ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS 9 SMP DALAM MATERI PEWARISAN SIFAT: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Sansan Hastuti Ningrum Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Yudhi Utomo Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Persilangan, Ilmu Pengetahuan Alam, Construct 2

Abstract

Konsep pewarisan sifat sering kali menjadi materi yang sulit dipahami oleh siswa kelas 9 SMP, sehingga mengakibatkan banyak miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis miskonsepsi yang dialami oleh siswa terkait materi pewarisan sifat. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode studi literatur dan teknik analisis isi untuk menggali informasi dari berbagai sumber terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi yang signifikan terutama pada konsep-konsep dasar seperti dominansi dan resesif, pola-pola pewarisan sifat kompleks, serta hubungan antara genotipe dan fenotipe. Miskonsepsi ini menghambat pemahaman siswa terhadap materi genetika secara keseluruhan. Penelitian ini juga mengusulkan strategi untuk mengatasi permasalahan miskonsepsi tersebut, yakni dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif. Pendekatan ini meliputi penggunaan alat bantu visual, simulasi interaktif, serta metode pengajaran yang lebih kontekstual dan berbasis masalah. Selain itu, penekanan pada pemahaman konsep-konsep dasar melalui berbagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pewarisan sifat dengan lebih baik. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran genetika di tingkat SMP, serta membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi miskonsepsi siswa.

References

Agustina, R., Sipahutar, H., & Harahap, F. 2016. Analisis Miskonsepsi Pada Buku Ajar Biologi Sma Kelas Xii. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 113–118.

Azahro, M. N. Dan Anfa, Qurrotul. 2021. Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Materi Pewarisan Sifat Di Kelas Ix Smp Negeri 6 Ngawi Menggunakan Two Tier Diacnostic Test. Proceeding Of Integrative Science Education Seminar, 389-394.

Booth, A., Papaioannou, D., & Sutton, A. 2016. Systematic Approaches To A Successful Literature Review. Sage.

Campbell, N. A., Reece, J. B., Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., & Jackson, R. B. 2017. Biology. Pearson.

Ismi, W., Suharsono, & Ardiansyah, R. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fotosintesis Menggunakan Instrumen Four Tier Diagnostic Test. Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 7(2), 66–71.

Khairaty, N. I., Taiyeb, A. M., & Hartati, H. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Dengan Menggunakan Three-Tier Test Di Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 7.

Krippendorff, K. 2018. Content Analysis: An Introduction To Its Methodology (4th Ed.). Sage Publications.

Kurt, H., Ekici, G., Aksu, Ö. & Aktaş, M. (2013). Determining Cognitive Structures and Alternative Conceptions on the Concept of Reproduction (The Case of Pre-Service Biology Teachers). Creative Education. Vol.4 (9), 572-587. P

Latif, D., Yusuf, F. M., & Dama, L. 2022. Uji Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatih Keterampilan Test The Validity Of Learning Devices Using The Problem Solving Learning Model For Inheritance Of Traits To Train Students ’ Critical Thinking Skills. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 94–100.

Lestari, I. F. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Mi Muhammadiyah Kalipetung Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.

Nasution, H. Upaya Peningkatkan Pemahaman Siswa Materi Pewarisan Sifat Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas IX-1 Semester Ganjil Smp Negeri 1 Tapaktuan. Jurnal Kinerja Kependidikan, 4(3):598-609.

Nusantari, E. 2011. Analisis Dan Penyebab Miskonsepsi Pada Materi Genetika Buku Sma Kelas Xii.Jurnal Bioedukasi. 4(2): 72-85.

Rachmat, R. 2021. Pengaruh Pendekatan Guru Dalam Mengembangkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Pengaruh Sifat. Jurnal Pendidikan Sains, 16(2), 1-10.

Ridley, D. 2012. The Literature Review: A Step-By-Step Guide For Students. Sage.

Widodo, S. 2020. Pendekatan Efektif Dalam Mengajar Materi Pembagian Sifat. Jurnal Pendidikan Sains, 16(1), 1-10.

Sadava, D., Hillis, D. M., Heller, H. C., & Hacker, S. D. 2013. Life: The Science Of Biology. Macmillan Higher Education.

Sihaloho, M., Hadis, S. S., Kilo, A. K., & La Kilo, A. (2021). Diagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada Materi Termokimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 7–13.

Sudirman, D. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Di Kelas Ix Smp Negeri 36 Batam, Simbiosa, 3 (1) : 42-48.

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT.Grasindo

Yuliati, Y. 2017. Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education, 2(2) :50-58.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Hastuti Ningrum, S. ., & Utomo, Y. . (2024). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS 9 SMP DALAM MATERI PEWARISAN SIFAT: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(7), 3. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5342

Issue

Section

Articles