Hubungan kemampuan keteknikan dan pedagogical knowledge dengan kompetensi pedagogik abad 21 pada mahasiswa S1 PTI FT UM

Penulis

  • Rizka Afdalia Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Setiadi Cahyono Putro Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Wahyu Sakti Gunawan Irianto Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n1p1-9

Kata Kunci:

kompetensi pedagogik abad 21, kemampuan keteknikan, pedagogical knowledge

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan keteknikan (X1), pedagogical knowledge (X2), dan kompetensi pedagogik abad 21 (Y) pada mahasiswa calon guru S1 PTI Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional yang bersifat kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa calon guru S1 PTI Universitas Negeri Malang yang telah melaksanakan KPL sejumlah 102 mahasiswa. Teknik pengumpulan data variabel X1 dan X2 pada penelitian menggunakan dokumentasi data nilai akhir, sementara variabel Y menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik abad 21 dikategorikan tinggi; (2) kemampuan keteknikan dikategorikan sedang; (3) pedagogical knowledge dikategorikan sangat tinggi; (4) terdapat hubungan positif dan namun tidak signifikan antara X1 dengan Y; (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y; (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Diterbitkan

2021-01-15

Terbitan

Bagian

Articles