PENGEMBANGAN MEDIA WORDWALL PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR TERINTEGRASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT
Keywords:
Media Wordwall, Teams Games Tournament (TGT), Perpindahan kalorAbstract
Seorang guru harus mampu menciptakan strategi dan proses pembelajaran sesuai dengan materi yang dipelajari peserta didik serta meningkatkan motivasi dan semangat belajarnya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Wordwall terintegrasi model pembelajaran cooperative learning tipe TGT (teams games tournament) pada materi perpindahan kalor. Proses pengembangan media ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4D, dengan tahapannya adalah define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi pada tahap develop karena peneliti akan melanjutkan tahap berikutnya dengan melibatkan lebih dari satu sekolah. Hasil uji pengembangan media menunjukkan bahwa pada uji kelayakan, media ini memperoleh persentase sebesar 98% (sangat layak), sedangkan uji validitas ahli menunjukkan hasil yang baik, dengan persentase tampilan sebesar 94% (sangat baik), bahasa sebesar 96% (sangat baik), dan isi materi sebesar 92%. Selain itu, hasil uji keterbacaan media mencapai 78% (cukup terbaca), dan uji kepraktisan media menunjukkan angka sebesar 82% (sangat praktis).
References
Anugrah, A., Istiningsih, S., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208-216.
Azira, Mahadewi, L. P. P., & I Gst. Ngurah Japa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Bermediakan Questions Box Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 24(1), 73–82.
Kasa, B., Taneo, S. P., Lehan, A. A. D., Bol, A., Benu, N., Bulu, V., Loko, L. E., & Nota, M. C. G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring ( Online ) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar.1(2), 154–159.
Lenti, D. M. P., & Fardhani, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Proceedings of Life and Applied Sciences, 1.
Miftah, M., & Lamasitudju, C. A. (2022). Penerapan Qugamee (Quiz dan Game Edukasi) Interaktif pada Pembelajaran IPA-Fisika Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Menggunakan Wordwall. Jurnal Kreatif Online (JKO), 10(1), 75-84.
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3.
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093-4100.
Rahma Shelfy Sofian, A., Subchan, W., & Sudarti. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Google Lens Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Teknologi Pendidikan, 11(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukma, Khofifah Indra & Handayani, Trisni. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. B. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/00224405(76)90066-2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.