PEMAHAMAN TENTANG KEBERAGAMAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN TARGET KURIKULUM

Authors

  • Dyah Arum Ambarwati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Puguh Darmawan Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

keragaman, Berdiferensiasi, kurikulum

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemahaman tentang keragaman peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi sebagai upaya pemenuhan target kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah Review Literatur dengan sumber data dari artikel, jurnal, dan buku. Peserta didik merupakan individu yang beragam dalam agama dan karakteristiknya, yang dipengaruhi oleh lingkungan, latar belakang, keluarga, dan ekonomi. Dalam konteks pendidikan, keragaman peserta didik dibagi menjadi beberapa aspek, termasuk gaya belajar dan kesiapan siswa. Jika keragaman ini tidak diatasi, akan berdampak pada hasil pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengatasi keragaman peserta didik di sekolah. Salah satu cara yang efektif adalah melalui pembelajaran berdiferensiasi, yang mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan mereka sehingga memungkinkan mereka untuk belajar sesuai preferensi masing-masing. Diharapkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan ini akan membantu mencapai target kurikulum yang telah ditetapkan.

References

Arrohman, D. A., & Lestari, T. (2023). Analisis Keragaman Peserta Didik dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fisika. JSER Journal of Science and Education Research, 2(2), 1–11. https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/

Cahya, M. D., Pamungkas, Y., Faiqoh, E. N., Studi, P., Profesi, P., Jember, U. M., Technology, M., & Nopember, S. (2023). Analisis Karakteristik Siswa sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kolaborasi Siswa Analysis of Students ’ Characteristic as the Basis for Differentiated Learning to Improved Student Collaboration. Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 31–45. https://doi.org/10.32528/bioma.v8i1.372

Darmiah, D. (2021). Hakikat Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 165. https://doi.org/10.22373/jm.v11i1.9333

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna, 10(1), 34–44. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.88

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.

Kamaliah. (2021). Hakikat Peserta Didik. JOURNAL: General and Specific Research, 1(1), 49–55.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (R. Aqli (ed.); 1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kurniawati, T., & Putri, N. A. R. (2023). Pemahaman Keberagaman Peserta Didik Berdasarkan Profil Peserta Didik Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogen, 6(2), 278–289. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/14720

Lailiyah, S., & Ernawati, F. U. (2020). Materi Gelombang Bunyi: Pengembangan Tes Diagnostik Konsepsi Berformat Five-Tire, Uji Validitas dan Reliabilitas serta Uji Terbatas. Jurnal Pendidikan Fisika TadulakoOnline (JPFT), 8(3), 104–119.

Mabruri, Z. K. (2021). Kurikulum Darurat, Pandemi, Pendidikan. Jurnal Peneitian Pendidikan, 13(02), 1905–1913.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Google Scholar, 1–58.

Putri, A. O. (2021). Pengembangan Tes Diagnostik Berbentuk Uraian Berdasarkan Ranah Kognitif untuk Mengetahui Letak Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pusaka, 10(1), 40–54. https://doi.org/10.35897/ps.v10i1.597

Rintayati, P. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Sari, A. N. K., Nurhadi, M., & Tyas, E. P. (2022). Analisis kakarakteristik terhadap latar belakang peserta didik bagi pembelajaran efektif. Jurnal FKIP Universitas Mulawarman, 30–33.

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Usman, U., Lestari, I. D., Alfianisya, A., Octavia, A., Lathifa, I., Nisfiyah, L., Permata Aries, N. A., & Oktatira, R. (2022). Pemahaman Salah Satu Guru Di Man 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 32–36. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4432

Wati, T., Selvia Sari, I., & Andriani, O. (2024). Jenis Keragaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 148–154. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2353

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Yani, D. R., & Susanti, R. (2023). Keberagaman Peserta Didik Dalam Pemenuhan Target Kurikulum Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.19109/guruku.v2i1.17576

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Arum Ambarwati, D. ., & Darmawan, P. . (2024). PEMAHAMAN TENTANG KEBERAGAMAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN TARGET KURIKULUM. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(7), 5. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5345

Issue

Section

Articles