PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN BERBASIS CRT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II MATERI PECAHAN
Keywords:
ADDIE, Puzzle, Motivasi, peserta didikAbstract
Pengembangan media puzzle pecahan berbasis culturally responsive teaching (CRT) bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pembuatan produk media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kauman 2 Malang di kelas II menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) dan data dijabarkan secara deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media ini menunjukkan peningkatan ketertarikan, pemahaman, dan motivasi peserta didik, meskipun nilai hasil belajar yang tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan tingkat motivasi yang tinggi. Misalnya, meskipun peserta didik mendapatkan nilai hasil belajar 88, motivasi mereka bervariasi antara 9, 11, dan 12. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun media pembelajaran berbasis CRT dapat meningkatkan ketertarikan dan pemahaman, motivasi belajar tidak selalu menghasilkan nilai akademis yang maksimal. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis CRT dapat efektif dalam beberapa aspek, namun motivasi yang tinggi tidak selalu menjamin pencapaian nilai akademis yang optimal.
References
Ernis, P., & Hazmi, N. (2021). Kata kunci : Hasil Belajar, Media Puzzle , Komponen Ekosistem. Journal of Elemantary School (JOES) Volume, 4, 45–56.
Muslem. (2024). Konsep Belajar dalam Perspektif Psikologi Daya Oleh: Muslem Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nusantara Banda Aceh. 1, 84–96. https://journal.sepercenter.org/index.php/jpn/article/view/12/10
Nagel, M., & Scholes, L. (2017). Understanding Development and Learning, Chapter 1: What is learning? 2017, 1–28.
Nisem. (2020). Upaya Ppeningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 88–100. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30949
Pusat Data dan Informasi Pendidikan. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 TAHUN 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yangmaha ESA Presiden Republik Indonesia (Vol. 4, Issue 1, pp. 147–173).
Putri, S. A., Asbari, M., & Hapizi, M. Z. (2024). Perkembangan Pendidikan Indonesia: evaluasi potensi implementasi merdeka belajar. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 39–46.
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
UNESCO-UNEVOC International Centre for Technical and Vocational Education and Training. (2015). Thailand World TVET Database. http://www.unevoc.unesco.org/
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Usta, E. (2023). Lifelong Learning Motivation Scale (LLMS):Validity and Reliability Study. Journal of Teacher Education and Lifelong Learning, 5(1), 429–438. https://doi.org/10.51535/tell.1309487
Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. 7(3), 6. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1451/875
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.