Evolusi Perilaku Bisnis pada Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p242-248Keywords:
masyarakat 5.0, perilaku bisnis, Internet untuk segala, kecerdasan buatanAbstract
This article discusses Society 5.0, a new concept introduced by the Japanese government as a form of advanced and sustainable societal evolution through the utilization of advanced technologies such as Internet of Things IoT or called IoT, artificial intelligence or commonly known as AI, and robotics. In Society 5.0, businesses must adapt to more complex and dynamic conditions by considering the social and environmental impacts of their operational activities. This paper explores the evolution of business behavior in Society 5.0 and the innovative solutions required to address modern challenges, including the use of socially and environmentally responsible technology and innovation to create better technology. The descriptive method is used in writing this journal or paper, referring to various sources such as papers, books, journals, articles, and relevant data on the researched theme or topic. Readers are expected to gain a better understanding of business behavior in Society 5.0 so that it can be applied in society today.
Artikel ini membahas tentang masyarakat 5.0 yang merupakan konsep baru yang diperkenalkan oleh pemerintah Jepang sebagai bentuk evolusi masyarakat yang lebih maju dan berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi canggih seperti IoT, kecerdasan buatan atau biasa dikenal AI, dan robotik. Dalam Society 5.0, bisnis harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang lebih kompleks dan dinamis dengan mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dalam kegiatan operasionalnya. Dalam paper ini, penulis membahas evolusi perilaku bisnis pada Society 5.0 dan solusi inovatif yang diperlukan untuk mengatasi tantangan modern, termasuk penggunaan teknologi yang bertanggung jawab sosial dan lingkungan serta inovasi untuk menciptakan teknologi yang lebih baik. Metode deskriptif digunakan dalam penulisan jurnal atau paper ini, dengan mengacu pada berbagai sumber seperti paper, buku, jurnal, artikel, dan data yang relevan dengan tema atau topik yang telah diteliti sebelumnya. Pembaca diharapkan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai bentuk perilaku bisnis pada Society 5.0 sehingga dapat diterapkan dalam masyarakat saat ini.