technological aspects. A comparative analysis between Industry 4.0 and Society 5.0 was conducted to investigate their alignment impact towards e-commerce. After thorough examination and comparison, the study concluded that the technology in Society 5.0 is part of the continuation of Industry 4.0 technology. Furthermore, there is technological synergy between electronic commerce as well as the industry 4.0 period and Society 5.0, with electronic commerce technology adapting to the technology of each era. The development and progress of electronic commerce will benefit greatly from Industry 4.0 and Society 5.0.

Topik utama makalah ini adalah perdagangan elektronik, Industri 4.0, juga Masyarakat 5.0, yang termasuk dalam istilah, sejarah, rangkaian kerja, juga aspek teknologinya. Analisis komparatif antara Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0 dilakukan untuk menyelidiki dampak keselarasan mereka yang mengarahkan kepada e-commerce. Setelah dilakukan pemeriksaan dan perbandingan secara menyeluruh, kajian tersebut menyimpulkan yaitu, teknologi yang ada pada Society 5.0 bagian dari lanjutan yang berasal dari teknologi Industri 4.0. Selanjutnya, terdapat sinergi teknologi antar perdagangan elektronik juga periode Industri 4.0 dengan Masyarakat 5.0, dengan teknologi perdagangan elektronik yang beradaptasi dengan teknologi setiap era. Perkembangan dan kemajuan perdagangan elektronik sangat diuntungkan oleh Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0.

Referensi

Auliani, P. A. (2019). AI, IoT, dan Tantangan Sektor Logistik di Era Revolusi Industri 4.0. Kompas. com, 11.

Auliani, P. A. (2019). Optimalisasi Perusahaan melalui Layanan" Shared Service" di Industri 4.0. Kompas.

com, 23.

Bahrin, M. A. K., Othman, M. F., Azli, N. H. N., & Talib, M. F. (2016). Industry 4.0: A review on industrial

automation and robotics. Jurnal teknologi, 78(6-13).

Cabinet Office Japan Government. (2019). Society 5.0. Diakses dari: https://www8.cao.go.jp/-

cstp/english/society5_0/index.html

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight, 27(5), 47-50.

Hendarsyah, D., & Wardoyo, R. (2011). Implementasi protokol diffie-hellman dan algoritma RC4 untuk

keamanan pesan SMS. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 5(1).

Hendarsyah, D. (2012). Keamanan Layanan Internet Banking Dalam Transaksi Perbankan. IQTISHADUNA:

Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 1(1), 12-33.

Hendarsyah, D. (2015). Bisnis Toko Online. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 4(1), 1-14.

Hendarsyah, D. (2016). Penggunaan uang elektronik dan uang virtual sebagai pengganti uang tunai di

Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 5(1), 1-15.

Haryanti, R. (2019). Society 5.0, Solusi Jepang Atasi Defisit Penduduk dan Infrastruktur. Kompas. com, 28.

Kementerian Perindustrian. (2018). Making Indonesia 4.0: Strategi RI Masuki Revolusi Industri Ke-4. Diakses

dari: https://kemenperin.go.id/artikel/18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RIMasuki-RevolusiIndustri-Ke-4, tanggal 30 Juli 2019.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2014). E-commerce: business, technology, society tenth edition.

Nakanishi, H., & Kitano, H. (2018). Society 5.0 Co-Creating the Future. Policy Proposals Industrial Technology,

Keidanren (Japan Business Federation).

Rahayu, N. (2019). Pertumbuhan e-commerce pesat di Indonesia. Warta Ekonomi. co. id.

Rahman, A. F. (2019). Kapan Indonesia Bisa Nikmati 5G. Detik. com, 1.

Rojko, A. (2017). International journal of interactive mobile technologies: iJIM. Int. J. Interact. Mob.

Technol, 11(5), 77-90.

Savrul, Mesut and Cüneyt Kılıç. 2011. “E-Commerce as An Alternative Strategy in Recovery from The

Recession”. 7 th International Strategic Management Conference, Procedia Social and Behavioral

Sciences 24, 247–259. Elsevier.

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T. P., Turban, D. C., Turban, E., ... & Turban, D. C. (2015). Overview of

electronic commerce. Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective, 3-49.

Wang, C. X., Haider, F., Gao, X., You, X. H., Yang, Y., Yuan, D., ... & Hepsaydir, E. (2014). Cellular architecture and

key technologies for 5G wireless communication networks. IEEE communications magazine, 52(2), 122-

Xu, Li Da et al. 2018. “Industry 4.0: State of The Art and Future Trends”. International Journal of Production

Research 56 (8), 2941–2962. https://doi.org/10.1080/00207543.2018.1444806

Zuraya, N. (2019). Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Republika Online, 27.

Diterbitkan

2023-03-29

Terbitan

Bagian

Articles