Pengembangan modul digital untuk bahan ajar pengolahan citra di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Authors

  • Muhamad Luqmanul Hakim Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Heru Wahyu Herwanto Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Gres Dyah Kusuma Ningrum Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n1p37-45

Keywords:

pengembangan, modul digital, pengolahan citra

Abstract

Perkembangan TIK dalam dunia pendidikan, pada akhirnya mendorong pendidik dan praktisi pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Seperti halnya upaya peningkatan dalam kualitas proses pembelajaran. Salah satu contoh dari upaya ini adalah dengan penggunaan metode yang tepat dan didukung dengan adanya pemanfaatan media dan bahan ajar yang berbentuk elektronik dalam pembelajaran. Salah satu bentuk bahan ajar yang dapat diterapkan dalam bentuk elektronik adalah modul digital berbasis epub. Tujuan penelitian ini adalah: merancang dan mengembangkan modul digital untuk bahan ajar Pengolahan Citra di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang dan menguji kelayan modul digital untuk bahan ajar Pengolahan Citra di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan menurut Sugiyono, yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain e) uji coba pemakaian. Modul digital untuk bahan ajar pengolahan citra divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Pada penilaian ahli materi dengan skor yang diperoleh adalah 87,5 persen kategori kriteria sangat valid. Penilaian yang dilakukan oleh ahli media dengan skor yang diperoleh adalah 79 persen kategori kriteria cukup valid. Setelah divalidasi, modul digital tersebut diuji cobakan kepada 30 mahasiswa dengan memperoleh skor 87,9 persen masuk kategori sangat valid. Modul digital pengolahan citra yang dikembangkan pada penelitian ini cukup valid dan layak digunakan sebagai modul pembelajaran dengan nilai rata-rata kelayakan adalah 84,7 persen.

Downloads

Published

17-01-2021

Issue

Section

Articles