Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Penguasaan Jumlah Ismiyah Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1709-1724Keywords:
mastery of jumlah ismiyah, word cards, Arabic language, penguasaan gramatika, Yaumiyyatina, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Abstract: The learning outcomes of class VIII students of MTs Muhammadiyah 1 Malang in jumlah ismiyah are still low despite it being taught in class VII and VIII with a bigger portion than other grammar materials. The use of word card media has proven to be a solution to this issue. This study aimed to describe (1) the use of word card media and (2) the improvement of student learning outcomes in learning jumlah ismiyah. This study used the Classroom Action Research (CAR) method by providing 2 cycles of action. The research subjects were 20 students of class VIII. The results of this study are (1) Word card media is used in 3 game models that are played individually and in groups to improve students' mastery in explaining the rule of jumlah ismiyah, identifying jumlah ismiyah in the text, changing the pattern of jumlah fi'liyah to jumlah ismiyah and using jumlah ismiyah rule in sentences with the theme يومياتنا “Yaumiyyatina” (Daily Activities); (2) Based on the results of the pre-test and post-test, the word cards can improve students' jumlah ismiyah mastery. Students experienced an increase in the average pre-test, post-test 1, and post-test 2 respectively, namely 21.425, 40.425, and 82.55. The media has also increased students’ motivation to learn jumlah ismiyah.
Keywords: grammar mastery; jumlah ismiyah, word cards, Arabic language
Abstrak: Pada jenjang MTs, siswa mendapatkan materi jumlah ismiyah di kelas VII dan VIII dengan porsi lebih banyak dari materi qawaid lainnya. Namun hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran jumlah ismiyah masih rendah. Penggunaan media kartu kata terbukti menjadi salah satu solusi meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran bahasa Arab termasuk Qawaid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media kartu kata dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran jumlah ismiyah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Kota Malang. Hasil penelitian ini, yaitu (1) kartu kata digunakan dalam 3 model permainan yang dimainkan secara individu dan kelompok untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam menjelaskan kaidah jumlah ismiyah, mengidentifikasi jumlah ismiyah dalam teks, mengubah pola jumlah fi’liyah menjadi jumlah ismiyah, dan menggunakan kaidah jumlah ismiyah dalam kalimat dengan tema يومياتنا “Yaumiyyatina” (Keseharian Kita); (2) Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, penggunaan kartu kata dapat meningkatkan penguasaan jumlah ismiyah siswa. Siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata pre-test, post-test 1, dan post-test 2 secara berturut-turut, yaitu 21.425, 40.425, dan 82.55. Berdasarkan hasil observasi, penggunaan kartu kata juga telah meningkatkan motivasi siswa belajar jumlah ismiyah.
Kata kunci: penguasaan gramatika; jumlah ismiyah, kartu kata, bahasa Arab
References
Ainin, M. (2018). Penilaian dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah atau sekolah: HOTS, MOTS, atau LOTS?. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab 4. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/266
Ainin, M. (2019). Metode penelitian peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab (teori dan praktik). Malang: Lisan Arabi.
Alfan, M. (2019). Mengeksplorasi penggunaan media creative board dalam pembelajaran membaca dan menulis Arab. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab 5. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/506
Al-Hudaiby, A. A. (2015). Daliilu Mu’allimi Al-‘Arobiyati li An-Naathiqiin Bighairiha. Riyadh: King Abdullah Bin Abdulaziz International Center For Arabic Language.
Al-Khouli, M. A. (2000). Asaaliib Tadriis Al-Lughah Al-‘Arobiyah. Oman: Darul Falah.
Andari, R. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot! pada pembelajaran Fisika. Obita: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1). doi: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Anidar, J. (2017). Teori belajar menurut aliran kognitif serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islam, 3(2). Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/528
Anisnaini, E. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman qawaid melalui penggunaan media kartu bagi siswa kelas VII MTsN 8 Kediri. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 5(2), 111–124. Retrieved from https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/371
Asrori, I., Thohir, M., & Ainin, M. (2019). Evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Malang: Misykat.
Effendy, A. F. (2012). Metodologi pengajaran bahasa Arab. Malang: Misykat.
Faisyal, R. (2020). Bahasa Arab 2 untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Fauji, V. A., Qutni, D., & Nawawi, M. (2020). Efektifitas media flashcard terhadap kemampuan membaca nyaring (al-jahriyah) dan membaca dalam hati (ash-shamitah) bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2018/2019. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning, 9(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/39311
Fauzy AH, H., Arief, Z. A., & Muhyani. (2019). Strategi motivasi belajar dan minat belajar dengan hasil belajar bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). doi: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843
Hanifah, U. (2011). Media pembelajaran bahasa Arab. Surabaya: Putra Media Nusantara.
Hidayat, Y. (2018). Teori perolehan dan perkembangan bahasa untuk jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1). doi: https://doi.org/10.18196/mht.113
Junaidi, D. (2009). Istihdamu Bithoqati Al-Kalimaat fi Ta'limi Mahaarati Al-Kitabah: Bahsun Ijroi Siffi fi Al-Madrosah Al-Mutawassitoh Al-Islamiyah Al-Hukumiyah Jombang Jawa As-Syarqiyah (Master’s thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/6056/
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Singapore: Springer.
Khasairi, M. (2016). Beberapa pokok pikiran untuk peningkatan efektifitas pembelajaran tarkib. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab 2. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/91
KMA 183 Tahun 2019. (2019). Retrieved from https://www.ayomadrasah.id/2019/08/kma-183-tahun-2019-kurikulum-pai-b-arab.html
Maziyah, L. (2018). Membaca kritis teks arab argumentasi: Teori dan praktik. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab 04. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/259
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. JEP: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1). doi: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(01). doi: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Prihartini, Y. & Ridha, M. (2017). Panduan guru dalam penggunaan gambar dan kartu kata sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Islamika: Jurnal Ilmu–Ilmu Keislaman, 17(2). Retrieved from https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/210
Putri, N. P. (2017). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1). doi: https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1-16
Rohman, F. (2014). Strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab. Arabiyat: Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(1). doi: http://dx.doi.org/10.15408/a.v1i1.1131
Sandi, G. (2012). Pengaruh blended learning terhadap hasil belajar Kimia ditinjau dari kemandirian siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 45(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1839
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Forum Kajian Isu Terkini Bidang Pendidikan Akuntansi, 6(1). doi: https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
Zainuri, M. (2019). Perkembangan bahasa Arab di Indonesia. Tarling: Journal of Language Education. 2(2), 231–248. doi: https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.292
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Imam Baihaqi Ahmad, Laily Maziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.