Pendidikan Karakter di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p261-266Keywords:
pendidikan, karakter, pendidikan karakter, society 5.0Abstract
Moral values education aims to help individuals understand, practice, and practice ethics. Society 5.0 is a concept pioneered by the Japanese government, which includes efforts to address social issues by integrating physical and virtual spaces, not only in the manufacturing industry. The library research model is used in this article, which requires the writer to look for several sources which serve as the basis for making this article. Topics discussed include the Society 5.0 era, the principles and goals of moral values education, moral values education in the Society 5.0 era, and the challenges faced. From the article, it was concluded that the teacher's role is very significant in shaping the character of students in the school environment.Teachers must be able to adapt to technological developments in society in the 5.0 era so that when knowledge changes, they can work directly with the students being taught. In addition, the role of parents is a major factor in the success of character education. Parents must be able to provide space for interaction and provide evaluations to their children regarding what has been received at educational institutions.
Pendidikan nilai moral bertujuan untuk membantu individu memahami, mempraktikkan, dan mengamalkan etika. Konsep Society 5.0 berasal dari gagasan yang diprakarsai pemerintahan Jepang. Konsep society 5.0 mencakup usaha untuk mengatasi permasalahan sosial dengan memadukan aspek fisik dan virtual, tidak hanya dalam industri manufaktur. Model penelitian kepustakaan digunakan dalam artikel ini, yang mengharuskan penulis untuk mencari beberapa sumber yang dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan artikel ini. Isi artikel mencakup beberapa topik, yaitu era Society 5.0, prinsip serta tujuan pendidikan moral, pendidikan moral di zaman Society 5.0, serta permasalahan yang perlu diatasi. Beerdasarkan isi tersebut, disimpulkan bahwa peran guru sangat signifikan dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah. Sebagai pendidik, guru perlu mengikuti perkembangan teknologi era Society 5.0 agar mampu bekerjasama dengan siswa mengakses ilmu pengetahuan terbaru yang ada. Selain itu, peran orang tua menjadi faktor utama dalam keberhasilan pendidikan karakter. Orang tua harus mampu memberikan ruang untuk berinteraksi dan memberikan evaluasi kepada anaknya terkait apa yang telah diterima di lembaga pendidikan.
References
Pattiasina, P. J., Aswita, D., Fuadi, T. M., Noviyanti, A., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2446-2454.
Adzim, A. K. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Anak Berbasis Keluarga Islami Era Society 5.0. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 14-23.
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 10(2).
Yaqin, N., & Darmayanti, A. (2022). Role Model Guru Sebagai Asas Pendidikan Karakter Siswa Di Era Society 5.0. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 9(1), 69-79.
Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020, October). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Skobelev, P. O., & Borovik, S. Y. (2017). On the way from Industry 4.0 to Industry 5.0: From digital manufacturing to digital society. Industry 4.0, 2(6), 307-311.
Al Faruqi, U. (2019). Future service in industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67-79.
Government, C. O. (2018). Society 5.0 Japan
Özdemir, V., & Hekim, N. (2018). Birth of industry 5.0: Making sense of big data with artificial intelligence,“the internet of things” and next-generation technology policy. Omics: a journal of integrative biology, 22(1), 65-76.
Aoun, J. E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. MIT press.