Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p249-255Kata Kunci:
digitalisasi, pemasaran, UMKMAbstrak
Digitalization has brought many changes in various sectors, including MSMEs. In the era of Society 5.0, where humans are the center and technology are the basis, MSMEs need to make practical and effective use of digitalization to improve their performance and remain competitive. However, many economic actors in the MSMEs sector are constrained in implementing digital marketing due to a lack of ability to align business with information technology. To deal with this problem, this study aims to discuss more broadly the opportunities and challenges of digitizing MSMEs in the Society 5.0 era. The research method used is a literature study using various reference sources such as articles and previous research documents correlated to the digitalization of MSMEs in the Society 5.0 era. MSME business actors experience important opportunities from digitalization such as the ability to increase accessibility and flexibility in marketing products, expanding market reach and increasing brand awareness. However, on the other hand, digitalization of MSMEs also brings challenges in the digitalization process, including human resources, infrastructure, networking, as well as social and behavioral issues.
Digitalisasi telah membawa banyak perubahan dalam berbagai sektor, termasuk pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Di era Society 5.0, di mana manusia menjadi pusat dan teknologi menjadi basis, UMKM perlu memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan kinerjanya dan tetap bersaing. Namun, banyak pelaku ekonomi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terkendala dalam mengimplementasikan pemasaran digital karena kurangnya kemampuan dalam menyelaraskan bisnis dengan teknologi informasi. Untuk menangani permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih luas tentang peluang dan tantangan digitalisasi UMKM pada era Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menggunakan berbagai sumber referensi seperti artikel dan dokumen penelitian sebelumnya yang terkait dengan digitalisasi UMKM di era Society 5.0. Pelaku usaha UMKM merasakan peluang penting dari digitalisasi seperti kemampuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam memasarkan produk, memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kesadaran merek. Namun, di sisi lain, digitalisasi UMKM juga membawa tantangan dalam proses digitalisasi, termasuk masalah sumber daya manusia, infrastruktur, jejaring, serta sosial dan perilaku.
Referensi
Anggraeni Charismanur Wilfarda, Wulan Puspita Ningtiyas, N. M. A. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi. Journal of Government and Politics, 3(1), 47–65.
Anis, B. J., Christiananta, B. & Ellitan, L. (2018). The Effect of Entrepreneurship Orientation, Information Technology. Strategic Planning to Competitive Advantages with the Business Performance as Intervening Variable. International Journal of Advances Research, 6(1), 230–242.
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452
Hidayat, R., & Andarini, S. (2020). Strategi Pemberdayaan Umkm Di Pedesaan Berbasis Kearifan Lokal Di Era Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Bisnis Indonesia, 93–109.
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1), 195–204.
Naufalin, L. R. (2020). Tantangan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 22(1), 95–102.
Putra, F. I. F. S., Amron, A., Aqmala, D., & Haziroh, A. L. (2022). Tuwo: Model Sustainability Digital Marketing Sebagai Jalan Pintas Umkm Bersaing Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen (SENAMA), 1, 1–18. https://doi.org/10.52353/senama.v1i1.288
Rao, V. D. M., & Rajeswari. (2020). Adoption of Digital Marketing Practices in Micro Small Medium Enterprises for Inclusive Growth. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(6), 1239–1244.
Salihah, K. (2021). Strategi Bauran Pemasaran dalam Marketing 5.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 3(1), 1–19.
Saprudin, U., Saputri, T. A., & Ikhsanto, M. N. (2022). Workshop Digital Marketing Manajemen Haji Dan Umroh Iain. 6, 1847–1850.